8 Menu Makanan Ibu Hamil Muda Terutama Untuk Yang Mengalami Morning Sickness

Makanan dalam kehidupan manusia merupakan salah satu hal yang harus menjadi perhatikan khusus terkait pola dan jenisnya. Nutrisi yang terkandungan di dalam makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat menjadikan setiap organnya bekerja secara maksimal setiap harinya. Makanan dapat memberikan dampak yang positif bagi tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian setiap harinya. Seseorang yang tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah cukup pasti tubuhnya akan merasa lemah dan lemas.

Terkait dengan makanan tersebut, seorang wanita yang sedang hamil juga harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsinya sebagai bagian dari usaha untuk menjaga kesehatan diri dan perkembangan janin di dalam rahimnya. Bahkan ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bisa jadi lebih banyak dari konsumsi harian sebelum hamil mengingat nutrisi yang ada akan terbagi menjadi dua yakni untuk tubuh ibu sendiri maupun untuk janin yang sedang dikandung.

Setiap ibu hamil harus mengkonsumsi makanan namun hal tersebut kadang terhalang oleh gejala hamil muda dimana ibu hamil akan mengalami kondisi mual dan muntah. Pemilihan makanan pada hamil muda ini sangatlah penting terutama yang membantu mengatasi mual dan muntah sehingga akan banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Berikut beberapa penjelasan mengenai beberapa jenis pilihan menu makanan ibu hamil muda yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Produk susu

Jenis makanan pertama yang sebaiknya dimasukan dalam menu harian ibu hamil adalah berbagai olahan produk susu. Produk susu memiliki nutrisi yang lengkap dan tentunya mudah dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga cocok sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Kandungan di dalam susu mampu membantu ibu dalam memenuhi nutrisi hariannya. Produk susu terutama yoghurt dapat membantu menekan rasa mual yang biasanya terjadi pada kehamilan muda. Ibu hamil cukup mengkonsumsi susu segar bukan harus susu khusus ibu hamil.

2. Telur

Menu makanan ibu hamil muda lain yang kerap disarankan untuk dapat dikonsumsi terutama ketika rasa mual muncul sebagai tanda kehamilan yang menjadikan ibu sulit menelan makanan. Telur memiliki kandungan protein dan kolin yang baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

3. Kacang kacangan

Jika ibu sulit mengkonsumsi makanan berat dalam jumlah yang cukup maka cobalah mengkonsumsinya sedikit namun sering dan makan kacang kacang sebagai bahan pelengkap. Kacang kacangan memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk perkembangan janin. Beberapa contoh kacang kacangan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya seperti kacang hijau, kacang tanah, hingga kacang almond.

4. Ikan salmon

Jenis ikan memang banyak disarankan untuk dapat dikonsumsi oleh ibu hamil mengingat protein dan kandungan gizi lain seperti omega 3 sangat dibutuhkan selama proses kehamilan. Ikan salmon menjadi pilihan ikan yang baik untuk ibu hamil dan memiliki baru tidak terlalu amis sehingga dapat dikonsumsi tanpa harus menyebabkan rasa mual berlebihan.

5. Daging

Sumber protein lain yang juga baik untuk ibu hamil adalah daging dimana di dalamnya terdapat nutrisi lain serta zinc yang sangat membantu protes tumbuh kembang bayi di dalam kanudngan. Daging sebaiknya dikonsumsi dengan sumber karbohidrat baik umbi umbian maupun nasi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian tubuh ibu hamil.

6. Sumber karbohidrat alternatif

Bagi ibu hamil yang mengalami gejala mual dan muntah atau morning sickness cukup parah, mengkonsumsi nasi menjadi hal yang sangat sulit. Untuk tetap menjaga kecukupan asupan karbohidrat di dalam tubuh maka ibu dapat mengantinya dengan makanan lain seperti labu, ubi jalar, maupun kentang. Labu dan ubi jalar baik untuk menekan rasa mual pada ibu hamil muda.

7. Sayuran

Jenis makanan lain yang sangat baik untuk perkembangan janin dan kondisi kesehatan ibu hamil adalah sayur sayuran. Sayuran memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk pertumbuhan janin maupun membantu dalam menjaga kondisi kesehatan ibu hamil. Sayuran yang tidak menyebabkan rasa mual pada ibu hamil muda diantaranya seperti wortel, tomat, dan bayam. Kebersihan sayuran dan pengolahan yang benar menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil.

8. Buah buahan

Makanan sumber vitamin tinggi bagi tubuh adalah buah buahan yang juga dapat menjadi bagian dari menu makanan ibu hamil muda setiap harinya. Buah buahan dengan kandungan vitamin yang tinggi dapat membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ada beberapa jenis buah buahan yang termasuk dalam jenis makanan penghilang rasa mual saat hamil diantaranya seperti buah apel, strawberry, pisang alpukat, pepaya, buah melon, buah jeruk, dan buah kiwi.

Itulah beberapa jenis menu makanan ibu hamil muda yang dapat membantu dalam menekan rasa mual dan muntah sebagai gejala umum saat awal awal kehamilan. Makanan yang disebutkan diatas memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil sehari hari.