Bolehkah Bayi Mandi Jam 6 Pagi Dan Adakah Bahayanya Dari Aktivitas Tersebut ?

Merawat dan membesarkan bayi serta menjaga kesehatannya merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh ibu pasca proses persalinan sebagai bentuk tanggung jawabnya menjadi orang tua bagi bayi tersebut. Aktivitas tanggung jawab sebagai orang tua ini dilakukan oleh ibu sejak proses kehamilan yang berlangsung selama kurang lebih 40 minggu hingga bayi terlahir dan akan terus berlanjut sampat bagi sudah menginjak dewasa dan mampu untuk hidup secara mandiri.

Bayi yang baru lahir tentu membutuhkan perawatan dan perlakuan yang benar dan merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh ibu. Dalam merawat dan memperlakukan bayi tersebut, ibu harus memahami cara cara yang benar untuk menghindari kondisi berbahaya yang dapat terjadi pada kesehatan bayi maupun berpengeruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bentuk perlakuan tersebut pastinya akan berbeda pada setiap perkembangan usia bayi.

Salah satu perlakukan yang harusnya dilakukan dengan baik oleh ibu adalah pada saat memandikan bayi. Memandikan bayi sangat penting untuk menjaga kebersihannya dan menghindarkan bayi dari berbagai macam permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan kebersihan. Dalam proses memandikan bayi tentu ada beberapa aturan yang harus dipahami dan beberapa hal juga yang sebaiknya dihindari karena resiko dampak buruk yang dapat terjadi. Dalam artikel ini, hamil.co.id akan menjelaskan mengenai salah satu jawaban berkaitan dengan aktivitas memandikan bayi yakni “bolehkah bayi mandi jam 6 pagi ?”yang diulas dibawah ini.

Bolehkah Bayi Mandi Jam 6 Pagi

Sejauh ini sebenarnya tidak ada larangan mengenai waktu untuk memandikan bayi baik itu jam 6 pagi atau sebelumnya. Namun dalam menentukan waktu mandi yang tepat pada bayi perlu memperhatikan suhu dari lingkungan dan air yang digunakan untuk memandikan bayi tersebut. Karena alasan suhu yang terlalu dingin tersebut dapat menyebabkan munculnya permasalahan kesehatan pada bayi sehingga sebelum ibu memutuskan untuk memandikan bayi jam 6 pagi pastikan suhu dan kondisi bayi sudah siap.

Memandikan bayi di pagi hari sebaiknya dilakukan ketika sudah selesai menjalani aktivitas jemur yang dilakukan dibawah sinar matahari. Adanya manfaat penjemuran pada bayi tersebut perlu dilakukan oleh ibu kepada bayinya. Matahari pagi yang baik untuk menjemur bayi adalah pada saat jam 6 sampai jam 8 pagi. Karena alasan tersebut maka jawaban atas pertanyaan bolehkah bayi mandi jam 6 pagi adalah boleh asalkan bayi sudah terlebih dahulu menjalani aktivitas jemur pagi dan tentunya suhu udara lingkungan dan suhu udara air yang digunakan untuk memandikan bayi tidak boleh terlalu dingin.

Selain memperhatikan suhu lingkungan maupun suhu air yang digunakan untuk memandikan bayi tersebut, boleh tidaknya bayi mandi di jam 6 pagi juga perlu memperhatikan usia dari bayi tersebut. Bila bayi sudah berusia cukup semisal lebih dari 6 bulan maka efek dingin dari air maupun suhu lingkungan lebih sedikit dampak buruknya bagi kesehatan dan menjadikan aktivitas mandi di jam 6 pagi bagi bayi dengan usia diatas 6 bulan sah sah saja dan boleh untuk dilakukan karena sesuai dengan perkembangan bayi dan kondisinya lebih tahan terhadap suhu dingin.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memandikan Bayi

Seperti pada penjelasan diatas mengenai boleh tidaknya bayi mandi di jam 6 pagi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai boleh tidaknya aktivitas tersebut dilakukan seperti suhu lingkungan, suhu air, dan usia bayi. Selain hal tersebut, berikut ini beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan saat memandikan bayi yang diantaranya sebagai berikut ini.

  • Hindari memandikan bayi setelah makan atau menyusu, hal ini diperlukan untuk menghindari bayi agar tidak muntah atau mengeluarkan makanan dan asi yang sudah masuk ke dalam perutnya akibat tekanan saat membersihkan bayi.
  • Mandikan bayi dengan cepat dan efektif, memandikan bayi sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu lebih dari 10 menit agar tidak menyebabkan bayi kedinginan dan menjadikan kulit bayi keriput serta kering.
  • Gunakan air hangat, bayi dengan usia dibawah 3 bulan belum dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga sebaiknya gunakan air hangat untuk memandikan bayi tersebut. Suhu air yang ideal untuk memandikan bayi berkisar di 38 derajat celcius.
  • Susui bayi setelah mandi, untuk menghindari terjadinya kedinginan pada bayi maka ibu dapat menyusuinya setelah mandi karena kontak langsung antara tubuh ibu dengan bayi dapat menghangatkan tubuh bayi serta salah satu manfaat asi untuk bayi adalah membantu mengatur suhu tubuhnya.
  • Hati hati dengan tali pusar bayi, bayi yang masih memiliki tali pusar sebaiknya dimandikan dengan hati hati karena air yang mengenai tali pusar dapat menyebabkannya tidak kunjung mengering. Lakukan cara memandikan bayi yang masih ada tali pusarnya dengan benar untuk menghindari dampak buruk yang terjadi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jawaban bolehkah bayi mandi jam 6 pagi dan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu pada saat memandikan bayi mengingat adanya resiko dampak buruk yang perlu dihindari agar tidak terjadi pada bayi. Aktivitas memandikan bayi penting untuk dilakukan agar kondisi kebersihan bayi terjaga dengan baik.