Ciri Ciri bayi tidak Bisa Melihat dan Mendengar yang Perlu Diwaspadai

Pada dasarnya kemampuan mendengar dan melihat seseorang dapat terlihat pada saat perkembangan bayi. Biasanya apa yang dilhat dan didengar oleh bayi tersebut dapat menentukan kemampuan bicara serta pendengarannya. Maka dari itu, fungsi mata dan telinga harus dijaga sejak kecil.

Akan tetapi, tidak semua bayi lahir pasti sempurna. Ada beberapa bayi yang bisa saja lahir dengan keadaan cacat atau tidak sempurna. Begitu juga dari sisi penglihatan dan pendengaran bayi. Untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri bayi yang tidak dapat melihat dan mendengar, berikut ulasannya.

Ciri bayi tidak bisa melihat

  • Mata bayi menghindari cahaya

Secara umum bayi yang baru lahir sampai usia satu bulan masih belum dapat melihat suatu objek dengan jelas. Kalaupun jaraknya hanya satu jengkal orang dewasa pun juga tetap saja bayi masih belum begitu jelas. Meskipun begitu, bayi yang usianya sekitar 1-9 bulan dapat melihat cahaya meskipun masih samar-samar.

Cobalah Anda dekatkan bayi dengan benad-benda yang menyilaukan seperti lampu, handphone, dan berbagai benda bercahaya lainnya. Janganlah terlalu dekat juga karena yang kita fokuskan adalah reaksi bayi saat melihat benda bercahaya. Jika mata bayi justru tidak fokus pada benda bercahaya yang kita gerakan, maka bisa jadi mata bayi mengalami gangguan.

  • Tidak dapat menatap wajah orang tua

Saat bayi sudah dapat melihat dengan jelas, dia akan selalu memandangi benda apapun di sekitarnya. Hal ini juga termasuk wajah kedua orang tuanya. Cobalah Anda iseng-iseng dekatkan wajah bayi dan lihat reaksinya. Bayi yang matanya sehat akan terus memandangi wajah Anda kemana pun Anda bergerak.

Sebaliknya, mata bayi yang tidak sehat justru tidak akan fokus memandangi wajah Anda. Saat wajahnya didekatkan dengan Anda, reaksinya justru lebih banyak berpaling. Jadi bisa dikatakan bayi akan lebih banyak memalingkan wajahnya dan melihat kemanapun.

  • Tidak mengikuti benda yang bergerak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bayi yang sudah dapat melihat akan tertarik dengan benda-benda yang baru ditemuinya. Tidak hanya benda, orang-orang yang baru dilihatnya pun akan terus dipandangi. Oleh  sebab itu, jika bayi justru tidak sering melihat benda-benda sekitar atau tidak mengikuti arah benda yang bergerak, maka bisa jadi bayi sedang ada masalah pada bagian penglihatannya.

  • Tidak bisa membedakan wajah orang tuanya

Bayi yang sudah tumbuh besar sudah dapat mengenal wajah orang-orang yang sering ditemuinya. Contohnya saja wajah orang tua, saudara, dan orang-orang yang sering bertemu dengannya. Biasanya bayi yang memiliki penglihatan sehat akan mengenai wajah-wajah orang yang sering bersamanya. Cirinya adalah bayi tidak akan menangis dan nyaman saat digendong orang tersebut. Sebaliknya, jika bayi sering kaget dan menangis saat digendong oleh orang yang akrab bahkan orang tuanya sendiri maka ada yang tidak beres dengan mata bayi tersebut.

Ciri bayi tidak dapat mendengar

  • Bayi tidak kaget saat mendengar suara keras

Ciri paling mudah jika bayi tidak dapat mendengar adalah bayi tidak kaget saat ada suara keras. Umumnya, bayi yang memliki sistem pendengaran yang bagus akan merasakan kaget atau minimal bereaksi jika mendengar suara asing yang volumenya besar. Untuk itu, jika bayi tidak merespon sama sekali, cobalah Anda cek kondisi bayi.

  • Tidak ada respon saat mendengar musik

Bagian ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya bahwa bayi tidak bereaksi apapun saat ada suara musik. padahal suara musik dapat merangsang pendengaran anak agar terlatih dan sistem pendengarannya menjadi lebih baik. Akan tetapi, jika reaksi bayi justru biasa saja, Anda patut waspada gejala gangguan pendengaran pada bayi.

  • Tidak ada variasi suara dari bayi

Bayi dapat berbicara karena banyak mendengarkan. Berbagai kosa kata yang diserap oleh otak bayi membuat dia memahami apa saja kata-kata yang dikeluarkan. Hal tersebut akan sulit dilakukan jika bayi tidak bisa mendengar. Akibat dari bayi yang tidak mampu mendengar adalah sulit berbicara. Bahkan saat usia bayi sudah mencapai beberapa tahun  masih belum dapat berbicara merupakan hal yang tidak wajar. Oleh karena itu, jika bayi masih tidak dapat berbicara, kemungkinan besar masalahnya ada di bagian pendengaran.

  • Tidak mau mencari sumber suara

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bayi memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Jika ada sesuatu yang menarik, unik dan baru diketahui pertama kali, maka bayi akan penasaran dengan benda unik tersebut. Dalam kasus suara, jika ada suara asing yang baru pertama kali didengarnya, bayi yang normal akan mencari sumber suara. Sebaliknya, bayi yang tidak mampu mendengar justru tida peduli dengan suara yang datang.

Itulah ciri-ciri bayi tidak bisa melihat dan mendengar yang perlu diwaspadai. Anda bisa pelajari apa saja penyakit mata pada bayi dan cara menanggulanginya dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.