5 Cara Menidurkan Bayi Saat Pilek Agar Cepat Sembuh

Merawat bayi yang sedang sakit bisa menyebabkan tekanan yang sangat besar untuk ibu dan ayah. Hal ini karena bayi yang masih sangat kecil tidak bisa bicara dengan keluhan mereka. Terutama saat bayi terkena penyakit yang mudah menular seperti pilek. Penyakit ini memang sangat umum tapi bayi yang terkena pilek menjadi sangat rewel. Berbagai kondisi seperti sulit bernafas dengan lega, demam, nyeri tubuh dan keluhan lai menjadi  penyebab bayi rewel. Akhirnya bayi tidak mau tidur dan hanya ingin digendong. Tapi tidur memang obat terbaik untuk pilek bayi. Jadi bagaimana cara menidurkan bayi saat pilek agar cepat sembuh? Silahkan ikuti informasi dibawah ini.

  1. Bersihkan lendir dari hidung bayi

Setelah Anda memberi obat pilek bayi, maka berbagai gejala pilek pada bayi baru bisa menghilang setelah beberapa hari. Anda tentu tahu bahwa bayi masih sangat tergantung dari pernafasan hidung. Saat bayi pilek maka hidung berisi lendir dan ini membuat bayi sesak sehingga tidak bisa bernafas. Untuk membantu bayi tidur nyenyak maka keluarkan lendir dari hidung bayi. Ada beberapa cara seperti dengan alat kecil yang menyerupai suntikan atau dengan memasukkan beberapa tetes air asin pada hidung bayi. Setelah hidung nyaman maka bayi akan tidur dengan baik.

  1. Berikan ASI yang cukup

Saat pilek maka tubuh bayi juga akan kehilangan cairan yang lebih banyak. Bayi cenderung tidak mau minum ASI karena hidung dan pernafasan yang tidak lancar. Namun Anda harus tetap memberikan ASI karena manfaat ASI untuk bayi bisa jadi obat untuk bayi. Cobalah untuk tetap memberikan ASI secara teratur saat bayi pilek. Jika bayi tidak mau menghisap langsung dari payudara maka cobalah memberikan ASI dari botol setelah memerah ASI.

  1. Uap bayi dengan air panas

Saat pilek maka biasanya bayi juga akan mengalami batuk. Tapi otot pernafasan bayi memang belum sempurna sehingga bayi juga sulit untuk batuk. Sebagai cara mengatasi pilek pada bayi maka Anda bisa menguap bayi. Caranya adalah dengan menampung air panas dalam baskom kemudian letakkan di kamar mandi. Ajak bayi untuk masuk dan tetap digendongan. Uap akan membuat bayi lebih aktif untuk batuk dan mengeluarkan lendir. Dengan cara ini maka gangguan pilek bisa hilang dan bayi tidur dengan nyaman.

  1. Atur suhu kamar bayi

Jika bayi menderita batuk yang cukup berat maka lakukan cara mengatasi batuk pada bayi dengan cara yang alami. Salah satu langkah yang bisa Anda coba adalah dengan mengatur suhu ruangan pada kamar bayi Anda. Jangan menyalakan AC terlalu rendah karena bayi bisa kedinginan. Jika Anda memiliki alat humidifier maka nyalakan saat bayi tidur. Beberapa alat ini akan membuat suhu kamar tidur bayi lebih nyaman dan bayi bisa tidur dengan baik.

  1. Posisi tidur bayi

Pilek pasti akan membuat jalan nafas bayi menjadi tidak nyaman. Ini akan membuat bayi sulit untuk tidur dan biasanya memang tidak nyenyak. Untuk itu Anda bisa mencoba mengatur posisi tidur bayi menjadi lebih nyaman. Jika Anda memiliki banyak waktu luang maka cobalah tidurkan sambil dengan posisi digendong. Kepala bayi harus dibantu dengan tangan dan biarkan tubuh bayi agak lurus. Dengan langkah ini maka bayi bisa menjadi lebih nyaman.

Jadi seperti itulah semua cara menidurkan bayi saat pilek agar cepat sembuh. Berbagai langkah tersebut tidak hanya membuat bayi bisa tidur dengan baik, tapi juga membuat pilek bayi lebih cepat sembuh. Jika bayi masih sangat rewel maka segera bawa ke dokter anak Anda.