7 Penyebab Hamil 5 Bulan Masih Mual yang Wajib Diketahui

Adanya rasa mual pada masa kehamilan adalah hal yang wajar. Biasanya mual adalah suatu penanda dimana tubuh seseorang sedang berusaha untuk beradaptasi dengan kondisi yang baru. Dan biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk beradaptasi secara hormonal. Permasalahannya sekarang, apakah wajar apabila masih merasa mual pada saat usia kandungan 5 bulan ataupun masih terjadi mual dan muntah saat hamil 8 bulan? Berikut ini saya akan membagikan sedikit informasi yang saya ketahui seputar penyebab hamil 5 bulan masih mual.

1. Gangguan lambung atau saluran pencernaan

Adanya gangguan lambung atau saluran pencernaan tidak hanya mengenai penyakit maag saja. Hal ini bisa saja berupa adanya iritasi pada dinding lambung karena adanya infeksi suatu bakteri tertentu. Dan untuk masalah ini maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan serta obat mual untuk ibu hamil yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

2. Konsumsi kafein berlebih

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein memang seringkali membuat perut terasa kembung. Selain itu, ternyata konsumsi kafein berlebih juga bisa menyebabkan mual pada ibu hamil dimana seringkali juga perbedaan mual hamil dan masuk angin masih belum bisa dibedakan dengan baik. Kafein akan meningkatkan asam lambung dimana hal ini dapat menimbulkan adanya rasa mual.

3. Kondisi mental yang kurang baik

Seperti yang Anda ketahui, stress dapat menjadi pemicu utama dari terjadinya berbagai penyakit. Pada masa kehamilan, stress ini juga bisa muncul karena mungkin saja seorang ibu hamil masih mengkhawatirkan akan prosedur persalinan yang akan dijalaninya. Adanya beban pikiran inilah yang memicu adanya stress dan membuat kondisi mental menjadi kurang baik sehingga sebagai efek sampingnya akan ada rasa mual yang dirasakan.

4. Pendesakan organ pencernan

Penyebab hamil 5 bulan masih mual selanjutnya adalah dikarenakan adanya pendesakan organ pencernaan. Adanya pendesakan organ pencernaan ini diakibatkan oleh janin yang berkembang semakin besar dari waktu ke waktu. Perkembangan janin ini tentunya akan memakan ruang yang lebih besar pada rahim sehingga organ – organ pencernaan akan terdesak untuk menyesuaikan keadaan yang ada.

5. Konsumsi makanan yang terlalu banyak

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan dianjurkan untuk mengkonsumsi makanannya secara sedikit demi sedikit dan lebih sering. Hal ini akan membantu ibu hamil untuk tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan tubuh tanpa menyebabkan mual karena lambung yang terdesak oleh banyaknya makanan dan juga perkembangan janin. Melakukan pola makan seperti ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi mual berlebihan saat hamil muda maupun tua.

6. Konsumsi makanan yang salah

Beberapa ibu hamil masih suka mengkonsumsi makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi berlebihan saat hamil. Salah satunya adalah makanan yang mengandung lemak berlebih. Sebaiknya, Anda mengkonsumsi makanan penghilang rasa mual saat hamil ketika rasa mual itu datang.

7. Telat makan

Lagi – lagi, banyaknya aktifitas yang dijalani oleh seorang ibu hamil yang produktif kerap kali membuat mereka lupa jam – jam makan tertentu. Hal ini akan menyebabkan timbulnya maag yang bisa menyebabkan rasa mual itu muncul. Jadi, pastikan Anda untuk tetap makan dengan teratur.

Jadi itulah beberapa penyebab hamil 5 bulan masih mual yang ingin saya bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjawab permasalahan kehamilan yang mungkin sedang Anda rasakan.