Sponsors Link
     Sponsors Link

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

advertisement

Seringkali muncul sebuah pertanyaan mengenai boleh tidaknya seorang ibu yang menyusui mengkonsumsi mie instan. Seperti diketahui pantangan makanan ibu menyusui memiliki tujuan yang penting demi menjaga asupan nutrisi bagi ibu dan bayi selama kegiatan menyusui. Sebab apapun yang ibu konsumsi memiliki pengaruh yang besar terhadap tumbuh kembang bayi, apalagi bagi bayi ASI ekslusif. Makanan sehat untuk ibu menyusui sangat dibutuhkan demi mendukung agar bayi tumbuh semakin sehat dan cerdas.

Kandungan Gizi

Sesungguhnya ibu menyusui tidak boleh asal-asalan dalam mengkonsumsi makanan apalagi mie instan, karena apapun yang masuk kedalam tubuh ibu akan sangat berpengaruh terhadap proses laktasi baik dalam segi jumlah maupun rasa ASI. Berikut kandungan gizi dalam mie instan:

  • Karbohidrat

Mie instan pun dirasa cukup mengenyangkan karena memang salah satu bahan baku pembuatannya pun adalah tepung terigu yang memang mengandung karbohidrat. Meskipun banyak pro dan kontra berkaitan dengan konsumsi mie instan selama menyusui, nyatanya mie instan masih tetap digemari oleh sebagian besar masyarakat. Seperti namanya banyak orang menggemarinya karena memang instan dan praktis dalam mengolahnya. Tak perlu waktu lama setelah direbus selama sekitar sepuluh menit mie instan sudah siap dinikmati.  (baca juga: Makanan Pengganti Karbohidrat untuk Ibu Hamil , Pantangan Makanan Ibu Menyusui)

  • Gluten

Satu lagi kandungan yang juga terdapat dalam mie instan yakni gluten, yang terdapat di bahan utama pembuat mie yakni tepung terigu. Glutenlah yang menjadikan mie instan terasa kenyal dan mengembang, jadi mie terlihat banyak. Namun ada juga sebagian orang yang tak mampu mencerna gluten sama sekali, karena rusaknya daya tahan tubuh yang membuat gluten dapat merusak dinding usus halus. (baca juga: Bolehkah ibu menyusi makan durian? , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui agar Bayi Sehat dan Cerdas)

  • Lemak Jenuh

Di samping kandungan karbohidrat, di dalam mie instan juga memiliki kandungan lemak yang juga menyumbang prosentase yang cukup besar, yakni 4-8 gr. Yang perlu lebih diperhatikan oleh ibu menyusui saat mengkonsumsi mie instan ialah, kandungan lemak dalam mie instan adalah lemak jenuh atau seringkali disebut dengan lemak jahat. Kandungan yang cukup besar tersebut, telah memiliki prosentase kira-kira 40 persen dari nilai kebutuhan lemak keseluruhan untuk tiap harinya. Lemak jenuh (baca juga:  Obat Pusing untuk Ibu MenyusuiBahaya Ibu Hamil Makan Mie Instan)

Sponsors Link

  • Vitamin dan Mineral

Dalam kemasan mie instan seringkali terlihat jumlah kandungan gizi yang terkandung didalamnya. Selain karbohidrat dan juga lemak mie instan pun nyatanya juga memiliki kamdungan vitamin dan mineral. Vitamin dan juga mineral tersebut ada dalam mie instan karena sebuah proses penambahan gizi pada bahan makanan yang diperlukan oleh tubuh (fortifikasi). Namun meski secara angka tulisan sepertinya mie instan memiliki bermacam kandungan vitamin maupun mineral akan tetapi jumlahnya belumlah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh. Apalagi bagi ibu yang menyusui yang memang membutuhkan nutrisi berlipat. (baca juga: Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi , Bolehkah Ibu Menyusui)

Fakta dan Mitos Mie Instan

Karena banyaknya penggemar mie instan di berbagai kalangan masyarakat, hingga banyak pendapat dan mitos yang berkaitan dengan mie instan. Sebagaimana berikut diantaranya beberapa anggapan masyarakat dalam mie instan:

1.  Mie instan yang kenyal karena berbahan dasar karet

Ini merupakan anggapan yang sangat tidak memiliki dasar apapun, meskipun kenyal bukan berarti mie instan berbahan dasar karet. Gluten lah yang menjadi penyebab mengapa mie menjadi kenyal saat dimasak. Hal tersebut karena kandungan gluten dalam terigu yang menjadi bahan dasar pembuatan mie, merupakan suatu jenis protein didalam tepung terigu yang menyebabkan adonan baik mie ataupun kue menjadi kenyal. Gluten banyak terdapat dalam gandum. (baca juga: Maanfaat Keju untuk ibu menyusui agar bayi cerdas , Manfaat Kurma untuk Bayi)

2.  Banyak Mengandung Pengawet Makanan

Bahan pengawet yang terdapat didalam sebuah makanan instan, telah melalui pengawasan yang cukup ketat. Terutama oleh BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan) sebagai badan resmi milik pemerintah yang mengawasi obat dan makan yang beredar dalam masyarakat. Dan menurut BPOM bahan pengawet yang terdapat dalam mie instan masih dalam batas wajar dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu mie instan diawetkan dengan teknik deep frying juga merupakan teknik pengawetan makanan yang cukup aman. Yakni sebuah teknik pengawetan dengan cara mengurangi kadar air dalam mie sehingga mie lebih awet dan tahan lama.

Baca juga:

Sponsors Link

3.  Pengawetan Mie Instan Menggunakan Lilin

Seringkali saat memasak mie instan, air rebusannya lalu dibuang karena banyak yang bilang kalau itu mengandung lilin. Namun anggapan tersebut nyatanya salah besar, air bekas rebusan mie instan tersebut yang berwarna keruh bukanlah berasal dari lilin. Tapi berasal dari minyak sisa deep frying, sebuah tehnik pengawetan yang menggunakan minyak panas untuk mengurangi kadar air dalam mie. Jadi terkadang saat memasaknya air rebusan akan terlihat sedikit keruh dan berminyak namun bukan karena lilin. (baca juga: Bahaya makan gorengan bagi ibu hamil , Larangan untuk ibu hamil muda)

4.  Air Sisa Rebusan Mie Instan Haruslah Dibuang

Setelah memasak mie instan air rebusan tersebut banyak yang mengatakan harusnya dibuang dan lalu diganti air yang baru. Sebab ada anggapan hal tersebut dapat menghilangkan bahan pengawet dan juga lemak yang terdapat di dalam mie instan. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena membuang air rebusan berarti juga membuang kandungan lain dalam mie instan seperti mineral dan vitamin. (baca juga: Vitamin untuk Ibu Menyusui , Obat Pilek Untuk Ibu Menyusui)

5.  Mie Instan Memiliki kandungan Msg yang cukup tinggi

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bila penggunaan msg dalam mie instan telah melalui pengawaasan BPOM. Dan msg dalam mie instan masih dalam batas wajar serta aman dikonsumsi, namun terkecuali ada beberapa orang yang sensitif terhadap penggunaan MSG karena dapat memicu migrain. (baca juga: Obat Pusing untuk Ibu Menyusui Obat Migrain untuk Ibu Menyusui)

Dengan demikian mie instan aman dan tentu saja boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Namun demikian meskipun aman dan boleh dikonsumsi selama kegiatan menyusui, mie instan tak memiliki cukup nutrisi yang diperlukan oleh ibu untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Demikian penjelasan mengenai pertanyaan bolehkah ibu menyusui makan mie instan semoga bermanfaat.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 23rd, December 2016 / 00:06 Oleh :
Kategori : Menyusui