Penyebab Miss V Nyeri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengatasinya

Kehamilan yang terjadi pada ibu hamil dapat menyebabkan berbagai macam bentuk perubahan baik secara fisik maupun psikis. Meskipun perubahan yang terjadi tersebut merupakan kondisi yang normal akibat penyesuaian tubuh terhadap proses kehamilan yang berlangsung pada tubuh ibu hamil, lebih tepatnya di dalam rahim. Munculnya perubahan yang terjadi pada ibu hamil tersebut menjadi salah satu faktor yang akan dilihat sebagai salah satu tanda kehamilan yang menunjukan apakan perkembangan janin dalam kondisi yang normal.

Selama mengalami proses kehamilan, ada berbagai macam bentuk perubahan pada tubuh ibu hamil yang sangat umum dirasakan terutama di awal kehamilan. Beberapa gejala hamil muda yang biasa dirasakan oleh ibu hamil diantaranya seperti mual dan muntuh atau dalam istilahnya disebut dengan morning sickness, nyeri pada perut bawah, perubahan mood, rasa yang tidak nyaman pada bagian payudara, dan lain sebagainya. Kondisi perubahan pada fisik ibu hamil tentu akan berubah seiring dengan penambahan usia kandungan.

Salah satu keadaan yang juga dapat terjadi pada ibu hamil adalah munculnya kondisi miss V nyeri saat hamil muda. Adanya nyeri saat hamil muda tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik dalam proses kehamilan. Keadaan nyeri pada ibu hamil memang bisa jadi terjadi secara normal akibat adanya proses di dalam rahim. Untuk lebih memahaminya dengan baik, berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab miss V nyeri saat hamil muda dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

1. Implantasi

Kondisi nyeri vagina pada hamil muda memang kerapkali masih dianggap sebagai kondisi yang normal meskipun secara penyebabnya tetap harus didiagnosis terlebih dahulu. Penyebab pertama yang dapat menjadikan seorang ibu hamil merasakan adanya nyeri pada bagian miss V nya adalah karena proses implantasi. Implantasi merupakan proses dimana sel telur yang telah berhasil dibuahi oleh sel sprema dalam tahapan sebelumnya melakukan proses penempelan di dinding rahim. Penenpelan tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman di bagian rahim yang bisa menjalar hingga Vagina. Nyeri menjadi salah satu tanda awal kehamilan tanpa flek darah.

2. Perkembangan janin

Jika implantasi menjadi penyebab yang terjadi pada awal awal kehamilan, maka kondisi lain yang juga dapat menjadi salah satu alasan mengapa miss V dari seorang ibu hamil terasa sakit dalah karena perkembangan janin. Berbeda dengan proses implantasi yang hanya terjadi di awal kehamilan, kondisi perkembangan janin dapat menyebabkan seorang ibu hamil mengalami rasa nyeri dan penekanan pada vagina yang akan semakin terus terasa seiring dengan usia kehamilan dimana janin akan terus tumbuh lebih besar.

3. Kondisi berbahaya pada ibu hamil

Selain keadaan normal yang disebutkan diatas, ibu hamil tetap perlu memperhatikan dengan baik ketika kondisi miss V nyeri saat hamil muda muncul. Hal ini dikarenkan adanya keadaan berbahaya yang dapat menjadi penyebabnya terutama ketika ada gejala tambahan seperti pendarahan yang cukup deras. Resiko keguguran dapat terjadi pada ibu hamil dengan tanda tanda tersebut atau bisa jadi adanya kondisi perkembangan janin yang tidak normal maupun adanya infeksi pada vagina termasuk kondisi vagina kering yang terjadi akibat perubahan hormon pada ibu hamil.

Cara Mengatasi Miss V Nyeri Saat Hamil Muda

Seperti dalam penjelasan diatas, kondisi nyeri pada bagian miss V ibu hamil tentu akan menyebabkan kondisi yang tidak nyaman bahkan cenderung sakit. Untuk dapat mengatasi kondisi nyeri atau sakit pada bagian miss V ibu hamil tersebut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan diantaranya sebagai berikut :

  • Periksakan kondisi kehamilan, pemeriksaan tersebut diperlukan untuk memastikan bahwa kondisi kehamilan yang sedang di jalani oleh ibu hamil berlangsung dengan aman dan lancar terutama pada awal kehamilan. Ketika muncul keadaan yang dirasa tidak normal maka berkonsultasi dengan dokter maupun bidan merupakan langkah pencegahan yang harus selalu langsung diambil untuk menghindari kondisi berbahaya.
  • Istirahatkan tubuh, rasa nyeri yang kuat pada vagina tentu harus diatasi dengan mengistirahatkan tubuh dan tidak melakukan aktivitas sementara. Melalui istirahat mungkin kondisi nyeri dapat berangsur angsur pulih. Saat beristirahat, ibu hamil dapat mengkonsumis teh hangat untuk memberikan efek relaksasi.
  • Berendam di air hangat, cara lainnya yang juga dapat dilakukan untuk mengatasi vagina yang sakit pada awal kehamilan adalah dengan berendam di air hangat. Jika kondisi tersebut tidak mungkin dilakukan maka dapat diganti dengan mengkompres bagian yang sakit menggunakan air hangat.
  • Pijat, salah satu aktivitas relaksasi tubuh yang juga dapat membantu mengatasi rasa nyeri di bagian vagina ibu hamil adalah dengan pijat. Pijat pada awal kehamilan tidak boleh dilakukan sembarangan mengingat tingginya resiko keguguran.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab munculnya kondisi miss V nyeri saat hamil muda yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap ibu hamil serta beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi rasa sakit yang terkadang menyebabkan keadaan menyiksa dan tidak nyaman.