Normal Tidak Bayi Tidur Mata Bergerak Gerak Dan Terbuka?

Melihat bayi yang tertidur pulas pasti akan membuat orang tua merasa nyaman dan senang. Bayi menghabiskan banyak waktu untuk tidur karena tidur akan meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan bayi. Biasanya bayi hanya bangun ketika merasa popoknya basah dan lapar. Kemudian bayi menjadi lebih nyaman tidur sendiri dengan penggunaan box bayi. Namun terkadang bayi terlihat tidur nyaman dan lelap tapi mata bayi bergerak dan terbuka. Terkadang juga mata bayi tertutup rapat tapi seperti bergerak-gerak. Ibu pasti akan cemas dengan masalah ini. Jadi normal tidak bayi tidur mata bergerak gerak dan terbuka? Ikuti penjelasan dibawah ini.

Normal Tidak?

Pada dasarnya bayi susah tidur  memang mungkin bisa terjadi pada semua bayi. Namun bayi harus tetap tidur dengan waktu yang cukup karena itu penting untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi. Kemudian ada masalah ketika bayi tidur seperti mata bayi yang tertutup rapat kemudian ada gerakan yang cepat atau lambat. Orang tua bisa melihat jika bola mata bayi bergerak secara aktif. Juga hal ini sering diiikuti dengan kondisi mata terbuka saat tidur. Tapi sebenarnya bayi tertidur lelap.

Melihat kondisi ini sebenarnya bisa jadi tanda yang normal dan juga tidak normal. Orang tua harus memeriksa alasan mengapa bayi bisa mengalami hal ini. Juga ketika bayi lahir secara prematur dimana ini bisa menjadi tanda atau gejala dari penyakit pada bayi prematur. Jadi untuk melihat normal atau tidak maka lihat dulu penyebabnya. Biasanya hal ini dipicu oleh:

  1. Adanya faktor keturunan

Salah satu penelitian medis membuktikan jika ternyata masalah gerakan mata bayi saat tidur bisa berhungan dengan keturunan. Bayi dengan riwayat orang tua seperti ini mungkin mengalami masalah yang sama. Pada dasarnya kondisi ini termasuk gangguan perilaku. Tapi tidak termasuk dalam penyebab kelainan kongenital non genetik. Jadi pastikan dulu apakah salah satu orang tua mengalami kondisi ini. Jika memang begitu maka ini termasuk hal yang normal.

  1. Penyakit medis

Bayi tidur dengan mata bergerak atau terkadang terbuka ternyata juga bisa berhubungan dengan kondisi medis. Penyebabnya memang sulit ditemukan karena gejala penyakit ini sering dianggap hal yang normal dan wajar. Tidur dengan mata bergerak dan terbuka ternyata bisa berhubungan dengan masalah perkembangan sistem syaraf pada bayi. Penyebab lainnya termasuk seperti gangguan tiroid dan tumor yang berhubungan dengan sistem syaraf dan otak bayi. Gejala yang bisa menguatkan kecurigaan ini adalah ketika bayi terus tidur dengan mata bergerak dan sering terbuka. Apalagia jika kondisi ini berhubungan dengan efek bayi jatuh dari tempat tidur.

Tips Untuk Bayi

Jika kebiasaan bayi ini terjadi terus menerus maka segera lakukan perawatan ke dokter anak terdekat. Kemudian lakukan beberapa tips dibawah ini:

  1. Cobalah untuk mengusap kelopak mata bayi secara lembut dengan tangan Anda sampai mata bayi tenang.
  2. Jika mata bayi terbuka maka usap pada bagian atas mata dengan lembut dan saat sudah santai maka tutup dengan mengusap dari atas ke bawah.
  3. Untuk menenangkan mata bayi yang bergerak dan terbuka sebaiknya saat bayi sudah tertidur pulas.
  4. Jika hal ini terjadi lebih dari 18 bulan usia bayi maka segera periksa ke dokter.
  5. Masalah ini termasuk hal yang normal dan kebiasaan akan hilang ketika usia bayi sudah lebih dari 18 bulan.
  6. Jangan memaksa menutup mata bayi atau menggunakan penutup mata karena bisa berbahaya untuk mata bayi.

Itulah sekilas keterangan tentang normal tidak bayi tidur mata bergerak gerak dan terbuka? Semua orang tua bisa melihat jika gejalanya normal dan tidak normal. Segera kunjungi dokter anak ketika masalah ini lebih parah.