10 Ciri Ciri Bayi Flu dan Batuk yang bisa Membahayakan

Penyakit flu dan batuk merupakan kedua penyakit yang dapat menyerang siapapun. Kehadiran kedua penyakit ini seolah-olah tidak bisa dipisahkan. Jika ada seseorang yang flu, maka nantinya batuk akan muncul, begitu juga sebaliknya. Mulai dari bayi hingga dewasa pasti pernah mengalami penyakit yang satu ini.

Untuk kasus flu dan batuk pada bayi, Anda sebaiknya janganlah meremehkannya. Meskipun penyakit ini terbilang sering terjadi, tapi bisa berpotensi menimbulkan penyakit serius jika tidak cepat-cepat ditangani. Untuk mengetahui ciri bayi flu dan batuk yang berbahaya pada bayi, berikut ulasannya.

1. Flu dan batuk dengan demam tinggi

Bagian pertama yang perlu diwaspadai adalah flu dan batuk yang disertai dengan demam tinggi. Umumnya, flu dan batuk biasa tidak pernah menimbulkan demam pada bayi maupun orang dewasa. Jika sampai terjadi demam tinggi, maka hal tersebut ada yang tidak beres dengan kondisi tubuh bayi. Apabila demam tidak turun dalam beberapa hari, sebaiknya bawa bayi ke rumah sakit.

2. Ada suara mengi pada pernapasan bayi

Batu dan flu yang berbahaya selanjutnya adalah dapat membuat bayi susah untuk bernafas. Cobalah Anda dengarkan dengan seksama pernapasan bayi. Jika saat bayi bernafas ada suara aneh seperti mengi, maka itu menandakan bayi kesulitan bernafas.

Begitu juga ketika perut bayi terlihat kembang kempis begitu cepat. hal itu juga menunjukan bahwa bayi berusaha sekuat tenaga untuk bernafas. Jika keadaan tersebut terlambat ditangani, bayi bisa kehilangan banyak oksigen. Hal yang lebih parahnya lagi adalah bayi bisa meninggal.

3. Batuk dan flu yang tidak sembuh berhari-hari

Jika penyebab bayi batuk dan flu karena alergi biasanya akan sembuh dengan sendirinya ketika dijauhkan dari sumber alergi. Akan tetapi, batuk dan flu pada bayi karena penyakit bisa berlangsung berhari-hari. Hal tersebut bisa memberikan efek buruk pada bayi jika tidak segera disembuhkan. Contohnya saja adalah peradangan pada tenggorokan dan juga paru-paru.

4. Bayi kejang-kejang

Pada beberapa kasus flu dan batuk yang dialami oleh bayi, ada yang sampai mengalami kejang-kejang. Gejala seperti itu mirip dengan keadaan bayi yang mengalami step atau panas tubuh yang berlebihan. Jika keadaan tersebut sampai terjadi, bisa jadi flu dan batuk yang dialami merupakan penyakit yang berat.

5. Jarang mengalami buang air besar dan kecil

Biasanya bayi dalam kondisi normal akan sering buang air besar maupun buang air kecil dalam sehari. Hal itu juga terlihat saat bayi menglami batuk maupun flu. Harusnya hal tersebut tidak mempengaruhi sistem pencernaan bayi. Akan tetapi, jika batuk dan flu sampai berpengaruh besar terhadap pross pencernaan bayi seperti jarang buang air besar dan buang air kecil,  maka hal tersebut perlu diperhatikan.

6. Sering muntah

Memang pada beberapa kasus, ada bayi yang sempat mengalami muntah-muntah ketika batuk maupun flu. Akan tetapi kejadian tersebut tidak selalu terjadi dan biasanya ada faktor pemicunya seperti batuk atau flu berlebihan. Kondisi yang membahayakan justru terjadi jika bayi selalu muntah ketika batuk ataupunn flu. Jika hal tersebut terlambat ditangani, maka bayi bisa mengalami dehidrasi.

7. Kulit bayi pucat

Kondisi berikutnya yang membahayakan adalah saat bayi justru terlihat pucat pada saat mengalami batuk maupun flu. Selain itu, pada bibir dan ujung jari-jarinya mulau berwarna kebiru-biruan. Hal tersebut mengindikasikan bayi kekurangan oksigen akibat batuk dan flu. Kondisi seperti itu harus secepatnya diatasi.

8. Bayi tidak mau makan

Nah, keadaan ini juga sangat mengkhawatirkan karena ketika bayi batuk-batu dan flu,  justru tidak mau  makan sama sekali. Padahal batuk dan flu cukup menguras tenaga dan bahkan bisa menyebabkan bayi dehidrasi karena banyak cairan yang keluar. Apabila bayi sampai tidak mau makan, kondisi tubuhnya bisa jauh lebih buruk.

9. Mata mengeluarkan air

Ketika bayi batuk dan terkena flu sampai mengeluarkan air mata yang berlebihan, hal tersebut juga merupakan tanda bayi mengalami penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Keadaan tersebut juga menunjukan bahwa kondisi kesehatan bayi tidak dalam kondisi yang baik. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera periksakan kondisi bayi ke dokter.

 10. Ada darah ketika ingin mengeluarkan dahak

Kondisi semacam ini sudah menunjukan tanda-tanda berbahaya pada tubuh bayi. Umumnya, batuk berdahak pada bayi tidak sampai membawa darah. Umumnya, kejadian tersebut mengindikasikan bahwa ada luka di dalam paru-paru bayi atau bisa juga karena infeksi. Untuk bisa mengetahuinya lebih lanjut, Anda harus membawanya ke rumah sakit.

Itulah 10  ciri-ciri bayi flu dan batuk yang berbahaya bagi kesehatannya. Dari ulasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa penyakit flu dan batuk tidak bisa selalu dianggap remeh. Anda bisa coba beberapa cara untuk mengatasi flu dan batuk pada bayi seperti manfaat daun sirih untuk bayi flu.  Anda juga sebaiknya pelajari cara mengobati batuk pada bayi 4 bulan dan berbagai referensi lainnya.semoga dapat memberikan manfaat.