Cara Latihan Pernafasan Ibu Hamil 8 Bulan Dan Manfaatnya

Teknik pernafasan saat melahirkan normal menjadi salah satu langkah untuk bisa melahirkan normal dengan cepat dan bisa mengurangi rasa sakit. Banyak ibu yang akan melahirkan normal akhirnya menerima episiotomi karena berbagai faktor, salah satunya sulit untuk mengejan secara alami. Sementara proses persalinan normal akan terjadi ketika pembukaan serviks penuh. Dan mengejan sering terjadi karena ibu merasakan kontraksi yang kuat. Pernafasan memiliki titik penting untuk bisa melahirkan normal dengan cepat. Karena itu akan kami jelaskan dibawah ini mengenai cara latihan pernafasan ibu hamil 8 bulan dan manfaatnya.

  1. Tehnik pernafasan perut

Pernafasan perut sebenarnya bisa dilakukan ketika ibu mempraktekan gerakan senam hamil, yoga dan pilates kehamilan. Pernafasan perut akan membuat paru-paru memiliki kapasitas yang lebih longgar. Kebiasaan pernafasan perut juga membuat otot perut menjadi lebih kuat.

Cara:

  • Berbaring telentang, lutut kemudian ditekuk atau jika tidak nyaman maka bisa berbaring miring.
  • Bagian tangan kakan di perut dan kiri dada lalu tarik nafas dari hidung.
  • Perut akan menjadi longgar dan tahan nafas di paru-paru lalu kempiskan perut.
  1. Tehnik menghitung nafas

Cara yang lain adalah dengan menghitung nafas. Anda bisa mencoba melatih tubuh dan pikiran agar bisa bernafas dengan baik. Kebiasan ini akan membantu proses  cara mengejan saat melahirkan saat melahirkan secara normal.

Cara:

  • Cobalah telentang dengan tangan di perut dan yang lain di dada.
  • Tarik nafas selama 5 hitungan degnan pelan dan tahan sampai hitungan ke delapan.
  • Hembuskan nafas perlahan saat hitungan ke sembilan.
  • Usahakan untuk mendorong semua udara dari paru-paru.
  • Cobalah untuk membuat tubuh menjadi lebih santai dan nyaman.
  1. Tehnik pernafasan berputar

Saat usia kehamilan sudah 8 bulan maka ibu bersiap untuk mengalami ciri ciri janin sudah masuk panggul sehingga bisa melahirkan secara normal. Ibu bisa mencoba untuk berlatih tehnik pernafasan berputar. Cara ini akan membuat kapasitas paru-paru menjadi maksimal dan menghindari nafas habis saat mengejan.

Cara:

  • Mulailah dengan tidur telentang dan satu tangan di perut dan dada. Lalu tekuk lutut dan lakukan pernafasan sampai hitungan ke sepuluh.
  • Ulangi sampai Anda bisa merasakan tubuh segar dan nafas menjadi lebih nyaman. Saat selesai lakukan pendinginan dengan bersantai sambil kepala agak tegak. Gunakan bantal agar lebih nyaman untuk kepala.
  1. Tehnik pernafasan Ujjayi

Dalam gerakan yoga kehamilan maka ibu bisa melakukan pernafasan dengan tehnik Ujjayi. Langkah ini dilakukan untuk membantu paru-paru lebih nyaman dan meningkatkan penyerapan energi dalam tubuh. Manfaatnya sangat baik untuk tubuh sehingga bisa mengurangi risiko indikasi episiotomi saat persalinan normal.

Cara:

  • Cobalah untuk duduk bersila dengan nyaman kemudian tarik nafas dari dalam hidung dan keluarkan dari hidung juga. Usahakan untuk menutup mulut.
  • Biarkan saat udara keluar ada bunyi berdesis dan buat pikiran menjadi santai.

Manfaat Latihan Pernafasan Ibu Hamil

  1. Membuat tubuh cukup oksigen. Semakin besar usia kandungan maka biasanya ibu akan sesak nafas dan tidak nyaman. Latihan pernafasan akan membuat oksigen cukup dan paru-paru bekerja lebih baik.
  2. Mengurangi stres. Ibu hamil 8 bulan juga rentan stres sehingga latihan pernafasan sangat baik untuk mengatasi stres dan mengurangi banyak pikiran.
  3. Mengatasi nyeri sendi. Selama hamil tua biasanya otot dan sendi menjadi mudah sakit dan latihan pernafasan akan mengendalikan rasa sakit ini.
  4. Bekal untuk persalinan normal. Latihan pernafasan juga sangat baik sebagai bekal untuk bisa melahirkan secara normal. Hal ini sangat penting untuk mengatasi stres dan takutnya proses persalinan yang dianggap menyakitkan.

Begitulah cara latihan pernafasan ibu hamil 8 bulan dan manfaatnya. Ibu hamil yang sudah masuk trimester kehamilan ketiga bisa mempertimbangkan proses latihan ini dengan pendamping instruktur atau di kursus kehamilan.