3 Aktivitas Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Kehamilan merupakan kondisi fisiologis yang pastinya diinginkan oleh hampir semua wanita yang telah melakukan pernikahan resmi. Namun mendapatkan proses kehamilan tersebut bukanlah perkara yang mudah dikarenakan meskipun ada beberapa wanita yang tanpa usaha lebih dapat langsung memperolehnya. Beberapa wanita lain perlu melakukan berbagai macam usaha yang berat serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit juga seperti contohnya program bayi tabung maupun inseminasi buatan.

Karena berat dan kecilnya peluang seorang wanita untuk dapat hamil tersebut menjadikan para wanita yang telah mendapatkan kehamilan harus senantiasa berupaya untuk menjaga agar kehamilan selalu dalam kondisi yang sehat serta normal. Setiap ibu hamil akan secara alamiah melakukan berbagai macam usaha untuk menjaga agar kondisi kesehatan dan perkembangan janin selalu dalam keadaan yang baik dan normal. Berbagai usaha tersebut mulai dari mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil sampai dengan mengkonsultasikan kondisi fisik dan perkembangan kehamilannya tersebut secara rutin kepada dokter kandungan maupun tenaga medis lain seperti bidan.

Selain melakukan berbagai hal diatas, seorang ibu hamil juga akan menghindari berbagai macam kegiatan atau aktivitas yang dapat memberikan pengaruh terhadap kondisi kehamilannya serta berdampak menimbulkan gangguan kehamilan. Beberapa hal atau aktivitas yang berbahaya terhadap kehamilan tersebut akan dijelaskan dalam artikel ini sebagai informasi yang wajib dipahami oleh ibu hamil terutama pada awal kehamilannya atau ketika dalam kondisi hamil muda. Berikut ini beberapa aktivitas  yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda tersebut.

  • Mengkonsumsi makanan tertentu

Pada awal masa kehamilan atau di usia hamil muda, seorang ibu hamil harus benar benar menjaga berbagai bentuk aktivitasnya karena kondisi kandungan masih sangat lemah dan memiliki peluang besar untuk mengalami keguguran. Oleh sebab itu, ibu hamil harus secara serius menghindari berbagai aktivitas yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda terutama terkait dengan pantangan makanan ibu hamil yang diantaranya seperti :

  1. Mengkonsumsi makanan mentah, karena bisa jadi makanan mentah yang dikonsumsi masih memiliki bakteri jahat yang dapat menginfeksi tubuh ibu hamil.
  2. Mengkonsumsi alkohol atau minuman keras dan menghisap rokok, meskipun kebiasaan tersebut sudah sering dilakukan sebelum hamil karena alkohol dan rokok sering kali menjadi penyebab keguguran yang paling utama.
  3. Minum kopi yang terlalu banyak, karena kopi dapat mengalir hingga kebagian janin sehingga sangat membahayakan kondisinya.
  4. Makanan hasil fermentasi, karena makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi akan menghasilkan alkohol yang berdampak buruk pada kehamilan.
  5. Makanan lainnya, seperti daging berlemak tinggi, sayur nangka, makanan yang rasanya terlalu pedas, kerang, keju, makanan yang terlalu manis dan mengandung pemanis buatan, daging kambing, nanas, durian, pepaya muda, dan beberapa bahan makanan lainnya.
  • Ibu hamil melakukan aktivitas yang berat

Aktivitas yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda selanjutnya adalah berbagai macam kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai aktivitas kasar dan berat. Kondisi aktivitas yang berat dapat memberikan dampak kepada kondisi kandungan ibu hamil yang masih lemah dan bisa jadi menimbulkan kondisi keguguran. Beberapa contoh aktivitas berat yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil diantaranya :

  1. Mengangkat beban berat terlalu sering
  2. Naik turun tangga dengan cepat yang terlalu sering
  3. Mengepel lantai terutama dengan posisi tubuh yang condong kedepan
  4. Mengendarai alat transportasi dalam jarak tempuh yang sangat jauh
  5. Berdiri dalam waktu yang terlalu lama
  • Mengkonsumsi obat obatan secara sembarangan. 

Aktivitas lainnya yang juga perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil muda untuk menghindari berbagai macam pengaruh buruk terhadap kehamilannya yakni terkait dengan konsumsi obat obatan. Selama kehamilan berbagai gejala hamil akan selalu terjadi dan sering kali menganggu serta menimbulkan rasa nyeri maupun sakit yang cukup kuat pada tubuh ibu hamil. Selain itu, kondisi tubuh ibu hamil muda yang sangat rentan akan lebih mudah mengalami sakit tertentu. Karena hal tersebut ibu hamil biasanya banyak yang tidak memperhatikan obat obatan yang akan di konsumsi untuk mengatasi rasa sakit yang di deritanya.

Beberapa obat munckin bisa jadi memang cukup aman namun ada beberapa obat lainnya yang juga berbahaya bagi kehamilan sehingga setiap ibu hamil perlu tau dan perlu mewaspadainya. Sebelum mengkonsumsi obat obatan tertentu, sebaiknya ibu hamil melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis seperti dokter kandungan, bidan, apoteker, dan lainnya terkait dengan boleh atau tidaknya mengkonsumsi obat dan obat jenis apa yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi penyakit yang diderita selama kehamilan. Contohnya obat pusing saat hamil yang paling aman dan tidak menimbulkan dampak pada kehamilan.

Itulah tiga aktivitas besar yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil terutama yang masih memiliki usia awal kehamilan atau seringkali disebut sebagai hamil muda. Menjaga berbagai macam aktivitas yang dijalani ibu hamil memang sangat penting mengingat kondisi tubuhnya yang mengalami perubahan dan masih rentan terhadap berbagai macam penyakit maupun gangguan kehamilan lainnya.