9 Manfaat Ubi untuk Ibu Hamil dan Janin

Wanita yang sedang hamil memerlukan kebutuhan gizi yang lebih dibanding dengan orang yang sedang tidak hamil. Wanita hamil memerlukan gizi lebih karena untuk pertumbuhan bayi yang ada didalam kandungan. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil hendaknya yang mengandung asupan gizi seimbang. Bagi ibu hamil ada beberapa makanan yang seharusnya dihindari demi kesehatan bayi yang sedang dikandungnya serta memilih mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan pertumbuhan bayinya.

Ubi merupakan salah satu bahan dasar makanan yang mempunyai nutrisi penting bagi kesehatan. Kandungan ubi yang mempunyai vitamin A, C, E, beta karoten, magnesium, kalium serta kaya oksidan. Ubi mempunyai bebrapa jenis yaitu ubi jalar ungu, oren, putih, kuning, serta merah. Ubi merupakan makanan yang mampu memenuhi 769% dari kebutuhan harian vitamin A, 65% vitamin C dalam setiap cangkirnya. Ubi juga merupakan makanan yang bebas lemak sehingga aman bagi orang yang takut gemuk. Ubi dengan berbagai manfaat yang terkandung didalamnya juga mempunyai manfaat tersendiri bagi ibu hamil. Ubi merupakan salah satu makanan yang terbaik untuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaat ubi untuk ubi hamil:

1. Menjaga kesehatan mata

Ibu hamil memerlukan vitamin A sebanyak 700 mikrogram dalam sehari. Sementara kandungan vitamin A yang ada dalam secangkir ubi jalar yaitu sebanyak 1.922 mikrogram. Berarti jumlah ini sudah lebih dari kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh ibu hamil, yaitu hampir 3 kali jumlah yang dibutuhkan. Vitamin A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata serta sebagai antioksidan. Dengan mengkonsumsi ubi maka kebutuhan gizi ibu hamil berupa vitamin A ibu dan calon bayi dapat terpenuhi.

2. Mencegah sembelit atau konstipasi

Dalam sehari ibu hamil membutuhkan serat sebanyak 28 sampai 34 gram untuk memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit. Dalam satu cangkir ubi mengandung 6,6 gram serat.

Konsumsi ubi sampai mencukupi kebutuhan serat yang tubuh yang dibutuhkan. Kandungan serat yang terdapat dalam ubi akan membantu memperlancar kerja sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya sembelit atau kesusahan dalam buang air besar.

3. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kita kekurangan darah. Ubi mengandung manfaat zat besi yang dapat mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil. Jumlah darah di dalam tubuh sangat berhubungan erat dengan jumlah dan kondisi zat besi yang ada di dalam tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ubi merupakan sumber prebiotik yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh dari berbagai bahaya dan ancaman penyakit yang dapat menyerang tubuh. Ubi mengandung serat yang dapat mengubah mikroba yang membentuk antibodi yang dapat menjaga kesehatan bayi selama dalam kandungan ibu sehingga bayi dapat terlahir dengan sehat.

5. Meningkatkan pembentukan sel darah merah dan mengusir morning sickness

Morning sickness merupakan keluhan atau masalah serta gejala yang dialami oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Gejala yang dialami seperti mual, pusing serta muntah-muntah. Kandungan ubi akan membantu mengusir terjadinya morning sickness pada ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak terlalu menderita karena morning sickness. Dalam Ubi mengandung vitamin B6 sebanyak 1,9 miligram sementara ibu hamil setiap harinya membutuhkan 0,6 miligram. Vitamin B6 akan membantu tubuh dalam meningkatkan sel darah merah ibu hamil. Sel darah merah meningkat sehingga ibu hamil akan terhindar dari morning sickness yang membuat ibu hamil tidak nyaman.

6. Mencegah kram kaki

Ibu hamil sering mengalami kram kaki diakibatkan karena bawaan bayi. Ubi mengandung kalium yang dapat mencegah terjadinya kram pada kaki. Konsumsi ubi agar kebutuhan kalium dalam tubuh anda tercukupi sehingga terhindar dari kram pada kaki.

7. Mencegah edema pada kaki

Edema merupakan kondisi kaki pada ibu yang mengalami kaki bengkak saat hamil sehingga kesusahan untuk berjalan serta melakukan aktifitas dalam kegiatan sehari-hari. Ubi mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya edema pada kaki ibu hamil.

8. Mencegah nyeri sendi

Ibu hamil memang rawan terkena gangguan kesehatan seperti nyeri sendi. Kandungan kalium yang terdapat pada ubi akan membantu terjadinya nyeri sendi pada ibu hamil. Kandungan kalium pada ubi memang tinggi sehingga mampu menaklukkan nyeri sendi pada ibu hamil. Konsumsi ubi yang cukup agar terserang dari nyeri sendi.

9. Menurunkan darah tinggi

Bagi ibu hamil yang mengalami darah tinggi perlu mengkonsumsi ubi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi ubi dengan berbagai menu agar ibu hamil kebutuhan gizi dan nutrisi tercukupi dengan tidak bosan dengan menu ubi yang biasa-biasa saja. (Baca juga : hipertensi dalam kehamilan)

Demikian beberapa manfaat ubi untuk kesehatan ibu hamil. Ubi memang terkenal dengan makanan desa tetapi ubi dapat dibuat dengan berbagai menu sehingga bentuk asli ubi tidak terlihat lagi. Sebenranya ubi merupakan makanan yang manis dan lezat jadi ubahlah ubi menjadi makanan yang menarik serta enak. Ibu hamil konsumsilah ubi agar terpenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi ibu hamil sehingga anda dan bayi anda sehat.