Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Manfaat Buah Delima Bagi Ibu Hamil dan Janinnya

advertisement

Manfaat buah delima bagi ibu hamil dan janinnya sangat penting untuk diketahui karena memiliki peran vital. Momen kehamilan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh semua wanita di dunia ini. oleh karena itu selama dalam masa kehamilan sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gizi dan nutrisi. Bukan hanya untuk kesehatan ibu hamil saja namun makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus baik untuk kesehatan si jabang bayi yang ada di dalam perut karena bayi hanya mendapatkan asupan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Selain mengkonsumsi karbohidrat, protein, vitamin dan nutrisi lainnya ibu hamil juga memerlukan asupan tambahan. Salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil adalah buah delima. Buah delima atau juga biasa disebut dengan buah pome sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu. Tidak hanya bentuk dari buah delima saja yang menarik namun khasiat di dalamnya juga ternyata sangat bagus. Di dalam buah delima terdapat kandungan flavonoid (antosianin), asam sitrat, asam folik, asam malat, gula buah, vitamin C, B6, A dan E serta beberapa kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, besi dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima bagi ibu hamil:

  1. Baik untuk perkembangan otak janin

Di dalam buah delima terdapat kandungan asam folic atau asam folat yang sangat baik dalam membantu perkembangan otak janin yang ada di dalam perut sang ibu. Asam folat juga bisa mengurangi resiko ibu melahirkan bayi cacat otak atau cacat mental seperti spina bifida yang pastinya sangat tidak diinginkan terjadi pada anak oleh semua ibu di dunia ini.

  1. Memberikan sistem imun bagi ibu dan bayi

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah delima juga sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi karena bisa digunakan sebagai sumber antioksidan yang membuat sistem imun semakin kebal.

Sponsors Link

Vitamin C juga bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi yang sangat penting digunakan dalam proses pembentukan darah bayi di dalam perut.

  1. Membantu pembentukan tulang dan gigi bayi

Di dalam buah delima mengandung cukup banyak jenis mineral seperti kalsium, fosfor, dan lainnya. fosfor dan kalsium sendiri sangat baik untuk pembentukan jaringan yang keras seperti kuku, tulang dan gigi supaya pertumbuhannya lebih sempurna. zat ini sangat penting supaya bayi tidak mengalami kelainan pada tulang dan giginya setelah lahir.

  1. Menghindari dehidrasi

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, manfaat lainnya berasal dari kandungan natrium dan kalium di dalam buah delima.Fungsi natrium dan kalium di dalam buah delima sangat baik karena sebagai penyeimbang zat asam dan basa di dalam sel jaringan tubuh sehingga ibu hamil tidak akan mudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat bayi juga dehidrasi dan jika bayi dehidrasi maka akan menyebabkan hal yang lebih buruk lagi.

  1. Menghindari adanya peradangan

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah delima juga bisa mencegah terjadinya peradangan atau sebagai anti-inflamasi.

Sponsors Link

  1. Membantu mengurangi pendarahan saat proses melahirkan

Sangat mungkin bagi ibu hamil akan mengalami pendarahan saat proses melahirkan berlangsung. Zat besi yang ada di dalam buah delima bisa mengurangi resiko terjadinya pendarahan. Pendarahan sendiri sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bisa membuat ibu kehilangan banyak darah dan berujung pada hal yang tidak diinginkan hingga menuju pada kematian.

  1. Mencegah kram kaki

Kram kaki biasanya akan dirasakan oleh para ibu hamil terutama saat kandungannya sudah berusia 7 bulan. saat itu kaki akan menopang berat badan yang bertambah banyak dibandingkan dengan waktu biasanya dan hal ini sangat tidak mengenakan bagi para ibu hamil bukan? Dengan mengkonsumsi buah delima secara rutin dimana mengandung banyak zat kalium akan membuat pembengkakan ini mereda dengan lebih baik sehingga para ibu hamil bisa beraktivitas lebih leluasa

  1. Membantu proses penyembuhan luka

Saat proses melahirkan akan sangat besar kemungkinannya terjadi luka. Nah dengan mengkonsumsi buah delima secara rutin ibu hamil bisa menyembuhkan luka saat pasca melahirkan lebih cepat dibandingkan orang lain yang tidak mengkonsumsinya.

Baca Juga : Penyebab janin cacat – Bahaya rokok bagi janin – makanan untuk mencegah bayi cacat lahir

Nah, demikian beberapa manfaat yang bisa diambil dari buah delima bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam perutnya. Para ibu hamil dapat mengkonsumsi buah delima secara langsung atau juga bisa membuatnya menjadi jus yang segar. Namun sebaiknya jangan dibuat dingin yak arena ibu hamil tidak baik mengkonsumsi es. Karena kandungan yang ada di dalam buah delima ini sangat banyak maka tidak hanya baik untuk para ibu hamil saja namun juga sangat baik untuk anda yang tidak hamil supaya kesehatan anda tetap terjaga dan tetap bugar. jadi, bagaimana jangan ragu untuk mengkonsumsi buah delima ya!

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 05th, December 2015 / 05:48 Oleh :
Kategori : Buah Sehat