Jam Berapa Ibu Hamil Boleh Tidur Pagi ?

Bagi para ibu hamil tentu saja ada banyak tantangan atau halangan yang harus dihindari. Agar sang janin tetap sehat dan juga tumbuh dengan baik. Biasanya para ibu memang mengusahakan untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang. Baik karena mitos ataupun yang dilarang oleh dokter seperti Bahaya Ibu Hamil Yang Tidur Di Lantai Sehingga Perlu DihindariBolehkah Ibu Setelah Melahirkan Tidur Siang Sebagai Mitos Di Masyarakat? dan lainnya.

Salah satu mitos yang paling banyak berkembang adalah bahwa ibu hamil tidak boleh tidur di pagi hari. Sebenarnya bagaimana ketentuan atau proses yang seharusnya di pahami oleh seorang ibu ? Terutama bagi anda ibu baru. Langsung saja akan kita bahas berikut ini.

Kecemasan Menyebabkan Sulit Hamil

Beberapa ibu hamil biasanya disarankan untuk tidak tidur pagi. Walaupun anda merasa sangat mengantuk dan mungkin lelah. Hal tersebut dikarenakan akan berbahaya untuk si kecil yang di ada di dalam perut. Sebenarnya menurut National Sleep Foundation hingga 78% ibu melakukan laporan dimana mereka mengalami gangguan tidur selama kehamilan.

Hal tersebut terjadi akibat adanya perubahan fisik yang dapat mengganggu kualitas tidur sehingga membuat ibu merasa sulit tidur dan mengalami level kecemasan pada malam harinya terutama menjelang si bayi lahir maka kecamatan tersebut akan sangat tinggi.

Menjawab pertanyaan atau mitos yang sering kali ditanyakan bagaimana jika ibu hamil tidur dalam pagi hari. Sebenarnya tidak ada penelitian yang menjelaskan ketentuan tersebut ketakutan akan adanya peningkatan sel darah putih, serta dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Mitos tidak tidur pagi, merupakan hal yang bisa ditakuti oleh para ibu hamil baru. Namun hal tersebut seringkali membuat banyak orang percaya, bahwa ibu hamil sebaiknya tidak tidur.  Justru sebaliknya ibu hamil akan mengalami dampak yang buruk apabila mengalami kekurangan tidur.

Waktu Tidur Ibu Hamil

Sebenarnya bagi ibu hamil yang merasakan waktu kurang tidur, terutama ketika malam hari begadang dan mengalami kecemasan. Tidak ada masalah apabila anda harus tidur pagi hal tersebut. Mungkin akan mengganggu kondisi fisik anda ataupun perasaan kurang tidur yang beralih pada bentuk lain. Seperti mual dan muntah. Namun sebenarnya para ibu hamil diperbolehkan untuk tidur pagi hari bhakan mulai dari jam 7 pagi. Ada beberapa jam yang harus ditentukan untuk para ibu agar bisa beristirahat setelah mengalami gangguan tidur.

Artikel terkait :

Jadwal pertama yang harus diketahui oleh para ibu hamil yaitu pada trimester pertama. Berkat adanya progesteron dan juga peningkatan hormone. Biasanya ibu mudah sekali mengantuk terutama jika menginjak usia kehamilan 0-12 bulan. Tidur siang sangat dianjurka,n namun tidak boleh tidur melebihi jam 4 sore.

Karena akan membuat anda sulit untuk tidur di malam hari. Apabila merasa mual di malam hari atau di pagi hari simpan beberapa biskuit dan juga air putih. Jika mual yang dirasakan terlalu parah maka anda bisa meminta saran dari dokter kandungan.  Namun tidak ada larangan tidur pagi. 

  • Trimester Kedua

Selanjutnya trisemester kedua dimana tidur akan sering terganggu karena adanya potensi buang air kecil yang sangat sering.  Selain itu anda juga akan merasakan kandung kemih yang terlalu penuh dan tertekan. Sehingga menyebabkan anda tidak terlalu banyak meminum air.

Apabila anda sudah merasakan adanya kontraksi palsu dan berusaha untuk tidur kembali, namun tidak bisa. Cobalah untuk minum air susu hangat dan menggunakan aromaterapi untuk menenangkan badan. Kram kaki juga sering kali muncul dan terjadi pada malam hari. Sehingga bagi para ibu yang sedang hamil trimester kedua tidak ada masalah. Apabila ingin tidur di pagi hari akibat banyaknya gangguan tidak bisa tidur di malam hari.

  • Trimester Ketiga

Selanjutnya adalah para ibu hamil yang sudah memasuki atau sudah menapaki trimester ketiga. Di sini para ibu sering kali merasa terbangun untuk buang air kecil. Karena kandung kemih semakin tertekan dan juga rasa sakit pada bagian perut. Ditambah lagi posisi yang sudah tidak nyaman untuk tidur atau beristirahat. Posisi tidur setelah melahirkan sendiri sudah diatur, seperti 3 Posisi Tidur Yang Baik Setelah Melahirkan Normal Dan Caesar.

Karena anda tidak bisa berguling ke kiri atau ke kanan. Jika sudah seperti ini cobalah untuk menyediakan oksigen kalengan setiap saat. Agar terhindar dari rasa sesak dan juga masalah ketika tidur jika sudah seperti ini. Maka tidak ada masalah apabila anda memang menghabiskan waktu di pagi hari untuk beristirahat ataupun untuk tidur. Dengan mengganti waktu istirahat yang sudah hilang karena adanya rasa mual dan juga sakit pada bagian perut.