Inilah 7 Cara Penyimpanan ASIP di Freezer Kulkas Campur Makanan agar Tidak Basi

ASIP atau ASI perah merupakan ASI yang disimpan pada botol. Umumnya cara ini dilakukan pada ibu-ibu yang aktivitasnya merangkap sebagai wanita karier. Demi menjaga perkembangan bayi, setiap harinya ibu ini harus membuat ASIP yang sesuai takaran.

Salah satu cara untuk mengawetkan ASIP ini adalah dengan menaruhnya pada freezer di dalam kulkas. Lalu bagaimana jika ada makanan lain di dalam freezer? Agar ASIP tidak terkontaminasi dengan makanan lainnya, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba.

1. Taruh ASIP di dalam wadah tersendiri

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah tidak mencampurkan ASIp dengan bahan makanan lainnya di dalam freezer. Cobalah Anda pisahkan ASIP dengan menaruhnya di dalam kotak atau wadah khusus yang sudah steril. Wadah tersebut usahakan bersih agar tidak ada bakteri yang dapat berkembang biak di dalam ASIP. Selain itu, pastikan wadahnya muat di dalam freezer. Jangan sampai Anda memaksakan wadah tersebut ke dalam freezer karena dapat merusak komponen kulkas.

Dengan memasukan ASIP pada wadah tersendiri, maka botol ASIP dan bahan makanan lainnya tidak akan saling bersentuhan selama di dalam freezer kulkas. Selain itu, dengan menggunakan wadah tersendiri juga memungkinkan susu ASIP tetap steril di dalam freezer.

2. Tidak menyimpan ASIP pada plastik minuman

Untuk penggunaan botol ASIP yang digunakan, janganlah menggunakan bahan plastik styrofom atau gelas plastik minuman kemasan. Gunakanlah botol plastik yang sering digunakan khsusus untuk bayi. Botol plastik kemasan didesain agar hanya dipakai sekali pakai saja. jika Anda menaruh ASIP di dalam botol semacam itu, maka zat-zat kimia di dalam botol dapat masuk ke dalam tubuh bayi. Hal tersebut dapat membuat bayi terkontaminasi bahan kimia.

Sama halnya dengan botol plastik kemasan, pada kemasan plastik berbahan styrofom pun juga tidak baik jika diberikan pada bayi. Hal itu dikarenakan, di dalam plastik styrofom mengandung bahan kimia yang bisa saja bercampur ke dalam ASIP. Akibatnya, bayi pun dapat terkena penyakit serius, seperti kanker. Selain dapat menyebabkan penyakit serius, plastik styrofom juga rentan bocor. Akibatnya ASIP bisa terkena ciri-ciri ASI basi.

3. Berikan waktu pada setiap botol dan wadah

Setiap botol ASIP yang sudah ditaruh pada kulkas sebaiknya diberikan waktu sejak kapan ASIP tersebut disimpan ke dalam freezer. Memang ASIP yang telah dibekukan pada freezer dapat digunakan kembali dengan surasi yang lebih lama. Akan tetapi, perlu Anda pahami jika ASIP di dalam Freezer pun memiliki batas waktunya sendiri. Batas maksimal yang bisa dikonsumsi pada bayi adalah dua minggu saja. jika sudah disimpan di dalam freezer lebih dari dua minggu atau bahkan hingga satu bulan, maka kualitas ASIP sudah tidak bisa dikonsumsi lagi. Maka dari itu, sebaiknya Anda berikan waktu yang jelas pada setiap botol seperti tanggal, bulan, tahun dan waktu sejak disimpan.

3. Jangan langsung dimasukan ke dalam Freezer

Ketika ASIP telah dimasukan ke dalam botol, janganlah langsung dimasukan ke dalam freezer secara langsung. Hal tersebut dapat merusak beberapa gizi baik di dalam ASI jika Anda langsung memasukannya ke dalam freezer secara langsung. Ada cara menyimpan ASI perah yang benar agar kualitas nutrisi ASI tetap terjaga.

Pertama-tama masukan terlebih dahulu ASIP-nya ke dalam kulkas namun tidak di dalam freezer. Biarkan ASIP mendingin selama semalaman saja. setelah didinginkan semalam penuh, Barulah Anda masukan ke dalam Freezer. Jangan lupa untuk diberikan tanda dengan waktu agar Anda bisa tahu sejak kapan ASIP ini dimasukan ke dalam Freezer.  

5. Jangan dipanaskan menggunakan alat pemanas

Jika Anda ingin mencairkan ASIP yang telah membeku, maka janganlah langsung menaruh botol ASIP ke dalam microwave, di atas kompor ataupun alat-alat pemanas lainnya. ada cara menghangatkan ASI perah. Pertama-tama, jiak botol ASIP akan digunakan keesokan harinya, maka sehari sebelumnya Anda sudha mengeluarkan ASIP dari freezer ke dalam kulkas bagian dalam. Hal tersebut akan membuat ASIP mencair namun masih tetap dingin. Pada pagi harinya, Anda baru keluarkan ASIP dan taruhlah di atas kulkas. Biarkan botol ASIP menghangat secara alami. Setelah botol ASIP dirasa mulai hangat dan sudah mencair, maka Anda bisa berikan pada bayi.

6. Jangan simpan kembali sisa ASIP

Ketika ASIP memiliki sisa, makam Anda tidak boleh menyimpannya kembali pada freezer. Hal tersebut tentunya sudah tidak dapat dikonsumsi pada bayi kembali karena kualitasnya sudah buruk. jika ada sisa ASIP, sebaiknya langsung dibuang saja.

7. Pastikan botol sudah dicuci secara steril

Susu ASIP sangatlah sensitif. Hal itu dikarenakan ASI jenis ini sanagt bermanfaat pada bayi yang baru lahir dan juga dapat memengaruhi perkembangan bayi kedepannya. Maka dari itu, botol yang digunakan untuk ASIP harus steril. Ketika botol akan digunakan kembali, cucilah menggunakan oabat-obatan agar botol tidak terkontaminasi bakteri maupun kuman yang berasal dari makanan di dalam freezer.

Itulah cara penyimpanan ASIP di freezer kulkas campur makanan agar tidak basi. Pada dasarnya, menyimpan ASIP yang bercampur dengan makanan lainnya di dalam freezer tidaklah bermasalah. Sebab, yang paling penting adalah kualitas botol yang digunakan dan cara penyimpanan ASIP yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat.