Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Dawet Dan Adakah Resiko Berbahayanya ?

Selama menjalani masa kehamilan tentu ada hal hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil terkait ada tidaknya dampak buruk bagi kondisi kehamilan terutama terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Ibu hamil perlu lebih sabar dan menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas secara sembarangan selama masa kehamilan yang setidaknya akan berlangsung kurang lebih selama 40 minggu. Mengkonsumsi makanan maupun minuman tertentu juga termasuk dari aktivitas ibu hamil yang perlu dipertimbangkan dengan baik.

Makanan dan minuman merupakan hal yang dapat membantu ibu hamil ketika dimanfaatkan secara tepat terutama untuk jenis jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Makanan dan minuman sehat untuk ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama masa kehamilan yang sangat penting untuk selalu ada mengingat semua nutrisi yang dibutuhkan tersebut dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan ibu hamil.

Selain makanan yang menyehatkan, ternyata ada beberapa makanan yang juga dapat memberikan dampak sebagai pantangan makanan ibu hamil. Makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut tentu harus dihindari agar tidak berdampak buruk. Dalam penjelasan kali ini, hamil.co.id akan menjelasakan mengenai salah satu minuman yang ditakutkan dapat berdampak buruk bagi ibu hamil yakni es dawet. Berikut ini penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum es dawet dalam ulasan di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Dawet ?

Secara umum memang tidak ada pantangan makanan bagi ibu hamil yang secara penuh dilarang dikonsumsi kecuali memang secara medis berdampak buruk bagi kondisi kesehatan. Pantangan makanan yang sering kali direkomendasikan oleh dokter kandungan maupun tenaga kesehatan lain digunakan untuk menghindari resiko dan dampak yang dapat muncul dari suatu makanan terhadap kondisi proses kehamilan baik itu berefek pada kesehatan ibu maupun perkembangan janin.

Konsumsi es dawet bagi ibu hamil tidak dilarang dan memang boleh asalkan diperhatikan agar tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ada dua bagian yang diperhatikan terkait ibu hamil yang mengkonsumsi es dawet yakni es dan sensasi rasa dingin itu sendiri maupun dawetnya. Es seringkali dianggap dapat menyebabkan dampak buruk bagi ibu hamil karena bisa memicu ukuran janin yang terlalu besar namun hal tersebut salah dan belum terbukti secara medis.

Dawet menjadi jenis olahan yang sebenarnya cukup aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan tidak pernah memberikan efek buruk apapun pada kehamilan. Di dalam dawet terkandung beberapa nutrisi penting bagi ibu hamil yang berasal dari bahan bahan pembuat dawet. Nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram dawet secara umum diantaranya seperti Protein sebanyak 11,35 gram, 13,9 gram lemak, Karbohidrat 17,5 gram, 220 mg fosfor, 160 mg kalsium, 2 mg zat besi, dan 1,9 mg vitamin C.

Resiko Konsumsi Es Dawet Bagi Ibu Hamil

Meskipun boleh dikonsumsi seperti ulasan yang dijelaskan diatas, es dawet tetap memiliki resiko yang perlu dihindari dan harus dapat diperhatikan oleh ibu hamil. Resiko konsumsi es dawet tersebut terjadi akibat konsumsinya yang terlalu berlebihan atau bahkan bahan bahan di dalam pembuatan es tersebut yang tidak higienis. Berikut ini beberapa resiko yang bisa di dapatkan oleh ibu hamil jika mengkonsumsi es dawet terlalu berlebihan diantarnaya seperti di bawah ini.

  • Higienitas bahan yang tidak terjamin, kondisi resiko pertama datang dari higeinitas atau kebersihan bahan bahan pembuat es dawet tersebut yang tidak bisa dijamin karena kebanyakan es dawet dibeli dari para pedagang yang mungkin kurang terlalu memperhatikan kebersihan. Kondisi kurangnya kebersihan dari es dawet tersebut beresiko menyebabkan berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare dan adanya resiko infeksi pada pencernaan ibu hamil. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya ketika ibu ingin mengkonsumsi es dawet maka dapat membuatnya sendiri.
  • Konsumsi es yang terlalu berlebihan, resiko selanjutnya yang dapat berbahaya bagi ibu hamil adalah ketika konsumsi es yang digunakan di dalam es dawet tersebut terlalu berlebihan. konsumsi es yang berlebihan seringkali mendatangkan beberapa dampak yang salah satu paling mudah terjadi adalah memicu munculnya gejala flu seperti demam, hidung tersumbat, batuk, dan lain sebagainya. Efek es yang dingin dapat menyebabkan aktivasi virus flu di dalam tubuh yang akan memicu terjadinya flu tersebut. Adanya penurunan kesehatan ibu akibat gejala flu tentu secara tidak langsung akan berpengaruh pada kehamilan yang merupakan bahaya es bagi ibu hamil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum es dawet dalam ulasan di atas. Jika diperhatikan dari penjelasan yang diuraikan dalam ulasan diatas, konsumsi es dawet bagi ibu hamil dapat dilakukan dan memang memiliki resiko yang rendah meskipun tetap ada. Resiko dampak buruk bagi kondisi kehamilan tersebut dapat terjadi ketika bahan bahan pembuat es dawet tidak terjamin kebersihannya dan konsumsi es yang terlalu berlebihan.