Resiko Hamil Setelah Caesar 6 Bulan

Kehamilan merupakan sesuatu yang menyenangkan dan juga diharapkan oleh banyak wanita. Terutama yang sudah pernah memiliki anak. Rasanya hamil merupakan momen yang paling indah dan juga menyenangkan. Namun perlu anda ketahui bahwa ada banyak masalah yang terjadi apabila ketika kehamilan pertama atau kehamilan sebelumnya, anda melakukan kelahiran dengan sistem operasi caesar.

Sepertinya, masih banyak para ibu yang memaksakan diri bahwa untuk kembali hamil. Walaupun setelah melakukan kelahiran sehat dan tidak lama dari kelahiran pertamanya. Padahal ada beberapa resiko yang bisa saja muncul dan juga menyerang .berikut ini akan kita ulas mengenai resiko hamil setelah caesar 6 bulan yang harus ibu ketahui.

1.   Infeksi

Pertama resiko yang mungkin saja terjadi yaitu adalah kondisi infeksi. Risiko ini paling sering muncul setelah melakukan operasi caesar karena luka di operasi Caesar, sangatlah dalam dan juga sulit untuk sembuh.

Dengan adanya hal tersebut, menyebabkan ibu yang memaksakan untuk hamil setelah operasi caesar selama 6 bulan. Bisa saja terkena infeksi karena lukanya yang belum mongering. Selain itu infeksi juga bisa terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan di area luka atau perawatan luka operasi yang tidak benar.

Umumnya infeksi ini akan muncul di bagian luka sayatan Caesar, baik di bagian dalam atau di bagian luar. Jika memaksakan untuk hamil mungkin ada. Jika ada kondisi bengkak atau penyeri dan kemerahan tidak akan terlihat.

Hal tersebut tentu saja menyebabkan kehamilan  menimbulkan masalah penyebab luka jahitan terbuka , selanjutnya akan beresiko karena munculnya banyak bakteri di dalam perut ibu. Selain itu lapisan rahim juga biasanya belum siap untuk melindungi sang bayi. Sehingga bisa saja menyebabkan banyak masalah, bahkan hingga  masalah sindrom baby blues.

2.   Pendarahan

Selanjutnya tahukah anda, bahwa kondisi tersebut bisa saja menimbulkan pendarahan dan juga keguguran pada perut.

Sang ibu umumnya resiko ini terjadi apabila anda memutuskan untuk selesai melahirkan secara Caesar. Namun kemudian terjadi kembali kehamilan resiko akan kehilangan banyak darah saat operasi, biasanya akan lebih banyak bila dibandingkan dengan  resiko operasi caesar yang terjadi saat kehamilan.

Selain itu dalam kehamilan selanjutnya apakah memungkinkan untuk terjadinya. Kehamilan dalam kondisi pendarahan tentu saja tidak mungkin. Karena rahim dianggap tidak siap dan juga terlalu bahaya untuk mengalami kehamilan.

Sehingga ada banyak orang yang membutuhkan penyembuhan dengan waktu lebih lama lagi. Agar bisa mendukung atau mendapatkan rahim yang siap untuk kehamilan pendarahan ini. Mungkin jarang terjadi jika dalam kondisi setelah hamil ataupun setelah melakukan operasi Caesar.

Namun pendarahan ini bisa kembali terjadi ketika kelahiran kedua. Hal tersebut sangat membahayakan bagi ibu dan juga janinnya nya.

Baca juga :

3.  Pembekuan Darah

Resiko selanjutnya yang bisa saja menghantui anda yang memutuskan untuk hamil, setelah operasi caesar 6 bulan yaitu masih terjadi pembekuan darah. melahirkan caesar biasanya meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah atau biasa disebut sebagai thrombosis.

namun tahukah anda bahwa bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah vena. bisa saja berbahaya kondisi ini biasanya menimbulkan tanda. seperti nyeri di kaki, ataupun kemerahan pada kulit, dan juga kaki terasa hangat.

selain itu kondisi tersebut juga dapat menyumbat pembuluh darah di tungkai dan bisa membahayakan kondisi ibu, serta bagian paru-paru ibu.  terjadinya pembekuan darah ini harus diawasi oleh dokter. agar bisa diatasi, dengan menggunakan obat dan juga ditangani dengan beberapa cara tertentu.

alasan inilah yang menyebabkan sangat berbahaya untuk mengalami kehamilan, setelah dilakukannya operasi Caesar. selain itu terjadinya pembekuan saat hamil tentu saja bukanlah hal yang main-main. karena bisa menyebabkan kehamilan menjadi bermasalah terjadinya bayi yang cacat dan lain sebagainya.

4.   Cedera Rahim

Risiko lainnya yaitu adanya cedera saat pembedahan. Biasanya rahim memang mengalami cedera setelah dilakukannya operasi Caesar. Karena bagaimanapun juga pembedahan tersebut merupakan hal yang berbahaya dan juga hal besar.

Cedera sendiri bisa menimbulkan rahim yang sebenarnya tidak siap dan mengalami luka mendalam. Sehingga membutuhkan pemulihan dengan waktu yang cukup lama. Tetapi banyak ibu yang memaksakan diri untuk bisa hamil setelah dilakukannya operasi Caesar.

Nah karena adanya hal ini maka bisa menyebabkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mulai dari kandung kemih tidak sengaja tersayat. Resiko terjadinya cedera luka pada rahim dan lain sejenisnya. Dibandingkan anda harus mengalami kehamilan yang berbahaya ataupun kondisi ibu yang memang bermasalah.

Lebih baik anda menunggu waktu untuk bisa melakukan kehamilan selanjutnya. Berhati-hatilah dan juga konsultasikan kepada dokter kandungan. Bagaimana baiknya kondisi pemulihan anda setelah operasi.