5 Manfaat Susu UHT Untuk Ibu Hamil dan Janin

Susu menjadi minuman yang dipertimbangkan untuk semua ibu hamil. Adanya berbagai manfaat susu bagi ibu hamil memang sangat baik untuk perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil sendiri. Ada beberapa jenis susu yang sering diperdebatkan untuk ibu hamil. Salah satunya adalah jenis susu UHT atau Ultra High Temperature. Dimana susu ini diproduksi dari susu sapi dengan pengolahan yang menggunakan panas kurang lebih sebesar 150 derajat Celcius. Tujuannya adalah untuk mematikan semua patogen dalam bahan susu sehingga aman untuk dikonsumsi. Lalu apa saja manfaat susu UHT untuk ibu hamil dan janin? Ikuti informasi berikut ini.

  1. Baik untuk tulang ibu dan janin

Susu UHT juga mengandung kadar kalsium yang sangat tinggi. Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk kehamilan. Fungsinya yaitu untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Kemudian untuk ibu hamil juga membantu mempertahankan kadar kalsium dalam tulang ibu hamil. Ibu hamil harus mendapatkan asupan kalsium sebesar 1000 mg sampai 1300 mg per hari.  Jika kebutuhan ini bisa penuh maka bisa mendapatkan manfaat kalsium bagi ibu hamil.

  1. Mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah

Kemudian susu UHT juga bisa membantu mencegah masalah berat badan janin yang rendah. Jadi minum susu UHT selama hamil bisa menjadi cara meningkatkan berat badan janin. Ketika janin lahir dengan berat badan yang rendah maka risiko penyakit pada janin setelah lahir juga sangat tinggi. Kemudian juga bisa mencegah kelainan pertumbuhan tulang pada janin.

  1. Mendukung perkembangan bayi

Mengikuti perkembangan janin selama hamil memang sangat penting. Setiap perkembangan janin seharusnya sesuai dengan usia kehamilan sehingga didapatkan bayi yang lahir dalam kondisi sehat. Susu UHT mengandung kadar protein yang sangat tinggi. Konsumsi protein yang cukup bisa membantu bayi tumbuh sempurna. Kemudian protein juga sangat penting untuk mencegah masalah cacat pada bayi sehingga bayi Anda benar-benar tumbuh sehat.

  1. Mengatasi mulas

Susu UHT ternyata juga bisa menjadi obat maag untuk ibu hamil. Hal ini karena susu UHT tidak mengandung lemak yang tinggi. Susu UHT akan membuat lambung menjadi nyaman, tidak perih dan membantu ibu mendapatkan pencernaan yang sempurna. Jadi jika ibu merasa mulas atau mual ringan maka cobalah minum susu UHT sebelum minum obat.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan

Morning sickness dan muntah yang parah selama trimester pertama bisa menyebabkan tubuh ibu hamil kehilangan banyak cairan. Untuk mengatasinya maka cobalah minum susu UHT. Susu bisa membuat ibu tidak mengalami mual atau muntah yang parah sehingga tubuh ibu kembali mendapatkan cairan yang cukup.

Aturan Minum Susu UHT Untuk Ibu Hamil

Ada banyak informasi bahwa susu UHT tidak layak untuk ibu hamil. Namun semua informasi itu sebenarnya tidak terlalu tepat. Susu UHT termasuk susu yang sangat aman untuk ibu hamil karena proses telah melewati proses pengolahan yang sesuai untuk kesehatan ibu hamil. Hanya saja proses pengolahan yang aman tersebut telah membuat kandungan yodium susu menjadi lebih rendah. Akhirnya jika ibu hamil tergantung dengan susu UHT maka bisa saja tubuh mengalami kekurangan yodium.

Untuk mengatasi efek ini maka sebaiknya ibu perlu menakar jumlah susu yang tepat jika selalu minum susu UHT. Jumlah yang direkomendasikan untuk mendapatkan nutrisi yang tepat adalah sekitar 1,5 liter susu UHT per hari. Jika ibu hamil sampai kekurangan yodium dari susu maka dikhawatirkan perkembangan otak janin tidak sesuai dan bisa menyebabkan masalah pada otak janin.

Kemudian selama hamil maka selain minum susu UHT maka sebaiknya ibu juga mendapatkan asupan yodium dari makanan laut seperti udang, ikan, dan jenis makanan laut yang aman.

Nah itulah semua manfaat susu UHT untuk ibu hamil dan janin. Untuk mendapatkan manfaat yang sangat baik ini maka ibu hamil juga harus minum susu UHT dengan cara yang tepat sehingga bisa menghindari semua kekurangan nutrisi tertentu akibat kebiasaan minum susu UHT.