Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Duku ? Berikut Penjelasannya !

Selama masa kehamilan, konsumsi makanan harus menjadi hal yang sebaiknya diperhatikan dengan baik mengingat setiap makanan memiliki manfaat dan dampak tersendiri terhadap tubuh ibu hamil. Adanya janin di dalam kandungan ibu hamil dapat menyebabkan, semua efek yang dirasakan oleh ibu hamil berkaitan dengan makanan akan juga dirasakan oleh janin di dalam rahim ibu. Hal tersebut terjadi karena memang janin memperoleh makanan dari aoa yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dalam kaitannya dengan makanan, tentu ada beberapa jenis makanan yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, dan ada juga yang bisa jadi menimbulkan efek samping selama proses kehamilan. Mengingat adanya dua efek tersebut, ibu hamil sebaiknya memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsinys. Makanan sehat bagi ibu hamil merupakan kumpulan jenis makanan yang sebaiknya diprioritaskan untuk membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk proses kehamilan.

Buah buahan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Di dalam buah terkandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga proses kehamilan beserta kesehatan  ibu hamil. Dibalik manfaatnya tersebut, masih banyak yang beranggapan ada jenis buah tertentu yang berdampak buruk bagi kehamilan, salah satunya duku. Berikut beberapa penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil makan buah duku yang diulas di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Duku ?

Boleh tidaknya makanan tertentu dikonsumsi selama proses kehamilan kerap dipengaruhi oleh mitos dan informasi yang berkembang di masyarakat. Salah satu isu terkait konsumsi makanan tertentu tersebut berlaku juga untuk buah duku yang banyak beranggapan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena jenis buahnya yang masam dan memiliki getah ketika dikupas. Kondisi isu tersebut kerap menjadikan ibu hamil merasa perlu menimbang kembali sebelum mengkonsumsi buah duku selama masa kehamilan.

Berkaitan dengan jawaban bolehkah ibu hamil makan duku dalam ulasan ini, makanan apapun terutama buah tidak ada yang secaa langsung dilarang untuk tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan kondisi tersebut maka buah duku bisa dikonsumsi asalkan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Selain dalam jumlah yang cukup, perhatikan duku yang dikonsumsi haruslah matang dan tidak terlalu masam demi mencegah terjadinya dampak buruk bagi ibu hamil terutama terkait masalah pencernaan.

Manfaat Duku Untuk Ibu Hamil

Selain dapat dikonsumsi seperti dalam penjelasan diatas, buah duku juga memiliki manfaat yang positif bagi proses kehamilan. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena adanya kandungan senyawa dan nutrisi yang melimpah di dalam buah duku. Berikut beberapa manfaat duku bagi ibu hamil diantaanya seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Membantu memenuhi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil

Salah satu nutrisi ibu hamil yang paling penting untuk dipenuhi selama proses kehamilan adalah asam folat. Duku memiliki kandungan asam folat yang membantu dalam mencegah terjadinya kondisi cacat lahir pada bayi dan menjagai perkembangan janin di dalam kandungan.

2. Meningkatkan kondisi kesehatan tubuh

Selama proses kehamilan, ibu tentu memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan mengalami berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan. Untuk dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh, mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan serta vitamin C sangat diperlukan dan salah satunya adalah buah duku.

3. Mencegah terjadinya gangguan pencernaan pada ibu hamil

Dampak positif yang tidak kalah penting dari buah duku adalah membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan yang sering sekali muncul selama proses kehamilan. Dengan kondisi tersebut maka kesehatan pencernaan dapat terjaga dan tidak menganggu jalannya aktivitas ibu hamil dalam menghadapi segala proses kehamilan.

4. Menjaga proses perkembangan janin berlangsung normal

Berbagai macam kandungan nutrisi baik itu vitamin maupun mineral, menjadikan buah duku sebagai salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat menjaga agar perkembangan janin berlangsung secara normal. Kondisi perkembangan janin yang normal termasuk fisik dan psikisnya.

5. Manfaat buah duku lainnya

Selain beberapa manfaat yang disebutkan dalam uraian diatas, ada beberapa dampak positif lainnya yang juga dapat diperoleh dari buah duku. Beberapa manfaat tersebut diataranya seperti menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, membantu mengatasi kondisi ibu hamil tetap bugar dan tidak mudah lemah dan lelah, menjaga kestabilan tekanan darah sehingga dapat menghindari preeklampsia, serta membantu dalam menjaga agar berat badan pada ibu hamil tetap ideal.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan dengan baik terkait dengan bolehkah ibu hamil makan buah duku. Dalam uraian penjelasan diatas, disebutkan bahwa ibu hamil dapat mengkonsumsi duku dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan serta sebaiknya memilih buah dengan tingkat kematangan optimal. Selain boleh untuk dikonsumsi, ada beberapa dampak positif yang dapat dimanfaatkan oleh ibu hamil.