Penyebab Keguguran Hamil 1 Bulan Yang Patut Diwaspadai

Mendapatkan kehamilan merupakan sebuah hal yang menjadi keinginan hampir semua orang wanita yang sudah menjalani penikahan secara resmi dan menjadi tujuan dari pernikahan tersebut. Melalui kehamilan, keturunan yang diidamkan akan segera hadir melengkapi keluarga yang sudah dijalin. Dalam proses mendapatkan kehamilan tersebut tidaklah semudah yang diperkirakan karena tetap saja setiap usaha yang dilakukan ada campur tangan sang pencipta yang akan menentukan seseorang hamil atau tidak.

Ketika seorang wanit sudah mendapatkan kehamilan tentunya akan melakukan berbagai macam upaya dan usaha agar kondisi kehamilan yang dijalaninya dapat berlangsung dengan lancar serta normal hingga proses persalinan nanti tiba. Berbagai upaya seperti mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, beristirahat yang cukup, serta berkonsultasi secara rutin dengan dokter kandungan diperlukan untuk menghindari berbagai macam masalah kehamilan yang berbahaya.

Salah satu masalah atau gangguan kehamilan yang pasti harus dihindari adalah keguguran. Keguguran merupakan kondisi dimana janin yang terdapat di dalam kandungan ibu hamil sudah tidak berkembang lagi atau mati. Kondisi keguguran lebih sering terjadi pada masa awal kehamilan atau saat usia kehamilan masuk di periode trimester pertama. Kondisi keguguran tersebut tentunya terjadi karena berbagai macam sebab dan sangat tinggi resikonya pada usia kehamilan 1 bulan. Berikut ini beberapa penyebab keguguran hamil 1 bulan yang dapat dipahami dan harus dihindari ibu hamil.

  1. Kandungan lemah

Penyebab keguguran biasanya tidak dapat diketahui dengan pasti namun masih bisa diprediksi hal yang sekirannya memiliki resiko tinggi mengalami keguguran. Salah satu kondisi yang dapat menjadi penyebab keguguran hamil 1 bulan adalah karena keadaan kandungan lemah atau rahim yang lemah. Ibu hamil yang terdiagnosis memiliki kandungan yang lemah harus banyak beristirahat bahkan disarankan untuk bed rest. Ibu hamil harus benar benar istirahat total hingga usia kehamilan setidaknya menginjak 22 bulan dimana biasanya kondisi kandungan sudah lebih kuat dan penyebab kandungan lemah harus juga diatasi dengan baik.

  1. Menderita penyakit tertentu

Penyebab keguguran lain yang yang dapat terjadi pada ibu hamil 1 bulan adalah karena kondisi kesehatan yang terganggu. Demam tinggi pada ibu hamil akibat penyakit tertentu menjadikan kondisi janin terganggu dan bisa jadi menyebabkan keguguran. Ibu hamil yang mengalami infeksi tokso ataupun rubella juga memiliki peluang mengalami keguguran terutama jika terjadi pada awal awal kehamilan. Agar keadaan tersebut tidak terjadi maka setiap ibu hamil dituntut untuk dapat meningkatkan kondisi kesehatan serta imunitasnya agar tidak mudah terjangkit penyakit tertentu.

  1. Faktor kromosom ibu hamil

Kromosom dan faktor genetika dapat menjadi pemicu terjadinya keguguran pada ibu hamil. Adanya kelainan pada kromosom yang dimiliki oleh ibu hamil dan janin dapat menyebabkan janin tidak mengalami perkembangan yang baik sesuai usia kehamilannya. Kondisi gangguan kromosom menjadi salah satu pemicu terjadinya keguguran pada ibu hamil yang mungkin sulit untuk dihindari.

  1. Makanan pemicu keguguran

Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil ternyata dapat memicu terjadinya keguguran akibat efek yang diberikan oleh makanan tersebut. Beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya keguguran pada ibu hamil diantaranya seperti ikan mentah, daging merah, keju lunak atau lembut, lobster, kepiting, tape, buah nanas, buah durian, dan lain sebagainya. Menghindari konsumsi makanan yang dapat menyebabkan keguguran tersebut menjadi salah satu upaya untuk menghindari terjadinya keguguran.

  1. Faktor usia

Hal lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada ibu hamil usia 1 bulan adalah karena usia ibu hamil tersebut. Usia memang menjadi penyebab keguguran karena kondisi kesiapan rahim yang sudah tidak mampu lagi kuat menghadapi proses kehamilan. Usia ibu hamil diatas 35 tahun memiliki faktor resiko keguguran yang lebih tinggi dibandingkan usia dibawahnya.

  1. Gaya hidup

Ibu hamil yang memiliki gaya hidup sebelum atau bahkan pada saat hamil yang tidak baik dapat menjadi pemicu terjadiknay kondisi keguguran pada kehamilan usia 1 bulan. Beberapa bentuk pola hidup tidak sehat yang memicu terjadinya keguguran diantaranya seperti mengkonsumsi alkohol, merokok selama hamil atau sebelum hamil, serta beberapa hal lain yang berkaitan dengan gaya hidup tidak sehat. Kondisi keguguran akan terlihat melalui beberapa tanda tanda keguguran.

  1. Penyebab lainnya

Beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada ibu hamil diantaranya seperti infeksi pada tubuh ibu hamil, konsumsi obat obatan tertentu yang memiliki efek samping berbahaya bagi janin, konsumsi kafein berlebihan, kelebihan atau kekurangan berat badan, serta riwayat keguguran atau pernah mengalami keguguran sebelumnya.

Itulah beberapa penyebab keguguran hamil 1 bulan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh  setiap ibu hamil. Keguguran menjadi ancaman terbesar bagi ibu hamil yang dapat mengancam kondisi janin di dalam kandungan sehingga berbagai macam penyebab yang disebutkan diatas dalam artikel ini sebaiknya diwaspadai dan sebisa mungkin dihindari agar tidak memicu terjadinya keguguran. Menjaga kesehatan ibu hamil menjadi prioritas utama agar berbagai macam kondisi berbahaya dapat selalu dihindari.