4 Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi Yang Perlu Diwaspadai

Menjaga dan merawat bayi merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang dimiliki oleh orang tua baik itu ibu maupun ayah. Dalam setiap aktivitas menjaga dan merawat bayi, setiap orang tua tentu akan mengusahakan agar kondisi kesehatannya tetap terjaga dan tidak mudah mengalami sakit. Untuk mendapatkan kondisi kesehatan bayi yang terjaga maka perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh orang tua dalam cara menjaga bayi agar tidak mudah sakit yang perlu diperhatikan dengan baik.

Memberikan nutrisi bayi melalui susu asi merupakan salah satu tugas utama yang harus dilakukan oleh setiap orang tua dalam kaitannya dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh bayi. Bayi dengan kondisi tubuh yang masih retan dan lemah, kerap kali dapat dengan mudah terjangkit penyakit tertentu yang berbahaya bagi organ dalam manusia. Salah satu penyakit yang berbahaya bagi bayi adalah penyakit kuning. Penyakit kuning menjadi salah satu momok bagi kesehatan yang dimiliki oleh bayi.

Secara definisi, penyakit kuning adalah adalah kondisi yang dapat menyebabkan bagian kulit dan wajah hingga putih mata pada bayi berubah menjadi berwarna kuning. Penyakit kuning tersebut dapat disebabkan oleh karena adanya penumpukan zat warna billirubin di dalam darah. Kondisi penyakit kuning tersebut dapat menyebabkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan maupun perkembangan bayi. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai bahaya penyakit kuning pada bayi yang harusnya dapat dihindari.

Apakah Penyakit Kuning Pada Bayi Berbahaya ?

Terkait dengan kondisi penyakit kuning yang terjadi pada bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat membantu dalam menjawab pertanyaan yang kerap muncul yakni apakah penyakit kuning pada bayi berbahaya. Dalam beberapa penjelasan yang diberikan oleh tenaga medis, penyakit kuning pada bayi sebenarnya tidak berbahaya namun harus tetap diwaspadai mengenai dampak dampak tertentunya. Tidak bahayanya penyakit kuning tersebut hanya akan terjadi jika penanganan dan perawatan yang dilakukan benar seta tepat secara medis.

Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi

Seperti yang dijelaskan diatas, sebenarnya tidak ada kondisi yang benar benar berbahaya terkait penyakit kuning yang diderita oleh bayi. Namun tetap saja ada beberapa hal yang harus diwaspadai ketika bayi mengalami kondisi penyakit kuning yang diantaranya dijelaskan di bawah ini.

1. Bilirubin yang belum dapat keluar dari tubuh bayi

Penyakit kuning yang terjadi pada bayi akibat adanya penumpukan bilirubin di dalam darah yang belum dapat dikeluarkan oleh tubuh bayi. Adanya penumpukan bilirubin di dalam darah tersebut patut untuk diwaspadai karena memang fungsi hati yang belum sempurna. Kandungan bilirubin di dalam darah secara normal akan terus menurun ketika fungsi hati mulai normal dan sempurna namun harus diperhatikan jika dalam waktu yang lama bilirubin tidak kunjung berkurang jumlahnya.

2. Penyakit berbahaya dibalik kondisi penumpukan bilirubin

Bahaya penyakit kuning pada bayi bukan disebabkan oleh karena fungsi hatinya yang belum berjalan secara optimal namun lebih banyak disebabkan oleh karena adanya penyakit yang menyebabkan kulit dan bagian putih mata bayi berwarna kuning tersebut. Beberapa bentuk penyakit berbahaya yang sebaiknya diperhatikan sebagai pemicu dari kondisi kuning pada bayi diantaranya seperti kelainan pemecahan hemoglobin yang berlebihan, anemia hemolitik, sumbatan saluran cerna, hingga pendarahan di dalam tubuh bayi sebagai penyebab bayi kuning.

3. Mengganggu pertumbuhan bayi

Kondisi kondisi berbahaya yang disebutkan diatas dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Terganggunya pertumbuhan dan perkembangan bayi tersebut menjadi bahaya yang harus dihindari karena memang dengan perkembangan yang terganggu maka pertumbuhan baik fisik maupun psikis bayi akan terhambat bahkan dapat menyebabkan dampak berbahaya secara kesehatan fisik maupun kesehatan psikologisnya.

4. Menimbulkan gejala yang berbahaya

Penyakit kuning yang berbahaya pada bayi bukan hanya akan menyebabkan kulit dan bagian putih mata menjadi berwarna kuning saja namun juga menyebabkan munculnya gejala gejala lain yang berbahay bagi bayi. Munculnya gejala berbahaya tersebut menjadi pertanda bahwa bagi kondisi bayi harus segera dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan medis yang tepat. Beberapa gejala atau ciri ciri bayi kuning yang berbahaya yang dapat terjadi pada bayi dengan penyakit kuning diantaranya seperti tubuh bayi yang lemas dan mudah sakit, bayi tidak memiliki nafsu makan yang baik dan menolak untuk menyusu, kesulitan bernafas, kondisi kejang pada bayi, hingga memicu munculnya demam pada bayi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bahaya penyakit kuning pada bayi yang patut diwaspadai oleh setiap orang tua. Kondisi kuning pada bayi secara normal memang kerap akan terjadi dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya ketika fungsi dari hati di dalam tubuh bayi sudah maksimal. Kuning pada bayi yang tidak kunjung membaik dan memicu munculnya beberapa gejala berbahaya lainnya seperti disebutkan diatas harus menjadikan orang tua segera mengkonsultasikannya pada dokter agar ada penanganan yang tepat.