7 Cara Membuat Bayi Tidur Di Box Bayi Dengan Nyenyak

Penggunaan box bayi untuk tidur memang masih menjadi dilema. Ada orang tua yang bisa membiarkan bayi tidur sendiri di box namun ada juga yang tidak. Hal ini bisa dipengaruhi dari kebiasaan yang diterapkan orang tua. Kemudian bayi umumnya lebih rewel ketika harus tidur sendiri. Namun mengajak bayi tidur ke tempat tidur orang tua juga bisa lebih berbahaya. Jadi menggunakan box bayi untuk tidur memang dianggap solusi yang lebih aman dan nyaman untuk bayi. Namun bagaimana cara membuat bayi tidur di box bayi dengan nyenyak? Ikuti tips dibawah ini.

  1. Membiasakan

Cara pertama untuk bisa membuat bayi tidur dalam box bayi adalah mengenalkan box lebih dini kepada bayi. Cara ini bisa dilakukan dengan meletakkan bayi sendiri di dalam box. Membiarkan bayi menikmati waktu tidur mereka atau waktu bermain sendiri. Kemudian biarkan bayi tidur di box tanpa harus dipindahkan. Kebiasaan ini bisa diterima bayi sehingga akhirnya bayi tidur nyenyak. Kebiasaan ini juga bisa menghilangkan masalah bayi susah tidur .

  1. Perhatikan akses cahaya

Bayi menyukai cahaya yang terang ketika tidur. Anda bisa memasang lampu di sudut yang terlihat oleh bayi. Kemudian ketika bayi sudah tidur maka ganti dengan lampu yang sudah redup. Jika ingin membuat bayi bisa tidur siang atau pagi maka biarkan box bayi terkena cahaya matahari. Tapi jangan sampai box  bayi terlalu dekat dengan jendela karena bisa membuat bayi lebih panas. Kecuali hanya untuk menjemur bayi di pagi hari.

  1. Kondisi suhu udara di ruang bayi

Kemudian cara lain agar bisa membuat bayi tidur tanpa harus bayi sering kaget dan menangis adalah dengan melihat kondisi suhu udara di ruangan bayi. Jika Anda memasang AC untuk ruangan bayi maka jangan sampai udara langsung mengenai tubuh bayi. Cukup membuat box bayi menjadi lebih nyaman sehingga bayi bisa tidur nyenyak. Karena box bayi juga mudah dipindah sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ini.

  1. Jangan memberikan banyak barang di box bayi

Salah satu kebiasaan yang dianggap wajar namun berbahaya untuk bayi adalah menaruh banyak barang di box bayi. Mulai dari kelambu, boneka, mainan dan bemper. Bagi bayi yang sudah aktif maka semua barang ini bisa membuat bayi kurang nyaman. Sebaiknya box bayi hanya berisi kebutuhan bayi untuk tidur saja. Meletakkan banyak barang juga bisa menjadi penyebab bayi susah tidur karena bayi merasa terganggu.

  1. Bisa dimulai dengan tidur siang

Meskipun bayi selalu menolak untuk tidur di box bayi saat malam hari, namun Anda bisa mengajak bayi untuk tidur pada siang hari. Kenalkan dengan box bayi yang nyaman untuk bayi. Letakkan bantal dan guling yang paling nyaman untuk bayi. Kasur sebagai tempat tidur bayi juga harus dibuat nyaman, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

  1. Berikan ASI

Setiap bayi yang mau tidur pasti membutuhkan ASI atau susu formula. Ibu bisa memberikan kebutuhan ini karena bayi yang lapar saat tidur pasti tidak mau tidur. Jika bayi menerima ASI maka berikan sebelum tidur, buai sebentar di gendongan ibu kemudian pindahkan ke box bayi. Jika bayi hanya menerima susu formula maka berikan berikan susu sebelum tidur.

  1. Segera tolong bayi saat menangis

Ketika bayi menangis di box bayi maka segera tolong. Jangan sampai membiarkan bayi menangis lama karena bisa menyebabkan trauma. Trauma bayi yang menangis lama di box biasanya terjadi karena ibu tidak segera menolong. Sehingga akhirnya bayi merasa sendiri. Jadi jangan biarkan bayi terlalu lama menangis dan segera tenangkan bayi.

Itulah beberapa cara membuat bayi tidur di box bayi dengan nyenyak. Kebiasan ini sangat baik untuk bayi karena bisa membuat bayi tidur nyenyak dan mandiri sejak masih dini.