20 Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi – Berdahak dan Kering

Batuk pada bayi bisa menjadi hal yang sangat umum. Hampir semua bayi yang berusia kurang dari 2 tahun sering batuk akibat flu, pilek, cacar air atau penyakit menular lain. Namun Anda harus memeriksa jika memang batuk pada bayi juga menjadi gejala asma pada bayi, gejala pneumonia pada bayi dan penyakit yang berhubungan dengan paru-paru bayi. Terkadang batuk pada bayi juga sama seperti orang dewasa, yaitu batuk kering atau batuk berdahak.  Perawatan batuk pada bayi bisa menjadi lebih sulit jika tidak dilakukan lebih cepat.

Baca: bahaya batuk untuk bayi – cara mengobati batuk berdahak pada bayi

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati batuk bayi lebih dari 1 tahun.

  1. Berikan ASI secara rutin

Obat pertama yang sangat alami untuk bayi yang sedang batuk adalah ASI. ASI menjadi susu yang mengandung antibiotik alami untuk bayi. ASI bahkan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara alami. Kemudian ASI juga bisa mengatasi berbagai penyakit infeksi yang terjadi pada tubuh bayi. Jika bayi Anda malas minum melalui payudara maka Anda juga bisa memberikan ASI perah lewat botol susu. Pastikan Anda juga sering memberikan ASI saat malam hari karena saat itu tubuh bayi Anda memiliki efek yang berat untuk melawan batuk.

Informasi ASI:

  1. Berikan susu formula

Jika bayi Anda tidak mau minum ASI maka Anda tetap harus memberikan susu formula. Susu formula sangat penting untuk mencegah agar tubuh bayi tidak mengalami dehidrasi. Namun Anda jangan memberikan susu formula yang terlalu kental karena itu bisa membuat batuk bayi menjadi lebih parah. Beberapa bayi selalu tersedak atau muntah ketika minum susu dan susu juga bisa memicu batuk. Karena itu Anda bisa memberikan susu dengan botol susu tapi dampingi bayi. Minta bayi untuk duduk sedikit tegak saat minum untuk mencegah bayi tersedak.

Baca: manfaat susu formula untuk bayi – bahaya pemberian air putih pada bayi usia 0-6 bulan

  1. Tempatkan uap bawang putih di sekitar bayi

Cara alami lain untuk membantu mengatasi batuk pada bayi agar cepat sembuh adalah dengan memberikan uap  bawang putih. Bawang putih mengandung antibiotik alami yang bisa mengatasi infeksi dan batuk pada bayi. Tapi karena bayi belum bisa menerima bawang putih secara langsung maka Anda bisa membuat uap dari bawang putih. Caranya adalah dengan memasak beberapa bawang putih hingga melunak. Kemudian masukkan bawang putih ke dalam air hangat hingga mengeluarkan aroma. Tempatkan mangkuk di kamar tidur bayi namun tidak berdekatan dengan tubuh bayi. Efek aroma bawang putih bisa masuk ke tubuh bayi dan bayi cepat sembuh.

Informasi manfaat bawang putih: 

  1. Pijat tubuh bayi dengan minyak mustard dan bawang putih

Kemudian Anda juga bisa mengurangi batuk bayi agar cepat sembuh dengan memijat tubuh bayi dengan minyak mustard dan bawang putih. Masak beberapa siung bawang putih dengan minyak mustard hingga berubah menjadi coklat. Kemudian hancurkan hingga menjadi lebih lembut. Lalu pijat tubuh bayi saat tidur dengan campuran bahan ini. Pastikan Anda juga mengusap bagian dadat bayi sehingga uap bawang putih juga bisa terhirup oleh bayi. Lalu segera  bersihkan tubuh bayi agar tidak terlalu panas. (baca: cara mengatasi demam pada bayi)

Baca: Cara melakukan pijat bayi yang benar – cara mengatasi pilek pada bayi 

  1. Terapkan pasta kunyit pada dahi bayi

Kunyit biasanya menjadi bumbu namun juga bisa menjadi obat untuk batuk bayi. Kunyit mengandung senyawa esensial khusus yang akan bekerja untuk mengurangi batuk. Pertama Anda bisa mencoba untuk menghancurkan kunyit yang sudah direbus hingga menjadi pasta. Kemudian tempelkan pada bagian dahi ketika bayi tidur. Kunyit juga sangat penting untuk mengatasi lelah pada tubuh bayi, terutama ketika mereka aktif seperti belajar duduk, tengkurap atau berjalan. Saat menggunakan perawatan ini maka lakukan hati-hati agar pasta kunyit tidak sampai masuk mulut bayi. (baca:  cara menurunkan panas pada anak)

  1. Berikan pakaian yang nyaman untuk bayi

Apakah bayi Anda menderita batuk karena alergi udara dingin? Jika memang seperti itu maka Anda bisa mencoba untuk memberikan pakaian yang hangat untuk bayi. Udara dingin juga bisa menyebabkan batuk untuk bayi yang memang sudah menderita asma sehingga bayi menjadi lebih sensitif. Kemudian biarkan bayi di dalam rumah sementara waktu sehingga bayi aman dari udar dingin. Anda juga bisa memberikan selimut saat bayi tidur tapi awasi sehingga selimut tidak menutup saluran nafas bayi.

Baca: Baca: tips memilih baju bayi baru lahir – cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir – obat gatal untuk bayi

  1. Jaga kebersihan lingkungan bayi

Ketika bayi bertemu dengan berbagai sumber penyakit maka tubuh bayi menjadi sangat rentan. Hal ini juga bisa menyebabkan batuk pada bayi tidak cepat sembuh. Karena itu Anda bisa mencoba untuk menjaga kebersihan lingkungan bayi. Bersihkan semua tempat tidur bayi agar tidak  terkena debu dan kotoran yang menyebabkan batuk bayi tidak segera sembuh. Kemudian perhatikan untuk merawat bayi maka jaga kebersihkan semua bagian tangan Anda. Termasuk jika menggunakan botol susu maka botol susu harus dicuci secara teratur untuk mencegah bayi terkena infeksi yang lebih parah.

Baca: penyebab bayi pilek – cara mengatasi pilek pada bayi

  1. Ketika tidur biarkan kepala bayi agak lebih tinggi

Saat bayi sedang terkena batuk maka bayi akan terus tersedak atau tidak nyaman saat tidur. Hal ini bisa disebabkan karena saluran pernafasan bayi tersumbat oleh lendir. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mencoba untuk meninggikan posisi kepala bayi. Tapi Anda juga harus membatasi bagian leher bayi sehingga bayi tetap nyaman saat tidur. Dan jangan pernah membiarkan bayi untuk tidur sendiri sehingga ketika ada hal darurat maka Anda segera bisa menolong bayi.

Baca: Pola tidur bayi 0 – 12 bulan – posisi tidur bayi yang baik – pola tidur bayi 1 bulan – cara menidurkan bayi dengan cepat

  1. Pijat tubuh bayi dengan bawang merah

Bawang merah bisa menjadi obat yang sangat alami dan ampuh untuk menyembuhkan batuk pada bayi. Bawang merah mengandung sulfur dan antioksidan alami yang akan menyembuhkan batuk dari luar tubuh. Anda hanya perlu menghancurkan bawang merah sehingga menjadi lebih lembut. Kemudian pijat tubuh bayi mulai dari kaki, perut hingga dada  dengan bawang merah yang sudah hancur tersebut. Lalu bersihkan tubuh bayi dengan handuk yang bersih. Rasa bawang merah memang sedikit pedas tapi ini sangat baik untuk menyembuhkan batuk, terutama ketika bayi juga terkena flu atau pilek.

Baca: cara mengobati anak sakit gigi – cara mengatasi perut kembung pada bayi

  1. Berikan sari wortel yang diencerkan

Jika bayi Anda memang sudah berumur lebih dari satu tahun maka Anda bisa mencoba untuk memberikan sari wortel. Sari wortel sangat baik untuk mengobati batuk karena mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Bahkan sari wortel juga sangat baik untuk menurunkan demam dan menghilangkan batuk akibat pilek. Caranya adalah dengan menghancurkan wortel atau memarut wortel lalu ambil airnya. Encerkan dengan air hangat  sehingga bisa diminum bayi. Jika bayi kurang suka dengan rasanya maka Anda juga bisa menambahkan madu.

Baca: manfaat wortel untuk bayi – Pola makan bayi 8 bulan – Pola makan bayi 9 bulan

  1. Berikan sari kencur dan madu

Sari kencur ternyata sangat baik untuk mengobati batuk pada bayi yang sudah berumur lebih dari 1 tahun. Sari kencur mengandung bahan alami yang bisa membantu mengeluarkan dahak dari saluran pernafasan pada bayi. Kencur juga mengandung antibiotik yang bisa melawan bakteri pada bagian saluran pernafasan. Anda bisa mencoba untuk memarut kencur, lalu ambil sari patinya. Campurkan dengan sedikit air hangat dan madu. Lalu berikan pada bayi, karena  rasa yang enak dan menyegarkan untuk tenggorokan maka biasanya banyak bayi yang mau untuk meminumnya.

Baca:  manfaat madu untuk bayi baru lahir – bahaya madu bagi bayi baru lahir

  1. Berikan air hangat dan madu

Jika bayi Anda sudah berusia lebih dari satu tahun maka itu usia yang sangat aman untuk menerima madu. Madu sangat baik untuk merawat batuk karena mengandung mineral dan vitamin yang sangat penting untuk tubuh bayi. Madu juga mengandung bahan alami yang memang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Anda bisa mencoba untuk menggunakan jenis madu murni agar bayi tidak terkena pemanis dan bahan pengawet yang  bisa memicu batuk. Campurkan beberapa sendok madu dengan air hangat lalu berikan kepada bayi dengan botol susu. Madu juga sangat baik untuk membantu meredakan demam pada bayi. (baca:  bahaya pemberian air putih pada bayi usia 0-6 bulan)

  1. Coba berikan sup ayam

Ketika bayi sedang batuk maka biasanya banyak bayi yang tidak mau makan. Sebenarnya ketika bayi Anda masih menerima ASI dan susu formula maka nutrisi bayi masih cukup. Tapi biasanya ketika bayi batuk maka juga membutuhkan rasa makanan yang lebih kuat. Anda bisa mencoba untuk memberikan sup ayam yang terbuat dari ayam kampung. Sup ayam kampung mengandung seng, kalium dan mineral lain yang sangat penting untuk mengeluarkan dahak pada saluran pernafasan. Jika bayi tidak mau mengkonsumsi makanan padat maka air dari sup ayam sudah cukup untuk membuat bayi merasa kenyang dan nyaman. (baca: manfaat hati ayam untuk bayi – makanan bayi agar tidak sembelit)

Informasi pola makan bayi:

  1. Uap hangat bayi di kamar mandi

Ketika bayi Anda mengalami batuk berdahak yang berat maka Anda  bisa mencoba untuk menguap bayi. Anda bisa membuat uap dari air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih dan letakkan di kamar mandi atau kamar bayi. Lalu ajak bayi untuk duduk selama beberapa waktu hingga bisa menghirup uap yang segar. Namun pastikan agar uap tidak terlalu berdekatan dengan tubuh bayi karena bisa membuat bayi tidak nyaman. Uap bisa membuat dahak dari bayi keluar dan kemudian batuk lebih cepat sembuh. (baca: manfaat baby spa)

  1. Coba berikan sup tomat dan bawang putih

Jika Anda memiliki simpanan bawang putih dan tomat maka Anda bisa membuat sup dari dua bahan ini. Rebus tomat dan bawang putih secara bersamaan hingga tomat bisa hancur. Rebusan tomat mengandung bahan alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan bawang putih memang bisa menjadin obat terbaik ketika bayi sedang sakit. Anda bisa memberikan secara lembut pada bayi karena awalnya biasanya banyak bayi yang tidak mau.

  1. Usap dada bayi dengan VapoRub

Untuk bayi yang sudah berusia lebih dari 1 tahun maka bayi sudah bisa diberikan VapoRub. Anda bisa mencoba untuk menggosok bagian dada dan bawah kaki bayi dengan VapoRub. Lakukan cara ini sebelum bayi tidur atau saat bayi sedang tidur. VapoRub bisa memberikan rasa nyaman dan hangat sehingga ini sangat baik untuk membuat bayi bisa tidur dengan nyaman. Namun pastikan bayi Anda tidak menyentuh VapoRub karena jika masuk ke mulut maka bisa menyebabkan efek samping untuk bayi.

  1. Gosok tubuh bayi dengan minyak telon

Jika Anda tidak memiliki VapoRub maka Anda juga bisa menggunakan minyak telon. Gosok tubuh bayi secara merata dengan minyak telon. Minyak telon bisa membuat tubuh bayi menjadi lebih hangat dan nyaman. Selain itu minyak telon juga sangat baik untuk menghilangkan kelelahan dan tidak nyaman pada tubuh bayi. Lalukan pemijatan menjelang bayi tidur dan perhatikan agar minyak telon tidak sampai masuk ke mulut bayi.

Baca: bahaya bayi minum minyak telon – cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi 

  1. Gosok tubuh bayi dengan minyak kayu putih

Jika bayi Anda sudah terbiasa menggunakan minyak kayu putih, maka Anda juga bisa menggosok tubuh bayi dengan minyak kayu putih. Minyak kayu putih bisa membuat tubuh bayi menjadi lebih hangat dan menghilangkan rasa lelah pada tubuh bayi. Pastikan Anda menggunakan minyak kayu putih tidak terlalu banyak agar tubuh bayi tidak terlalu panas. Jika perlu maka Anda bisa mencampur minyak kayu putih dengan minyak telon.

  1. Pijat tubuh bayi dengan minyak kelapa dan bawang putih

Anda juga bisa mencoba untuk memijat tubuh bayi dengan minyak kelapa dan bawang putih. Campurkan bawang putih mentah yang sudah dihancurkan dengan minyak kelapa. Lalu oleskan sambil dipijat ringan pada bagian punggung, dada, kaki dan leher bayi. Minyak kelapa bisa diserap dengan baik oleh tubuh bayi sehingga antioksidan juga bisa masuk ke tubuh bayi. Selain itu minyak kepala sangat baik untuk membuat bayi bisa tidur nyenyak sehingga bayi sangat nyaman.

  1. Segera bawa ke dokter

Ada banyak obat batuk untuk bayi yang bisa Anda dapatkan tanpa resep dari apotik. Namun ini bukan langkah yang tepat karena semua jenis obat bisa menyebabkan efek samping untuk bayi. Anda bisa mencoba untuk membawa bayi ke dokter jika memang gejala batuk dan penyakit lain pada bayi tidak berkurang. Dokter bisa memeriksa kondisi bayi Anda kemudian menentukan perawatan yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus diwaspadai sehingga Anda harus segera membawa bayi ke dokter.

  1. Batuk pada bayi sudah berlangsung lebih dari 2 minggu
  2. Infeksi pada tubuh bayi memburuk dengan tanda demam tinggi
  3. Batuk bayi sudah menyebabkan bayi tidak mau minum dan makan sehingga bayi terkena kurang nutrisi.
  4. Bayi mulai terlihat sangat kurus dan kemungkinan penyakit yang lebih serius dari batuk. (baca: penyebab berat badan bayi tidak naik)

Baca: tanda tanda TBC pada anak – gejala bronkhitis pada anak

Batuk bayi meskipun termasuk penyakit yang umum , namun juga harus diperhatikan. Jangan pernah menggunakan obat alami untuk bayi melebihi jumlahnya atau secara berlebihan. Beberapa bayi memang tidak sesuai dengan obat alami tersebut dan kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi yang berat dalam tubuh bayi. Jadi segera bawa bayi ke dokter jika memang batuk pada bayi terus memburuk.