Penyebab Hamil 4 Bulan Perut Masih Lembek Yang Perlu Diperhatikan

Kehamilan merupakan salah satu proses yang sangat penting bagi seorang wanita dimana di dalam kandungannya terdapat janin yang sedang berkembang untuk nantinya lahir sebagai seorang bayi.  Jalannya proses kehamilan yang setidaknya akan berangsung selama kurang lebih 40 minggu tersebut sangat menentukan bagaimana kondisi bayi nantinya terlahir apakah dalam keadaan yang sehat atau memiliki kondisi permasalahan seperti gangguan tumbuh kembang anak yang tentunya tidak diharapkan terjadi.

Demi menjaga kondisi kehamilan yang dijalani oleh seorang ibu hamil maka perlu adanya usaha yang seharusnya sudah menjadi sebuah kewajiban alami ibu hamil dalam sosoknya sebagai orang tua. Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh setiap ibu hamil tersebut diantaranya seperti memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama proses kehamilan dengan mengkonsumsi makanan sehat, menjalani aktivitas dengan hati hati dan banyak beristirahat, serta sering mengkonsultasikan kehamilannya secara rutin dengan dokter kandungan ataupun bidan.

Terkait dengan kondisi perkembangan janin dan kesehatannya, ibu juga dapat memperhatikan setiap tanda yang ditunjukan oleh tubuhnya sebagai bagian dari proses diagnosis sederhana apakah kondisi kehamilannya dalam keadaan yang normal dan sehat. Selama kehamilan ibu akan mengalami banyak perubahan sesuai dengan usia kehamilannya. Salah satu bentuk perubahan tersebut tentu terlihat pada perutnya yang semakin besar dan keras. Beberapa ibu hamil kerap menanyakan bagaimanan dengan kondisi hamil 4 bulan perut masih lembek apakah normal atau tidak yang untuk membantu memahaminya, perhatian uraian di bawah ini.

Hamil 4 Bulan Perut Masih Lembek

Kehamilan 4 bulan yang sudah memasuki usia trimester kedua tentunya fisik ibu hamil sudah banyak mengalami perubahan. Salah satu bentuk perubahan yang terjadi pada ibu hamil di usia 4 bulan tersebut adalah kondisi perutnya yang mulai membesar. Dengan postur dan bentuk tubuh yang berbeda beda pada ibu hamil, kondisi fisik perut tidak dapat disamakan antar satu ibu dengan ibu lainnya. Hamil 4 bulan perut masih lembek dan belum membesar bisa jadi merupakan kondisi yang berbahaya dan bisa jadi normal adanya tergantung dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter.

Penyebab Hamil 4 Bulan Perut Masih Lembek

Seperti yang dijelaskan diatas, kondisi kehamilan 4 bulan dengan keadaan perut belum kencang dan masih lembek bisa jadi normal dan bisa jadi merupakan tanda kehamilan berbahaya tergantung penyebab dan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter. Selagi dokter mengatakan bahwa kehamilan yang dilalui oleh ibu hamil dalam kondisi yang sehat dan normal maka ibu tidak perlu khawatir meskipun perutnya masih lembek di usia kehamilan 4 bulan. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab dari kondisi ibu hamil 4 bulan yang perutnya masih lembek, berikut beberapa penjelasannya di bawah ini.

1. Postur tubuh

Penyebab pertama yang menjadikan perut ibu hamil masih lembek dan belum kencang serta kecil di usia kehamilan 4 minggu adalah karena postur tubuhnya yang berbeda dengan kebanyakan wanita. Seorang wanita dengan postur tubuh tinggi kurus dapat mengalami kondisi perut lembek di usia kehamilan 4 minggu tersebut dan sejauh ini merupakan keadaan yang normal serta tidak perlu dikhawatirkan. Berjalannya usia kehamilan yang semakin tua akan menjadikan perutnya mulai membesar dan kencang.

2. Kehamilan pertama

Pada kehamilan pertama, tubuh ibu hamil akan benar benar baru merasakan dan menyesuaikan diri dengan proses kehamilan yang dijalani. Kehamilan pertama kerap kali menyebabkan perkembangan perut ibu hamil berjalan dengan lambat sehingga secara normal dapat menyebabkan pada usia kehamilan 4 minggu perut masih kecil dan lembek. Kondisi ini merupakan keadaan yang normal selagi dipastikan oleh dokter.

3. Posisi janin

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan ibu hamil memiliki kondisi perut lembek adalah karena posisi dari janin tersebut di dalam kandungan. Pergerakan janin tersebut akan terjadi secara normal dan berhenti ketika usia kehamilan memasuki minggu ke 32 – 38 dalam persiapan proses persalinan.  Ukuran perut yang masih belum signifikan berubah merupakan salah satu ciri perut hamil muda jika diraba.

4. Jumlah air ketuban

Keadaan lainnya yang juga dapat menjadi salah satu penyebab kenapa bentuk perut ibu masih lembek dan bisa jadi kecil adalah karena jumlah air ketuban di dalam rahim. Air ketuban yang relatif sedikit akan menjadikan kondisi perut ibu hamil lebih lembek dan kecil. Jumlah air ketuban tersebut normal selagi dokter kandungan menyatakan kehamilan yang dijalani sehat.

5. Janin tidak berkembang

Kondisi berbahaya yang tentunya tidak diharapkan terjadi pada ibu hamil dengan kondisi perut lembek diusia kehamilan 4 bulan tersebut adalah karena kondisi janin yang tidak berkembang dengan baik. Masalah perkembangan janin tersebut akan diketahui ketika ada pemeriksaan intensif dari dokter. Dengan kondisi tersebut maka akan ada upaya yang dilakukan oleh tim dokter untuk dapat menjaga kondisi janin tetap normal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai normalkah kondisi hamil 4 bulan perut masih lembek dan apa saja kondisi yang dapat menjadi pemicu dan penyebab keadaan tersebut terjadi.