Contoh Kehamilan Lagi Setelah Blighted Ovum Dan TIps Untuk Mendapatkannya

Menjalani kehamilan dengan sehat, lancar, dan normal merupakan salah satu hal yang diharapkan terjadi oleh setiap ibu hamil. Kondisi yang disebutkan diatas dapat menjadikan bayi yang berkembang di dalam kandungan berjalan dengan normal sesuai dengan usia kehamilan yang sedang di jalani. Selama proses kehamilan yang berlangsung kurang lebih 40 minggu tersebut tentu ada berbagai macam keadaan yang dapat menyebabkan munculnya kondisi gangguan kehamilan.

Salah satu bentuk gangguan kehamilan atau kondisi abnormal kehamilan yang dapat muncul adalah keadaan yang disebut sebagai blighted ovum. Secara definisi, blighted ovum merupakan kehamilan yang tidak mengandung embrio di dalam kantung rahimnya meskipun proses pembuahan terjadi atau yang paling mudah dikenal dengan sebutan kehamilan kosong. Kondisi kehamilan kosong tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik atau keturunan dan kelainan kromosom pada sperma maupun sel telur.

Kondisi kehamilan kosong atau blighted ovum merupakan kondisi kehamilan yang abnormal sehingga tidak ada janin yang berkembang dengan adanya tanda tanda hamil kosong dan harus berakhir dengan keguguran. Kondisi kehamilan kosong tersebut seringkali menimbulkan ketakutan pada ibu hamil akan peluang untuk mendapatkan kehamilan selanjutnya. Berikut penjelasan mengenai contoh kehamilan lagi setelah blighted ovum sehingga dapat memberikan pemahaman lebih pada ibu hamil yang pernah mengalami keadaan tersebut.

Bisakah Hamil Setelah Blighted Ovum

Hal pertama yang perlu dijelaskan dalam contoh kehamilan lagi setelah blighted ovum adalah peluang munculnya kehamilan setelah mengalami salah satu kondisi abnormal kehamilan yakni hamil kosong atau blighted ovum. Meskipun kehamilan blighted ovum disebabkan oleh adanya kelainan kromosom namun jika kondisi pembersihan dan program hamil yang dijalani berlangsung dengan baik maka peluang untuk mendapatkan kehamilan selanjut tetap ada bagi penderita riwayat BO tersebut.

Dalam prosesnya menjalani program kehamilan, perlu adanya upaya yang lebih detail dan terstruktur bagi mereka yang memiliki riwayat Bo tersebut agar dalam proses pembuahan janin dapat berkembang dengan normal tanpa mengarah lagi pada kondisi kehamilan kosong. Dalam proses pesiapan kehamilan tersebut, kedua pasangan baik istri maupun suami harus menjaga kesehatan dan lebih banyak melakukan pola hidup sehat serta menghindari minum alkohol, merokok, dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat lainnya.

Contoh Kehamilan Lagi Setelah Blighted Ovum

Ada banyak contoh kehamilan lagi setelah bligted ovum yang pernah terjadi karena memang seseorang yang memiliki riwayat kehamilan kosong tetap dapat berpeluang untuk hamil. Cerita tentang keberhasilan seseorang yang dapat hamil kembali setelah menjalani kondisi kehamilan kosong atau blighted ovum. Pada cerita yang dijelaskan tersebut tentu ada usaha dan kerja keras dibalik itu semua yang perlu dilakukan oleh setiap wanita bersama dengan pasangannya. Kemauan keras dan sikap tidak mau menyerah menjadi salah satu hal yang utama harus dimiliki dengan didukung pertimbangan dan program hamil yang jelas dalam mendapatkan proses kehamilan dengan riwayat blighted ovum.

Tips Mendapatkan Kehamilan Setelah Blighted Ovum

Seperti dalam berbagai contoh yang dapat dilihat di berbagai artikel yang ada, tentu ada beberapa saran dan usaha yang perlu dilakukan oleh wanita dengan riwayat blighted ovum agar peluang mendapatkan kehamilannya lebih besar. Berikut ini beberapa tips dan saran yang dapat dilakukan oleh setiap wanita yang menginginkan kehamilan tersebut dengan riwayat blighted ovum diantaranya seperti :

  1. Pahami penyebab dengan jelas, langkah awal yang harus dilakukan dengan baik dan dipahami dengan jelas adalah penyebab hamil kosong atau kondisi blighted ovum tersebut pada seorang wanita. Dengan mengetahui penyebab yang jelas tersebut maka wanita dapat mencegahnya dan menghindarinya dalam proses program hamil yang akan dijalani. Untuk dapat memahami penyebab dengan jelas tersebut perlu adanya konsultasi yang rutin dengan dokter. Pemeriksaan kromosom juga perlu dilakukan untuk memastikan penyebab kehamilan kosong.
  2. Kondisi rahim yang sehat, selain penyebabnya maka pada saat akan melakukan program kehamilan selanjutnya maka kondisi rahim harus dipastikan bersih dan sehat pasca terjadinya kehamilan kosong sebelumnya. Selain kondisi rahim, kondisi kesehatan wanita maupun pria serta kesehatan lingkungan sekitar juga perlu dikondisikan dengan baik.
  3. Membiasakan hidup sehat, membiasakan hidup lebih sehat dengan pola pola yang baik juga harus dilakukan oleh setiap wanita dalam menjalani program hamil demi membuka peluang yang lebih besar. Pola hidup sehat yang dimaksud tersebut diantaranya seperti menjaga asupan nutrisi ibu hamil, menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat, tidak merokok, tidak beraktivitas terlalu berat, dan lain sebagainya.
  4. Beberapa tips lainnya, selain tips yang disebutkan diatas ada  beberapa langkah lain yang perlu dilakukan diantaranya seperti imunisasi penyakit TORCH pada ibu hamil, pengawasan intensif dengan dokter, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai contoh kehamilan lagi setelah blighted ovum yang perlu diperhatikan. Fakta yang harus dipahami adalah peluang wanita yang memang tetap ada untuk mendapatkan kehamilan setelah memiliki riwayat blighted ovum atau kehamilan kosong.