7 Cara Mengatasi Ngompol Pada Anak Usia 12 Tahun Paling Tepat

Anak terkadang ada yang memiliki kebiasaan baik dan ada pula yang memiliki kebiasaan buruk. Salah satu masalah yang sering meresahkan orang tua adalah ketika anak memiliki kebiasaan mengompol. Jika anak masih kecil atau berusia kurang dari 2 tahun maka ini dianggap hal yang wajar.

Orang tua bisa melakukan kebiasaan yang baik untuk merubah hal ini. Tapi ketika anak masih mengompol sampai usia 12 tahun maka itu bisa jadi hal yang memalukan. Meskipun sudah melakukan cara mengatasi anak ngompol tapi belum sembuh juga. Lalu bagaimana cara mengatasi ngompol pada anak usia 12 tahun paling tepat? Berikut ini tipsnya.

  1. Perawatan medis

Saat usia anak sudah 12 tahun seharusnya memang anak tidak mengompol lagi. Ketika ini masih terjadi maka bisa saja ada masalah medis pada anak. Penyebabnya mulai dari gangguan hormon anak, gangguan pada sistem kemih, gangguan perilaku dan juga kondisi yang tidak terduga. Perawatan medis tetap diperlukan terutama jika ada ciri ciri anak autis hiperaktif sejak kecil.

  1. Batasi air minum saat sore atau malam

Beberapa anak memiliki kebiasaan minum yang sangat banyak. Ini memang baik agar tubuh anak bisa tumbuh sempurna sehingga tidak terjadi dehidrasi. Minum cukup air juga menjadi tips agar anak tidak mudah sakit. Namun jika dilakukan secara berlebihan terutama menjelang waktu tidur maka bisa membuat anak ngompol. Karena itu beri pengertian anak untuk tidak minum terlalu banyak.

  1. Kebiasaan buang air kecil sebelum tidur

Langkah lain adalah dengan membiasakan anak untuk selalu buang air kecil sebelum tidur. Cara ini bisa membantu anak untuk tidak ngompol. Biasanya menjelang tidur anak akan takut pergi ke kamar mandi. Pertama Anda bisa mengantarnya, kedua memastikan bahwa itu hal yang aman dan tidak ada hal yang menakutkan. Kemudian ajarkan anak untuk berani sendiri. Jangan mengikuti kemauan anak terus karena itu harus melakukan cara mengatasi anak manja.

  1. Jangan beri minuman berkafein

Langkah lain adalah untuk tidak memberikan minuman yang mengandung kafein. Cara ini harus dilakukan pada waktu siang, sore atau malam. Beberapa minuman yang tidak baik untuk anak seperti teh, kopi, soda dan coklat. Kebiasaan ini juga tidak baik karena minuman dengan kafein tidak baik untuk pertumbuhan anak. Lebih baik berikan air putih yang bisa membuat anak lebih sehat. Hindari kafein menjelang tidur karena ini bisa menjadi penyebab anak muntah saat tidur.

  1. Berikan imajinasi yang baik

Banyak orang tua yang membuat anak tidak mengompol dengan cara menakut-nakuti. Ternyata kebiasaan ini tidak baik dan bisa memberi dampak yang buruk untuk anak. Lebih baik untuk memberikan gambaran yang positif sehingga anak memiliki motivasi yang baik. Jadi saat malam hari anak juga tidak memiliki rasa takut sehingga tidak mengompol.

  1. Bangunkan saat malam hari

Anak yang sudah berumur 12 tahun seharusnya memiliki insting yang kuat ketika akan buang air besar. Karena itu saat malam hari biasakan untuk membangunkan anak untuk buang air kecil. Pertama Anda bisa membangunkan anak secara rutin. Kemudian pasang alarm khusus untuk anak sehingga anak akan terbiasa pada jam-jam tertentu. Dengan cara ini maka anak akan berhenti mengompol.

  1. Biasakan langsung ke kamar mandi setelah bangun tidur

Anda juga bisa membiasakan anak untuk segera ke kamar mandi setelah bangun tidur pagi. Kebiasaan ini juga mencegah anak untuk tidur lagi yang biasanya akan membuat anak mengompol. Jadi Anda juga harus membuat anak disiplin agar mau segera bangun saat sudah bangun dan tidak bermalas-malasan di tempat tidur lagi.

Itulah semua cara mengatasi ngompol pada anak usia 12 tahun paling tepat. Setiap anak mungkin memiliki karakter yang berbeda sehingga pertimbangkan untuk memilih cara yang paling tepat.