3 Penyebab Ibu Hamil Sering Kembung Paling Umum

Selama masa kehamilan tentunya ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh ibu hamil. Beberapa tantangan ini adalah wujud nyata dari adanya perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil. Biasanya bagi ibu hamil yang mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan adanya kondisi baru ini akan mengalami beberapa hal yang bisa dibilang cukup tidak mengenakkan. Salah satu kondisinya adalah perut kembung. Meski memang bukan salah satu penyakit kronis tetapi kondisiini bisa dibilang tidak nyaman dan dapat mengganggu produktifitas seseorang. Pada ibu hamil kondisi ini juga bisa terjadi. Lantas apa saja penyebab ibu hamil sering kembung? Berikut ini informasinya untuk Anda.

1. Pola hidup

Perut kembung saat hamil muda memang biasa terjadi, dan salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah adanya pola hidup sehari – hari yang bisa dibilang tidak teratur. Ibu hamil yang rutin melakukan olahraga untuk ibu hamil akan jarang sekali mengalami kembung karena dengan berolahraga maka sistem pencernaan akan menjadi jauh lebih lancar. Selain itu pola makan yang teratur juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh ibu hamil. Pola makan yang baik adalah pola makan yang teratur, porsi untuk ibu hamil juga sebaiknya tidak terlalu banyak. Lebih baik makan sedikit – sedikit tetapi sering. Anggapan bahwa ibu hamil harus mengkonsumksi jumlah makanan untuk porsi dua orang adalah anggapan yang salah. Pola makan yang seperti ini hanya akan memperparah kondisi atau sistem pencernaan dalam tubuh ibu hamil.

2. Pengaruh perkembangan janin

Faktor yang menyebabkan hamil muda perut kembung sering kentut selanjutnya adalah karena adanya pengaruh perkembangan janin. Semakin bertambahnya usia kehamilan maka janin dalam tubuh ibu hamil akan juga ikut mengalami perkembangan ukuran tubuh. Perkembangan ini akan membuat janin memakan ruang rahim yang lebih besar dan hal ini bisa menyebabkan organ tubuh pada ibu untuk beradaptasi dengan adanya kondisi ini. Ketika pertumbuhan dan perkembangan bayi sudah semakin besar, maka tekanan yang diterima oleh organ dalam ibu terutama sistem pencernaan akan menjadi semakin besar. Tekanan ini menyebabkan saluran pencernaan menjadi melambat dan menyebabkan ibu hamil sering mengalami kembung karena saluran pencernaan yang tidak selancar sebelumnya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab ibu hamil sering kembung.

3. Faktor makanan

Ada juga beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan perut kembung saat hamil. Beberapa jenis makanan ini ada baiknya untuk dikurangi porsinya apabila Anda sedang ingin mengkonsumsinya. Makanan – makanan ini adalah makanan – makanan yang bisa membuat jalannya sistem pencernaan menjadi lebih lambat. Oleh karena itu akan ada baiknya untuk berusaha menghindari atau mengurangi jumlah konsumsinya. Sebenarnya tidak hanya makanan, tetapi minuman berkarbonasi juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Jadi itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan mengenai beberapa penyebab ibu hamil sering kembung. Semoga Anda bisa lebih memperhatikan hal – hal kecil seperti ini. Karena dengan memperhatikan hal – hal kecil selama masa kehamilan Anda maka Anda juga nantinya akan lebih peka dalam menangani kondisi yang mungkin membutuhkan tanggung jawab yang lebih besar sebagai seorang ibu. Terima kasih atas waktu yang telah Anda berikan bersama kami. Tetap bersama kami dan nantikan berbagai artikel yang menarik dan informatif lainnya seperti gejala hamil muda 1 bulan.