Sponsors Link

Perkembangan Janin 9 Bulan (36 Minggu)

Sponsors Link

perkembangan janin 9 bulanPerkembangan janin saat usia 9 bulan, janin sudah bersiap-siap untuk dilahirkan ke dunia ini. Saat janin masuk ke dalam usia 9 bulan, janin akan mengalami sedikit pertumbuhan dan juga pematangan organ yang belum matang. Pertumbuhan dan pematangan tersebut sangat dibutuhkan oleh janin untuk hidup di dunia ini.

ads

Ibu hamil harus mulai fokus dengan berat badan janin yang ada di dalam kandungannya. Hal itu dikarenakan janin yang dilahirkan dengan berat badan yang kurang akan membuat janin susah dalam menjalani kehidupan. Sebab janin yang kurang boot atau kurang berat badan harus melalui perawatan khusus di ruang khusus.

Perkembangan Janin

Berikut ini berbagai macam perkembangan janin 9 bulan yang harus diketahui oleh ibu hamil :

1- Saat usia janin memasuki 9 bulan, kulit janin dan jaringannya sudah terbentuk dengan sempurna. Kulit janin masih terasa lembut namun kulit janin sudah tidak transparan seperti usia-usia sebelumnya.

2- Otak janin sudah berkembang dengan pesat. Berbagai macam sel syaraf telah berkembang di otak janin namun otak janin akan tetap berkembang saat janin dilahirkan sampai usianya dua tahun. Periode tersebut merupakan periode keemasan bagi janin yang akan dilahirkan.

3- Janin sudah memiliki antibodi yang sempurna, namun antibodi dari ibunya lah yang akan memberikan perlindungan berharga bagi janin agar tidak mengalami infeksi dan penyakit yang membahayakan. Antibodi tersebut bermanfaat untuk menangkal penyakit campak, gondongan, batuk dan juga flu. Bayi yang dilahirkan masih membutuhkan vaksin sebab antibodi yang dimilikinya hanya memberinya waktu perlindungan selama 6 bulan saja setelah bayi dilahirkan ke dunia ini.

4- Kepala janin sudah masuk ke dalam lubang panggul sehingga posisi janin tidak akan berubah-ubah lagi seperti posisi sebelumnya.

5- Janin memiliki sebanyak 5 lempengan tulang dan pembentukan tengkorak. Tengkorak janin tidak mengeras atau belum mengalami pengerasan dan di kepalanya masih ada ruang pemisah. Ruang pemisah inilah yang membuat kepala janin nantinya akan mengalami pengerutan saat melewati jalan lahir, setelah dilahirkan kepala janin akan kembali ke bentuk semula.

Sponsors Link

6- Perkembangan janin 9 bulan saat minggu ke 36 akan memiliki berat badan 2,9 kg sampai dengan 3 kg. Panjang janin sudah mencapai 48 cm.

7- Rambut janin sudah tumbuh secara sempurna, begitu pula dengan berbagai indera yang dimiliki oleh janin.

8- Alis dan bulu mata janin telah tumbuh sempurna, bayi juga memiliki “lanugo” di sekitar tubuhnya.

9- Saat usia 9 bulan, paru-paru janin telah terbentuk secara sempurna. Sehingga bayi siap untuk hidup di luar rahim.

Perubahan pada Tubuh Ibu Hamil

Saat memasuki trimester akhir atau usia 9 bulan, berat badan ibu hamil bisa naik lebih dari 10 kg atau sampai dengan 15 kg. Berikut ini berbagai macam perubahan yang bisa terjadi saat usia kehamilan mencapai usia 9 bulan :

  1. Cairan ketuban di dalam rahim ibu hamil akan berkurang
  2. Ibu hamil juga akan merasakan berbagai macam kontraksi palsu
  3. Tubuh ibu hamil akan menyiapkan persalinanya dan leher rahim ibu hamil akan mulai merenggang dengan cara melepaskan lendir.
  4. Selama kehamilan, lendir tersebutlah yang akan menutup jalan lahir dan berusaha mencegah janin dari infeksi. Infeksi yang ingin masuk ke jalan lahir pun akan dicegah dengan lendir ini. Dengan keluarnya banyak lendir dari jalan rahim menjadi tanda bahwa persalinan terjadi di waktu yang dekat.
  5. Payudara ibu hamil akan membengkak dan mungkin sudah terisi dengan ASI meski tidak sepenuhnya. Ibu hamil juga merasakan nyeri pada kandung kemihnya karena posisi janin yang sudah masuk ke dalam panggul.
  6. Ibu hamil akan mengalami gangguan kehamilan, terutama kelelahan di bagian emosional.
  7. Ibu hamil akan merasa cepat lelah dan merasakan nyeri punggung.
  8. Ibu hamil akan mengalami perubahan mood yang signifikan.
Sponsors Link

Hal yang Perlu Diperiksakan ke Dokter

Ibu hamil harus memeriksakan kandungannya saat usia kandungan masuk usia 9 bulan. Berikut ini hal yang harus diperiksakan oleh ibu hamil :

  • Dalam dua jam, ibu hamil yang sudah hamil tua akan merasakan dua gerakan bayi. Jika ibu hamil dalam dua jam tidak merasakan pergerakan dari bayinya segera ibu hamil memeriksakan diri ke dokter. Keruhnya air ketuban bisa membuat bayi di dalam rahim menjadi lemas dan tidak bisa bergerak.
  • Ibu hamil akan melahirkan saat usia kandungannya 38 sampai dengan 42 minggu. Ketika ibu hamil memasuki usia kehamilan 41 minggu dan belum ada tanda-tanda akan melahirkan, dokter akan melakukan tindakan terhadap ibu hamil tersebut.
  • Saat hamil 9 bulan namun ibu hamil mengalami pembengkakan di tangan, wajah dan juga kaki bengkak saat hamil perlu memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter atau petugas medis. Hal itu dikarenakan bengkak pada bagian tertentu bisa menjadi pertanda bahwa ibu hamil mengalami gangguan kehamilan.
  • Ibu hamil dengan kelainan berupa diabetes, anemia dan juga pertumbuhan janin yang terlambat perlu mendapatkan perhatian lebih dari petugas medis dan juga bidan.

Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil

Setelah mengetahui apa saja yang harus diperiksakan, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Berikut ini berbagai macam hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil :

  1. Tahap pertama. Tahap ini merupakan pembukaan leher rahim. Leher rahim akan terbuka sepanjang 10 cm dan ibu hamil akan merasakan kontraksi setiap 5 menit sekali. Saat tahap pertama tersebut, ibu hamil sebaiknya sudah berada di rumah sakit bersalin.
  2. Tahap kedua. Leher rahim sudah terbuka lebih dari 10 cm sehingga bayi akan mudah lahir.
  3. Tahap ketiga. Setelah bayi lahir, ibu hamil akan mengeluarkan palsenta. Keluarnya plasenta ini membutuhkan waktu sekitar 5 sampai dengan 30 menit.

Saat mengejan, pihak medis akan melihat bayi yang keluar dari lubang vagina. Bagian pertama yang akan terlihat adalah bagian kepalanya terlebih dahulu. Ibu hamil akan merasakan nyeri dan di bagian vagina terasa tersengat sebab lubang vagina menjadi terbuka lebar dan menjadi renggang. Saat sudah renggang ibu hamil sebaiknya berhenti untuk mengejan karena lubang vagina bisa sobek.

Video Perkembangan Janin 9 Bulan

Saat kehamilan terutama usia 9 bulan merupakan usia yang mendekati dengan persalinan. Ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 9 bulan akan merasakan cemas, khawatir bahkan takut. Rasa khawatir, cemas dan juga takut akan dialami oleh ibu hamil dengan kehamilan pertamanya. Tidur menjadi tidak nyenyak, makan pun menjadi tidak tenang. Akibatnya kondisi psikologis ibu hamil menjadi sedikit terganggu.

Ibu hamil sebaiknya tetap menjaga kondisi psikologisnya, jangan sampai kondisi tersebut membuat hipertensi dalam kehamilan dan juga membuat jumlah hb ibu menjadi turun. Kondisi psikis yang tenang dibutuhkan untuk menghadapi persalinan kelak, siapkan mental yang baik dan berbagai macam keperluan yang dibutuhkan selama persalinan kelak.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 24th, June 2015 / 03:24 Oleh :
Kategori : Perkembangan Janin