Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Jeruk Dan Adakah Resiko Bagi Kehamilan ?

Masa kehamilan menjadi salah satu kondisi yang perlu mendapat perhatian dan pengertian penting dari ibu hamil mengingat selama kurang lebih 40 minggu menjalaninya ada berbagai macam bentuk perubahan di dalam tubuh untuk menyesuaikan dengan perkembangan janin di dalam kandunga. Perubahan perubahan tersebut dapat menyebabkan kondisi ibu hamil lebih rentan terhadap berbagai macam bentuk permasalahan terutama yang mengarah pada kondisi gangguan kehamilan.

Adanya gangguan kehamilan tentu menjadi suatu hal yang patut untuk dihindari oleh setiap ibu hamil dan sebaiknya memang harus diperhatikan dengan pasti. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah ibu hamil agar tidak mengalami berbagai macam bentuk gangguan kehamilan yang dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan ibu hamil maupun pada perkembangan janin secara langsung adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil demi menjaga asupan nutrisi kehamilan.

Selain mengkonsumsi makanan yang bermanfaat positif bagi kesehatan maupun kondisi kehamilan, ibu hamil juga perlu memperhatikan berbagai jenis makanan maupun minuman yang dapat memberikan pengaruh buruk demi lancarnya proses kehamilan hingga masa persalinan tiba. Dalam arikel kali ini, hamil.co.id akan menjelaskan mengenai ulasan terkait jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum es jeruk dan adakah manfaat atau bahkan dampak buruk yang dapat terjadi dari jenis minuman tersebut pada kehamilan yang sedang di jalani oleh ibu melalui ulasan di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Jeruk ?

Dalam menjawab pertanyaan terkait bolehkah ibu hamil minum es jeruk maka yang perlu diperhatikan lebih bukan jeruknya saja melainkan lebih kepada konsumsi es bagi ibu hamil. Konsumsi es pada ibu hamil sering menjadi perhatian khusus karena adanya anggapan dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan pada janin. Anggapan terkait adanya masalah bagi kehamilan ketika ibu mengkonsumsi es atau bahaya es bagi ibu hamil sebenarnya tidak benar dan tidak terbukti secara ilmiah.

Oleh karena itu, konsumsi es jeruk pun sebenarnya boleh bagi ibu hamil terutama karena jeruk juga memiliki manfaat yang baik bagi kondisi kehamilan. Kondisi berbahaya yang sering dijadikan keraguan bagi ibu hamil yang akan mengkonsumsi es jeruk adalah efek es yang dapat menyebabkan janin menjadi besar di dalam tubuh. Efek samping es yang menyebabkan janin besar tersebut tidak benar dan tidak terbukti secara klinis karena hanya berdasarkan mitos saja.

Konsumsi es jeruk ternyata juga memiliki dampak yang positif terhadap kondisi kehamilan. Manfaat es bagi kehamilan adalah membantu merangsang pergerakan janin di dalam kandungan yang merupakan salah satu pertanda positif bahwa perkembangan janin berjalan dengan baik dan benar. Meskipun bermanfaat, konsumsi es atau dalam hal ini es jeruk harus tetap di batasi dan tidak boleh berlebihan mengingat tetap adanya resiko yang dapat terjadi.

Bahaya Konsumsi Es Jeruk Berlebihan

Meskipun es jeruk dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, tetap harus diperhatikan agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Konsumsi es jeruk yang berlebihan dapat menyebabkan dampak lain bagi kondisi kehamilan terutama bagi kesehatan ibu hamil. Berikut ini resiko atau dampak buruk konsumsi es jeruk bagi ibu hamil yang berlebihan.

  • Kebersihan yang tidak terjaga, dampak buruk yang pertama bagi ibu hamil adalah adanya resiko kebersihan es yang tidak terjaga dengan baik terutama jika es jeruk tersebut dibeli di pedagang pedagang yang tidak dapat dijamin kebersihannya. Es jeruk yang tidak bersih dalam pengolahannya tersebut dapat menyebabkan berbagai macam resiko infeksi microorganisme yang terdapat di dalam minuman tersebut. Kondisi infeksi akan menyebabkan terjadinya keadaan yang cukup menganggu kesehatan seperti diare dan permasalahan pencernaan lainnya. Konsumsi es jeruk yang dibuat sendiri dari air matang yang bersih lebih disarankan ketika memang ibu hamil menginginkannya.
  • Menyebabkan munculnya gejala flu, es dengan sensasi dinginnya sering digunakan oleh ibu hamil untuk menghilangkan rasa haus dan rasa gerak akibat cuaca disekitar ibu yang terlalu panas. Konsumsi es yang terlalu berlebihan seringkali menyebabkan munculnya gejala flu bagi ibu hamil yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu secara umum. Es menyebabkan suhu tubuh menjadi menurun dan dapat mengaktivasi pergerakan virus di dalam tubuh yang menjadi pemicu gejala flu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum es jeruk. Dalam ulasan diatas diketahui bahwa konsumsi es jeruk bagi ibu hamil boleh dilakukan dan bahkan dapat menjaga kondisi kesehatan ibu karena adanya vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk. Meskipun boleh, konsumsi es tetap harus diperhatikan seperti tidak berlebihan mengkonsumsinya dan sebaiknya membuat sendiri untuk memastikan kebersihan dari minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut. Konsumsi air putih masih lebih dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil dibandingkan harus mengkonsumsi es meskipun hal tersebut tidak dilarang.