Sponsors Link

12 Bahaya Es Bagi Ibu Hamil

Sponsors Link

Bahaya es bagi ibu hamil sudah diketahui oleh banyak orang. Tidak jarang banyak orang mengingatkan kepada ibu hamil untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi es. Banyak orang meyakini bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi banyak es. Es sangat tidak baik bagi kesehatan ibu hamil. Terutama es yang disertai dengan kandungan glukosa yang tinggi bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi kehamilan bagi ibu hamil tersebut.

ads

Mengapa Es Berbahaya Bagi Ibu Hamil ??

bahaya es bagi ibu hamilTidak jarang yang menjadi pantangan bagi ibu hamil dikait-kaitkan dengan mitos yang beredar di masyarakat. Mitos yang berkembang di masyarakat seputar es untuk kehamilan sebaiknya jangan dipercaya begitu saja, namun usahakan mencari faktanya terlebih dahulu ketika ingin menghindari mengkonsumsi sesuatu.

Berikut ini berbagai macam bahaya yang bisa menjangkiti ibu hamil ketika mengkonsumsi es berdasarkan medis :

1. Mudah Lelah

Air es bisa membuat ibu hamil merasakan mudah lelah. Penyebabnya adalah air es bisa menghambat penyerapan gizi ibu hamil, yakni asupan karbohidrat yang dikonsumsi olehnya. Jika ibu hamil kekurangan energi akibatnya ibu hamil tersebut akan mudah lelah dan tidak bertenaga.

2. Menggemukkan Badan

Ibu hamil bisa memiliki badan yang gemuk jika terlalu banyak mengkonsumsi es. Alasannya adalah air es yang diminum oleh ibu hamil terutama sehabis mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi lama. Tidak hanya itu saja, lemak pun tidak bisa dibakar secara sempurna jika terlalu banyak mengkonsumsi air es. Penumpukan kalori dan lemak di dalam tubuh bisa menyebabkan ibu hamil mengalami kegemukan. Ibu hamil yang terlalu gemuk bisa menghambat proses persalinan.

Oleh sebab itu, mengapa setiap kontrol kehamilan ibu hamil petugas medis akan memeriksa berat badan ibu hamil. Jika peningkatan berat badan ibu hamil lebih dari 15 kg, ibu hamil dianjurkan untuk diet agar tidak mengalami masalah dengan kesehatannya dan juga kehamilannya.

3. Berat Badan Bayi Berlebihan

Berat badan normal bayi sekitar 2,5 kg sampai dengan 3 kg. Lebih dari berat itu bisa dikatakan bahwa bayi memiliki berat badan yang berlebihan. Bayi yang besar di dalam rahim tidak menguntungkan bagi ibu hamil. Alasannya adalah bayi tersebut akan sulit untuk dilahirkan dengan kelahiran normal.

Penyebabnya adalah mengkonsumsi air es yang sudah dicampurkan dengan glukosa bisa membuat bayi memiliki berat badan berlebih karena kandungan glukosa yang tinggi.

Sponsors Link

4. Diabetes

Bahaya es bagi ibu hamil bisa terkena diabetes jika terlalu banyak mengkonsumsi air es. Jika ibu hamil terkena diabetes, janin yang ada di dalam kandungannya bisa terkena imbasnya. Fakta menunjukkan bahwa ibu hamil yang memiliki diabetes akan melahirkan bayi dengan berat badan yang berlebihan. Diabetes juga membuat asupan gula ke janin yang ada di dalam kandungan meningkat, akibatnya bayi akan memiliki berat badan berlebihan.

5. Masuk Angin

Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi es, bisa dengan mudah terkena masuk angin. Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengalami masuk angin. Sebab masuk angin bisa membuat kondisi ibu hamil semakin down dan drop, apalagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi es di saat tubuh ibu hamil meningkat bisa menyebabkan perubahan suhu secara mendadak di dalam tubuh ibu hamil. Suhu dari panas menjadi dingin dan hal itu bisa menyebabkan ibu hamil mengalami masuk angin.

6. Haus Berlebihan

Mengkonsumsi air es sebenarnya bersifat kamuflase saja. Sebab ketika ibu hamil mengkonsumsi air es, ibu hamil justru akan merasakan haus yang berlebihan sehingga ibu hamil ingin terus minum air es tersebut. Ketika air es banyak dikonsumsi oleh ibu hamil akibatnya adalah tubuh akan mengalami ketidakseimbangan. Alasannya adalah air dingin yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil akan membuat ibu hamil tersebut mengalami kekurangan cairan dengan cepat, dehidrasi pun tidak bisa terelakkan.

Dehidrasi tidak baik bagi ibu hamil, sebab ibu hamil yang kekurangan cairan bisa menimbulkan berkurangnya asupan oksigen di dalam tubuh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Jika kekurangan oksigen banyak gangguan kesehatan akan muncul.

7. Perut Kembung

Air es yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan membuat tubuh ibu hamil menyesuaikan atau justru malah sebaliknya. Air es itu seharusnya juga menyesuaikan dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Misalnya saja jika ibu hamil mengkonsumsi nasi hangat, seharusnya ibu hamil mengkonsumsi minuman yang hangat. Jika ibu hamil mengkonsumsi air es akibatnya adalah irama kerja yang ada di dalam organ perut menjadi berubah.

Selaput berisi lendir yang ada di dalam tubuh menimbulkan kontraksi, otot perut pun akan menjadi kram atau kejang. Enzim yang ada di lambung akan bereaksi dengan perubahan suhu tersebut, timbullah gas di dalam perut yang bisa menyebabkan ibu hamil menjadi kembung.

8. Membuat Usus Sempit

Minum air es dingin saat hamil menyebabkan ibu hamil akan mengalami pengerutan dinding usus. Tidak hanya ibu hamil saja yang bisa mengalami hal tersebut namun orang lain yang tidak hamil pun bisa mengalami pengerutan dinding usus tersebut. Penyebabnya adalah air es yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan penghancuran dan proses penyerapan makanan di dalam usus menjadi terganggu.

Suhu di dalam air es bisa membuat partikel di dalam makanan khususnya makanan yang berminyak menjadi beku. Pembekuan minyak di saluran usus itulah yang menyebabkan penyempitan saluran pencernaan atau usus.

ads

9. Gangguan Pencernaan

Ibu hamil yang mengalami penyempitan usus dan penyempitan saluran pencernaan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Jika pencernaan terganggu ibu hamil akan mengalami gangguan penyerapan gizi ibu hamil. Ketika hal tersebut terjadi, janin di dalam kandungan akan kekurangan nutrisi.

Kekurangan nutrisi tersebut sangat tidak baik bagi janin sebab janin bisa terkena gizi buruk, mal nutrisi, berat badan rendah dan masih banyak lagi lainnya.

10. Pencernaan Lambat

Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi air es bisa menimbulkan dampak negatif pada pencernaan. Penyebabnya adalah pencernaan akan mengalami ketidak nyamanan dan juga gangguan keseimbangan. Gangguan keseimbangan itu bisa menimbulkan penyakit. Penyakit yang ditimbulkan oleh ketidakseimbangan itu adalah pencernaan yang lambat.

11. Mengalami Pusing

Bahaya es bagi ibu hamil yang sering mengkonsumsinya mengandung glukosa bisa menyebabkan rasa pusing di kepala. Air es yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan metabolisme di dalam tubuh terganggu, sistem syaraf pun tidak siap menerima perubahan suhu yang mendadak dalam waktu yang cepat.

Organ yang membutuhkan oksigen menjadi berkurang asupannya akibat perubahan suhu yang berubah secara mendadak. Otak juga tidak mampu beradaptasi secara cepat dengan perubahan suhu tersebut, akibatnya adalah kepala akan merasakan pusing dan aliran darah ke otak menjadi berkurang.

12. Otak Membeku

Ibu hamil tidak boleh menyepelekan bahaya yang satu ini. Ibu hamil yang sering mengkonsumsi air es bisa membuat fungsi fisiologis ibu hamil tersebut menjadi terganggu. Saat minum air es, ibu hamil akan mengalami peningkatan aliran darah menuju ke otak. Hal itulah yang menyebabkan ibu hamil mengalami migrain dan juga pembekuan otak.

Banyak ibu hamil yang tidak mengindahkan larangan untuk mengkonsumsi es. Hal tersebut memang wajar, mengingat ibu hamil memiliki suhu tubuh yang panas dan mudah berkeringat. Alasan itulah yang membuat ibu hamil ingin selalu menginginkan makanan dan minuman yang segar.

Es memang bisa menyegarkan tubuh ibu hamil, namun ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Jika ibu hamil hanya mengkonsumsi air tanpa gula dengan es batu itu tidak akan menjadi masalah, namun yang menjadi masalah adalah ketika ibu hamil suka mengkonsumsi es teh, es jeruk dan minuman dingin lain yang mengandung gula di dalamnya. Kombinasi gula dan es tersebut yang bisa menimbulkan hal negatif di dalam tubuh ibu hamil.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 25th, July 2015 / 05:34 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya