5 Cara Membersihkan Pusar Bayi 4 Bulan Yang Benar Dan Aman

Setelah terlahir kedunia, tanggung jawab ibu terhadap bayi tidak akan menurun. Ibu harus selalu memperhatikan berbagai kebutuhan bayi untuk memastikan perkembagannya normal sehingga terhindar dari berbagai konidis yang mengarah para gangguan tumbuh kembang anak atau bayi. Ada berbagai bentuk aktivitas dan hal hal penting yang perlu serta harus diperhatikan dengan baik oleh setiap ibu terutama yang baru memiliki bayi pertama kali. Aktivitas tersebut sangat penting untuk memastikan perkembangan bayi normal.

Kondisi bayi yang masih sangat rentan dengan dunia disekitarnya, membutuhkan ibu untuk menghindari berbagai macam bentuk masalah kesehatan yang berbahaya untuknya. Imunisasi membantu bayi memiliki daya tahan terhadap penyakit berbahaya. Selain imunisasi, ibu perlu memperhatikan nutrisi untuk bayinya berkembang. Nutrisi terbaik yang sebaiknya diprioritaskan bagi bayi adalah asi atau air susu ibu dengan segala manfaat asi untuk bayi yang melimpah ruah dibandingkan susu formula.

Selain nutrisi, hal lain yang juga sebaiknya menjadi perhatian utama ibu adalah kebersihan dari bayi. Dengan kondisi yang bersih, secara tidak langsung bayi akan memiliki kesehatan terjaga dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Membersihkan bagian bagian tertentu dari bayi membutuhkan cara yang tepat mengingat kondisi fisiknya yang masih rentan, termasuk bagian pusar. Berikut beberapa cara membersihkan pusar bayi 4 bulan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh ibu dalam penjelasan di bawah ini.

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dalam cara memberisihkan pusar adalah dengan mempersiapkan peralatan maupun bahannya. Peralatan dan bahan dasar untuk membersihkan pusar bayi 4 bulan diantaranya seperti busa lembut atau cutton bud, sabun, handuk, dan air bersih baik hangat maupun biasa. Sabun yang digunakan sebaiknya khusus anak agar demi mencegah reaksi hipersensitif pada bayi. Dalam perkembangan sekarang, ada beberapa produk khusus yang memang digunakan untuk membersihkan pusar bayi.

2. Bersihkan tangan ibu

Perhatikan kebersihan dan higienitas tangan ibu yang akan bersentuhan dengan pusar bayi. Hal tersebut sangat penting agar tidak menimbulkan kondisi yang bebahaya pada kulit bayi dan bagian pusar sehingga memicu masalah kesehatan yang dapat menganggu perkembangan bayi. Gunakan sabun cuci tangan dan untuk lebih memberikan higienitas yang terjamin, cairan antiseptik dapat juga digunakan. Cairan antiseptik tersebut akan membantu tangan ibu terbebas dari kuman berbahaya.

3. Tenangkan bayi dalam kondisi terlentang

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan pusar bayi 4 bulan adalah dengan memposisikan tubuh bayi secara tepat. Posisi terbaik untuk membersihkan bagian pusar bayi adalah dengan terlentang tepat dihadapan ibu dimana bayi berada diantara kedua kaki ibu. Sebelum memulai membersihkan pusat bayi tersebut, pastikan bayi dalam posisi yang tenang dan tidak rewel. Bayi yang kurang tenang dan rewel atau terlalu banyak bergerak bisa jadi dapat menyebabkan proses pembersihan memicu luka pada bayi yang tidak disangka.

4. Bersihkan pusar bayi secara perlahan

Jika semua sudah siap, mulailah membersihkan pusar bayi usia 4 bulan tersebut secara perlahan. Jangan terlalu menekan bagian pusar bayi ketika membersihkannya, cukup dengan menggunakan cotton bud dan air secara perlahan saja. Bagian pusar bagi tidak perlu terlalu bersih yang penting tidak ada kotoran yang mencolok di dalamnya. Dalam membersihkan pusar bayi, bahan yang paling baik adalah sabun khusus bayi dan air tanpa harus menambahkan alkohol. Penambahan alkohol bisa jadi dapat menyebabkan iritasi pada bagian pusar dan kulit perut dari bayi tersebut. Manfaat minyak kelapa vco untuk bayi dapat digunakan sebagai bahan alami pembersih pusar ketimbang alkohol.

5. Cara membersihkan pusar bayi 4 bulan ketika masih ada tali pusar

Beberapa bayi dengan usia 4 bulan terkadang masih memiliki tali pusar yang belum lepas. Setiap bayi memang memiliki waktu pelepasan tali pusar yang beragam. Selagi tidak ditemukan adanya tanda bahaya dari tali pusar yang belum lepas pada bayi 4 bulan tersebut, tidak menjadikan masalah yang berarti. Ibu perlu menggunakan cara yang sedikit berbeda ketika akan membersihkan pusar yang masih ada talinya tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkan pusar yang masih ada tali pusarnya diantaranya seperti :

  • Jangan memaksakan untuk melepas tali pusar karena dapat menyebabkan munculnya luka pada pusar bayi. Tali pusar secara alami akan kering dan lepas dengan sendirinya.
  • Bersihkan bagian luar dari pusar saja tidak perlu sampai ke dalamnya mengingat pada pusar masih ada tali yang menghalangi.
  • Pada kasus ini, alkohol dibutuhkan untuk membersihkan bagian tali pusar namun jangan berlebihan menggunakannya. Lakukan cara merawat tali pusar bayi dengan benar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membersihkan pusar bayi 4 bulan yang benar dan tepat sehingga selain dapat membantu menjaga kebersihannya dan menghindari berbagai penyakit pada bayi juga tetap menjaga agar tidak muncul efek samping dari pembersihan pusar tersebut. Ada hal yang berbeda ketika membersihkan pusar yang masih ada tali pusarnya dan bayi yang tali pusarnya sudah lepas.