Bayi Baru Lahir Sebaiknya Tidur Dimana Dan Apa Tipsnya?

Selamat Anda baru melahirkan bayi yang sehat! Hal pertama yang pasti Anda pikirkan adalah bagaimana mengasuh bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir terlihat masih merah dan sangat rentan. Bahkan tubuh mereka yang lembut terlihat sangat lemah untuk dipegang. Namun Anda tidak perlu takut karena bayi menghabiskan banyak waktu untuk tidur dan makan. Bayi akan menangis ketika merasa tidak nyaman dengan lingkungan dan orang di sekitarnya. Lalu apakah Anda sedang memikirkan tempat tidur bayi. Karena pasti tidak mau terkena efek bayi jatuh dari tempat tidur. Lalu bayi baru lahir sebaiknya tidur dimana dan apa tipsnya? Berikut ulasan yang bisa Anda simak.

Bayi Sebaiknya Tidur Dimana?

Sebenarnya ada beberapa pilihan mengenai tempat tidur bayi. Berikut akan kami jelaskan dan termasuk tipsnya.

  1. Menggunakan box bayi

Penggunaan box bayi memang menjadi salah satu pilihan banyak orang tua. Orang tua sering menganggap bahwa box bayi lebih aman daripada bayi harus tidur dengan orang tua. Bayi juga bisa menjadi lebih nyaman karena merasa bahwa itu adalah tempat mereka sendiri. Kemudian ada banyak manfaat lain termasuk aman karena dengan pengaturan yang baik maka bayi tidak akan jatuh dari tempat tidur. Namun banyak juga yang tidak setuju karena tidak dengan bayi sering menghambat ibu ketika harus menyusui. Orang tua juga merasa tidak tega ketika bayi harus tidur sendiri. Tapi tidak usah khawatir karena justru tidur di box bayi bisa menjadi bayi dari beberapa penyebab bayi kaget saat tidur.

Tips

Jika memang Anda ingin membiarkan bayi yang baru lahir tidur sendiri maka Anda juga harus memperhatikan keamanan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Jaga agar pembatas box bayi lebih tinggi dan terkunci sehingga sangat aman untuk bayi.
  • Atur agar matras atau kasur untuk bayi rata sehingga nyaman untuk bayi.
  • Hindari memasang matras yang terlalu tebal karena jika terlalu lembut maka tubuh bayi tenggelam ke dalam dan ini bisa berbahaya untuk struktur dan pernafasan bayi. Lebih baik memilih kasur dengan tebal 15 cm saja.
  • Atur agar ada celah pada bagian pinggir box bayi dengan bagian sekitarnya dan jarak yang paling aman tidak lebih dari 3 cm. Kemudian celah antar jeruji pada pembatas adalah sekitar 5 cm.
  • Pastikan box bayi terkunci dengan aman. Teliti dan periksa setiap mur baut secara berkala terlebih jika box bayi sudah pernah digunakan sebelumnya.
  • Hindari meletakkan box bayi dekat dengan sumber listrik, sumber air dan hal-hal lain yang bisa berbahaya untuk bayi.
  • Tempatkan box bayi dengan letak yang paling aman, tidak dekat dengan AC, tidak dekat dengan jendela dan pastikan jauh dari angin segar langsung.
  • Jangan meletakkan berbagai hiasan, boneka, mainan atau benda lain yang bisa membuat bayi tertimpa sehingga terkena sesak nafas yang bisa sangat berbahaya.
  1. Tidur seranjang dengan orang tua

Mungkin pilihan membuat bayi tidur bersama orang tua adalah hal yang paling sering dilakukan. Tapi ternyata pilihan ini memang tidak selalu aman. Ada sebuah fakta bahwa tidur seranjang dengan orang tua bisa membuat bayi kemungkinan terkena sindrom kematian mendadak. Hal ini paling sering terjadi karena bayi tertimpa orang tua tanpa disadari saat tidur. Tapi jika memang Anda ingin membuat bayi tidur dengan orang tua maka lakukan dengan hati-hati.

Tips

Ikuti tips dibawah ini jika akan membuat bayi tidur dengan orang tua.

  • Pastikan posisi dan letak bayi aman. Anda harus membuat bayi benar-benar memiliki area sendiri di ranjang orang tua. Jadi jangan lakukan jika ranjang berukuran kecil dan tidak muat untuk orang tua dan anak. Kemudian pastikan posisi bayi telentang karena bisa terkena Bahaya bayi tidur tengkurap jika bayi berubah posisi saat tidur.
  • Jaga agar lingkungan sekitar aman dan nyaman. Sebaiknya orang tua tidak meletakkan benda-benda yang berbahaya di ruangan tidur bayi. Jauhkan sumber minyak wangi, rokok, dan benda-benda yang bisa menimpa bayi seperti bantal, guling, selimut.
  • Berikan tempat yang aman untuk bayi. Jangan sampai bayi jatuh dan terkena bahaya bayi jatuh terlentang.
  • Jangan tidur dengan bayi saat orang tua terkena penyakit yang mudah menular seperti flu, penyakit kulit dan penyakit lain.

Itulah ulasan tentang bayi baru lahir sebaiknya tidur dimana dan apa tipsnya? Orang tua harus mempertimbangkan lagi ketika ingin memilih tempat tidur bayi yang aman dan nyaman untuk bayi.