13 Ciri Kolesterol Tinggi Pada Ibu Hamil Muda dan Tua

Kesehatan merupakan sesuatu yang perlu dijaga khususnya bagi ibu hamil, kondisi kesehatan yang buruk tentu akan mempengaruhi kondisi si jabang bayi di dalam perut nantinya, penyakit kolesterol adalah penyakit yang rentan terkena pada ibu hamil, biasanya penyakit ini terjadi pada awal-awal kehamilan hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon saat kehamilan masuk ke dalam trimester pertama, penyakit kolesterol juga bahkan dapat menjadi pemicu dari munculnya penyakit jantung, untuk itu ibu perlu mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi pada ibu hamil yang perlu diwaspadai. Berikut penjelasannya

  1. Sakit kepala

Sering merasa sakit kepala merupakan ciri awal dari munculnya kolesterol tinggi pada ibu hamil, apabila kolesterol tinggi terjadi pada ibu hamil pembuluh darah akan mengalami pengerasan, hal ini lah yang menjadikan ibu merasa sering sakit kepala, bahkan bisa terjadi secara terus menerus.

  1. Rasa berat pada tengkuk leher

Ciri awal yang sangat mudah terjadi pada ibu hamil selain rasa sakit kepala adalah ibu selalu merasa sakit dan berat pada bagian tengkuk kepala, hingga rasa pegal pada pundak. Hal ini terjadi dikarenakan oksigen yang dibutuhkan oleh ibu menjadi tidak maksimal, dikarenakan kolesterol yang tinggi mengakibatkan penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah.

  1. Mudah merasa lelah

Kolesterol yang tinggi biasanya mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah dan hal ini bisa terjadi pada berbagai titik dan kemungkinan ibu merasa sangat sakit dan sangat lelah, meski ibu sudah beristirahat cukup lama namun perasaan lelah tersebut tetap sulit hilang sehingga tentu saja ibu menjadi merasa sangat tidak nyaman.

  1. Mudah mengantuk

Ciri berikutnya yang perlu ibu waspadai adalah ibu mudah sekali merasa mengantuk, hal ini terjadi karena suplai oksigen ke dalam otak menjadi tidak memadai dan maksimal dikarenakan penyumbatan yang terjadi pada aliran darah dan bertambahnya lemak secara terus menerus sehingga menyumbat oksigen mengalir dengan baik ke otak, untuk itu apabila ibu selalu merasa mengantuk di pagi hari dan terjadi secara terus menerus perlu dicurigai adanya penyakit kolesterol yang menimpa ibu hamil

  1. Merasa sering kesemutan

Meski gejala kesemutan ini hampir dirasakan oleh semua orang yang memiliki masalah kolesterol, namun hal ini akan lebih sering terjadi pada ibu hamil, hal ini juga disebabkan karena suplay oksigen yang tidak dapat tersebar dengan baik dan pembuluh darah yang tersumbat pada beberapa titik sehingga hal ini lah yang menjadi penyebab kesemutan pada ibu hamil, untuk itu perlu diwaspadai apabila ibu selalu merasa kesemutan, ini juga bisa diakibatkan dari kurang begeraknya ibu karena merasakan berat pada kehamilannya.

  1. Nyeri pada bagian dada

Menumpukya lemak pada pembuluh darah arteri yang masuk ke jantung menjadi tersumbat sehingga dapat menyebabkan nyeri pada bagian dada ibu, hal ini juga terjadi pada beberapa ibu hamil yang sering mengkonsumsi makanan tidak sehat sehingga dapat menimbulkan kolestrol yang tinggi pada ibu. Beberapa ibu juga biasanya  memiliki nafsu makan yang kurang terkontrol sehingga akan sangat mudah terkena kolesterol tinggi.

  1. Sesak nafas

Sama seperti hal nya rasa nyeri pada dada karena penumpukan arteri yang menyebabkan sulitnya jantung yang tidak dapat berfungsi dengan sempurna sehingga kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen menjadi sangat terbatas, biasanya dada sesak saat hamil ini terjadi pada ibu hamil dengan kondisi yang sudah sangat parah, untuk itu sebaiknya ibu segera melakukan pencegahan agar tidak mengganggu kehamilan ibu.

  1. Rasa Kram

Sebenarnya gejala kram juga hampir sama dengan kesemutan pada ibu hamil, biasanya kondisi ini terajadi pada ibu hamil yang menderita kolesterol sangat tinggi hal ini terjadi akibat tersumbatnya dari pembuluh darah yang dapat menghubungkan antara sendi, untuk itu sebaiknya ibu hamil selalu menjaga kesehatan dengan rajin melakukan olahraga untuk ibu hamil dengan teratur setiap harinya meski dalam intensitas ringan.

  1. Kurangnya keseimbanagan pada ibu hamil

Ibu hamil yang memiliki penyakit kolesetrol tinggi umumnya akan sulit untuk menjaga keseimbangan tubuhnya, saat berjalan bisa saja ibu tiba-tiba terjatuh pingsan tanpa adanya sebab apapun, untuk itu perlu diwaspadai terjadinya gejala koleseterol tinggi pada ibu, sebaiknya ibu segera menemui dokter untuk kasus ini karena dikhawatirkan dapat membahayakan ibu dan juga janin yang dikandung.

  1. Rasa sakit pada tangan dan juga kaki

Ciri lainnya adalah ibu sering merasa sakit pada tangan dan juga kaki, hal ini bisa menjadi sebuah gejala dari kolesterol yang tinggi karena penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada ibu hamil dan dikarenakan ibu yang yang selalu beraktivits sehingga menyebabkan selalu merasa sakit pada bagian tangan dan kakinya, sebaiknya dalam hal ini ibu jangan terlalu sering melakukan kegiatan atau aktivitas yang berat, demi untuk menjaga kondisi janin yang dikandungnya.

  1. Sakit pada punggung

Pada bebarapa ibu hamil biasanya ciri kolesterol tinggi dapat juga diarasakan sakit punggung yang sangat luar biasa, hal ini terjadi karena penyumbatan pada aliran darah dan juga penumpukan lemak pada bagian pundak ibu sehingga darah yang mengalir ke bagian belakang tubuh ibu menjadi tidak normal seingga ibu seringkali merasakan rasa nyeri pada bagian punggung.

  1. Emosi yang tidak stabil

Emosi yang tidak stabil juga bisa dijadikan ciri-ciri dari ibu yang terkena kolesterol tinggi, karena perubahan hormon yang terjadi saat ibu hamil disertai dengan rasa sakit pada bagian titik-titik tubuh menjadikan ibu seringkali merasa perubahan emosi pada dirinya untuk itu perlu diwaspadai juga apabila ini merupakan ciri dari kolesterol yang tinggi pada ibu hamil.

  1. Mudah lelah

Ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi biasanya juga sangat mudah lelah. Penyebab ibu hamil cepat lelah biasanya memang karena kondisi kehamilan. Tapi jika kadar kolesterol sangat tinggi maka bisa terjadi karena suplai oksigen dalam darah tidak memenuhi kebutuhan tubuh dan janin. Kemudian ini juga bisa menghambat sirkulasi darah karena mungkin saja kolesterol tinggi sudah menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah ke jantung dan bagian tubuh lain yang sangat penting untuk tubuh ibu dan janin.

Jadi seperti inilah semua ciri kolesterol tinggi pada ibu hamil muda dan tua yang harus diwaspadai oleh semua ibu hamil. Terlebih jika ibu juga mengalami obesitas yang bisa menyebabkan bahaya obesitas bagi ibu hamil dan janin. Jadi penting bagi semua ibu hamil untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh. Suplemen dan makanan yang sehat juga bisa membuat tubuh ibu hamil lebih sehat sehingga ikuti terus semua cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil sampai melahirkan.