11 Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula Sejak Lahir

Tidak hanya memberikan ASI saja ya bunda, ketika usia sang buah hati sudah semakin besar maka bunda akan berpikiran untuk memberikan susu formula. Susu formula merupakan pengganti ASI setelah bunda selesai memberikan ASI kepada bayi sampai usianya 6 bulan. Namun sebelum bunda memberikan susu formula, apakah bunda tahu jika ternyata susu formula pada bayi itu tidak selalu cocok dengannya? Bisa jadi karena memang merk susu formula itu tidak cocok bagi tubuhnya atau karena bisa saja karena bayi mengalami alergi atau intoleran pada laktosa yang ada pada susu formula. Supaya bunda tahu apakah bayi cocok tidaknya dengan susu formula maka kali ini kami memberikan informasi kepada bunda mengenai tanda bayi tidak cocok susu formula. Simak ulasan berikut ini.

  1. Ruam pada kulit

Gejala pertama jika bayi ini mengalami ketidakcocokan dengan susu formula yang Anda berikan. Maka bayi kita akan mengalami gejala umum yaitu mengalami ruam pada kulitnya, ada bentol-bentol merah, dan pada umumnya si bayi akan terlihat tidak nyaman dan cenderung menggaruk-garuk sisi tangannya. Jika bayi sudah seperti ini, artinya ia mengalami ketidakcocokan dengan susu itu bunda. Bisa saja dia mengalami alergi laktosa yang gejalanya bisa bunda ketahui dari gejala alergi susu sapi pada bayi. Jika bayi mengalami ruam pada kulit maka hentikan segera konsumsi susu formulanya.

  1. Diare

Ciri yang kedua jika bayi tidak cocok dengan susu formula adalah ia akan mengalami diare, jika bayi mengalami diare maka bunda harus tahu penyebab diare pada bayi. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena pencernaan bayi tidak cocok dengan susu formula yang diberikan. Hal ini karena mungkin pencernaan bayi tidak bisa mengolah kandungan yang ada di dalam susu formula yang bunda berikan. Sehingga fesesnya akan menjadi encer atau lebih lembek daripada biasanya bahkan menjadi diare. Jika anak sudah diare maka bunda harus menghentikan susu formula sementara dan ketahuilah cara mengatasi diare pada bayi sehingga tak membuatnya sampai dehidrasi.

  1. Rewel dan menangis terus

Tanda bayi tidak cocok susu formula yang ketiga adalah bayi kita akan menjadi rewel dan menangis terus-terusan. Bayi masih belum bisa berbicara dengan jelas, oleh karena itu cara mereka berkomunikasi dengan orangtuanya hanyalah dengan menangis. Ketika tubuh mereka tidak cocok dengan susu formula itu maka bisa saja mereka mengalami yang namanya tidak enak badan karena gejala yang timbul dari ketidakcocokan susu formula itu. Akhirnya si bayi menjadi rewel dan menangis terus.

  1. Pilek

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah hubungannya pilek dengan bayi yang tidak cocok dengan susu formula? Namun pada umumnya bayi yang tidak cocok dengan susu formula tertentu entah karena alergi laktosa atau karena hanya tidak cocok dengan merknya saja akan menunjukkan gejala alergik seperti misalnya pilek. Ketika bayi Anda pilek curigai ia tidak cocok dengan susu formula yang Anda berikan.

  1. Muntah

Bayi yang tidak cocok dengan susu formula mungkin bisa saja karena ia memang alergi dengan susu formula atau susu sapi. Biasanya bisa terjadi karena pencernaan mereka belum siap dengan menerima susu formula. Biasanya bayi akan mengalami gangguan pencernaan bunda, selain mengalami diare maka bayi bisa saja memuntahkan kembali susu formula yang sudah masuk ke dalam tubuhnya. Hal itu karena pencernaan tidak bisa menerima atau mungkin belum siap, jadi jika bayi sering mengalami muntah habis minum susu formula maka bunda bisa mencoba untuk menghentikan dulu untuk memberikan susu formula tersebut kepada buah hati. Supaya lebih pasti maka bunda harus mengtahui dahulu penyebab bayi sering muntah sehingga tahu apakah memang disebabkan karena ketidakcocokan susu formula.

  1. Gangguan pernapasan

Yang keenam adalah gangguan pernapasan, tanda jika bayi mengalami ketidakcocokan susu formula tidak hanya bisa ditunjukkan melalui gejala seperti misalnya gangguan pencernaan saja. Namun si bayi juga bahkan bisa mengalami gangguan pada pernapasannya bunda. Jika bayi Anda tidak cocok dengan susu formula yang Anda berikan maka ia bisa mengalami gangguan pernapasan seperti misalnya sering terbatuk, sesak napas, kesulitan bernapas, bahkan bisa mengalami anafilaksis yang harus segera mendapatkan pertolongan dari medis.

  1. Berat badan sulit naik

Umunya bayi yang diberikan susu formula akan menjadi mudah gemuk atau mudah naik berat badan. Jika bayi diberikan susu formula menjadi mudah gemuk maka artinya ia cocok dengan susu formula tersebut. Salah satu tanda jika bayi tidak cocok dengan susu formula yang Anda berikan adalah berat badannya yang sulit untuk naik. Mungkin bayi tidak cocok dengan merk susu formula yang Anda berikan saat ini dan Anda bisa mengganti susu formula dengan merk yang lainnya ya bunda.

  1. Kolik

Tanda yang selanjutnya jika bayi Anda tidak cocok dengan susu formula yang diberikan adalah ia yang mengalami kolik. Kolik adalah nyeri pada perut dan gejalanya biasanya bayi akan menangis tanpa henti sampai berjam-jam. Inilah salah satu tanda jika bayi tidak cocok dengan susu formulanya. Ketahuilah juga mengenai penyebab kolik pada bayi sehingga bunda lebih tahu mengenai kolik pada bayi secara pasti.

  1. Pembengkakan

Ciri yang kesembilan adalah si bayi akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuhnya. Itu merupakan salah satu tanda jika ia tidak cocok dengan susu formula. Biasanya pembengkakan terjadi pada beberapa bagian yaitu di bibir, wajah, dan juga sekitar mata bayi. Pembengkakan ini terjadi juga biasanya disertai dengan munculnya gejala lain.

  1. BAB berdarah

Untuk bayi yang mengalami tidak cocok dengan susu formulanya maka bisa saja ia mengalami gejala BAB Berdarah, hal ini karena susu formula yang Anda pilih mungkin saja tidak cocok dengan sistem pencernaannya bunda. Jadi lihat BAB si kecil juga ya bunda, jika ada seperti darah maka mungkin tidak cocok dengan susu formula yang Anda berikan. Jadi stop untuk memberikan susu formulanya dulu kemudian bunda bisa konsultasi ke dokter anak jika BAB berdarahnya masih tidak selesai dalam beberapa hari.

  1. Perut kembung

Gejala yang terakhir adalah buah hati bunda bisa mengalami perut kembung ketika tidak cocok dengan susu formulanya. Jika bayi mengalami gejala-gejala yang sudah kami sebutkan di atas, muka bunda bisa cek apakah perutnya kembung atau tidak? Jika perutnya kembung maka artinya bayi mengalami ketidakcocokan karena susu formulanya. Bisa jadi ia mengalami tidak cocok pada merk tertentu atau mungkin karena alergi terhadap laktosa.

Nah itu dia bunda tanda bayi tidak cocok susu formula yang bisa bunda perhatikan. Jika sang buah hati sudah mengalami gejala-gejala yang kami sebutkan di atas maka jangan sampai membiarkannya saja ya bunda, karena bisa berbahaya bagi si bayi. Semoga artikel ini bermanfaat!