14 Obat Pilek untuk Ibu Menyusui yang Alami

Pilek merupakan salah satu penyakit sejuta umat di Indonesia. Debu, udara dan makanan merupakan faktor utama yang membuat seseorang mudah terserang pilek, termasuk ibu menyusui. Daya tahan tubuh yang kurang baik juga bisa menyebabkan ibu menyusui mudah tertular pilek dari orang-orang di dekatnya.

Baca juga:

Hal ini pasti akan sangat mengganggu ibu menyusui. Ibu akan merasa sangat tidak nyaman, baik untuk beristirahat, saat harus menyusui, serta melakukan aktivitas lainnya. Selain itu, ibu menyusui yang mengalami pilek juga akan khawatir bayi yang sedang menyusu akan tertular pilek. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang sangat tidak diinginkan oleh ibu menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui pasti akan segera mencari obat pilek supaya lekas sembuh. (Baca juga: Obat Pilek Untuk Ibu MenyusuiObat Pilek Untuk Ibu Hamil)

Namun, ternyata ibu menyusui tidak boleh meminum obat pilek sembarangan. Hal ini dikarenakan obat pilek yang dibuat secara kimiawi mungkin memiliki dampak buruk bagi ibu menyusui dan bayinya. Misalnya kandungan kodein yang tergolong narkotika dalam obat pilek bisa menyebabkan bayi yang sedang menyusu juga menjadi ketergantungan terhadap obat. Atau kandungan alkohol dan salisilat, misalnya pada aspirin, yang juga berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan bayi cacat dan pasti juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. (Baca Juga: Bahaya Amoxicillin bagi Ibu Hamil , Amankah Albothyl Untuk Ibu Menyusui)

Oleh karena itu, ibu yang sedang menyusui harus mengetahui obat-obatan alami yang bisa meredakan pilek pada ibu menyusui. Berikut ini akan dibahas obat pilek untuk ibu menyusui yang alami dan aman:

  1. Air putih

Air putih merupakan kebutuhan tubuh yang sangat penting untuk dipenuhi. Kita semua, terutama ibu menyusui wajib untuk mengkonsumsi banyak air putih. Hal ini dikarenakan ibu yang sedang menyusui akan kehilangan banyak cairan setelah ASI-nya diminum oleh bayi. (Baca juga: Akibat Kekurangan Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil)

Ternyata, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan tubuh, air putih juga bisa menjadi obat pilek yang aman dan alami untuk ibu menyusui. Air putih bisa mencegah tenggorokan kering dan membantu membersihkan tenggorokan dari bakteri penyebab pilek. Untuk itu, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 liter air putih per hari. (Baca juga: Manfaat Air Putih Bagi Ibu Hamil)

  1. Minuman atau makanan berkuah hangat

Minuman atau makanan hangat bisa berupa teh atau sup yang masih hangat saat dikonsumsi. Buatlah teh hangat atau air putih hangat juga tidak mengapa. Atau ibu menyusui juga bisa memakan sup dengan kuah kaldu yang hangat. Kuah kaldu yang hangat, selain bisa membantu meredakan pilek, juga bisa memberi asupan nutrisi yang baik untuk ibu menyusui dan bayi yang sedang menyusu. (Baca Juga: Ibu Hamil Minum Air Teh)

Minuman atau makanan berkuah hangat bisa membantu ibu menyusui untuk mengatasi hidung yang mampet karena pilek. Selain itu, minuman dan makanan yang hangat jua bisa mengencerkan lendir dan melegakan tenggorokan yang juga terasa gatal akibat pilek. Uap dari minuman atau makanan hangat juga akan membantu melegakan hidung mampet. (Baca juga: Ibu Hamil Minum Air Dingin)

  1. Buah dan sayuran

Pilek bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh melawan penyakit. Maka, ibu menyusui yang sedang terserang pilek membutuhkan asupan vitamin C yang banyak untuk membantu melawan bakteri dan virus penyebab pilek. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C itu, ibu menyusui bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayur.

Baca juga:

Pilih buah dan sayur yang tinggi vitamin C, seperti jeruk, strawberry, paprika, atau kol. Namun, jika ibu menyusui ingin mengkonsumsi dengan lebih praktis, ibu juga bisa mencoba suplemen vitamin C. Tapi sebaiknya sebelum memilih menggunakan suplemen, ibu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan keamanannya.

Baca juga:

  1. Aroma bawang

Sebagian orang ada yang tidak suka untuk mengkonsumsi bawang ataupun bau bawang. Tapi, ternyata bawang bisa dijadikan sebagai obat pilek untuk ibu menyusui yang alami. Ibu menyusui cukup membaui aroma bawang itu, atau bisa juga memasukkan bawang ke dalam bahan masakan ibu menyusui untuk memperkuat aromanya. Aroma bawang ternyata bisa berperan sebagai katalis untuk mengeluarkan lendir atau cairan di dalam hidung dan membersihkan hidung.  (Baca juga: Obat Batuk Berdahak AnakCara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi)

  1. Aroma menthol

Kita pasti sudah sangat familiar dengan aroma mint atau menthol. Aroma menthol yang biasa ada pada minyak angin, balsem, minyak kayu putih dan lain-laain ternyata juga bisa menjadi obat pilek bagi ibu menyusui yang aman. Aroma menthol bisa membantu mengurangi gejala hidung mampet saat pilek. (Baca juga: Obat Flu Untuk Ibu MenyusuiFlu Saat Hamil)

Caranya, cukup oleskan minyak beraroma menthol ke sapu tangan dan menangkupkannya ke hidung untuk dihirup. Atau jika ibu menyusui tahan terhadap sedikit rasa panas, ibu bisa mencoba mengoleskannya langsung ke bagian bawah hidung untuk memberi rasa hangat dan aroma menthol sekaligus. (Baca juga: Bahaya Bayi Minum Minyak Telon)

  1. Ramuan rempah

Indonesia dikenal sangat kaya akan rempah-rempah alami yang berkhasiat untuk mencegah dan mengobati segala penyakit secara alami. Salah satu penyakit yang bisa diobat dengan rempah-rempah adalah pilek. Ibu menyusui bisa membuat ramuan rempah dengan bahan dasar rempah yang bersifat hangat, seperti jahe, kencur, atau sereh. Caranya sangat mudah. Cukup rebus rempah, misalnya jahe, dengan air hingga air menyusut untuk memastikan sari jahe benar-benar tercampur dengan air, lalu meminum ramuan tersebut selagi hangat.

Baca juga:

  1. Madu

Madu dipercaya sebagai obat untuk segaa penyakit yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh siapa pun. Madu bisa membantu meningktkan kekebalan tubuh sehingga membantu ibu melawan pilek yang sedang menyerang. Ibu menyusui bisa meminum madu secara langsung atau mencampurkannya dengan teh atau ramuan rempah yang ibu buat. Takarannya, cukup 2 sendok makan sekali minum untuk melawan pilek yang sedang diderita.

Baca juga:

  1. Ramuan ginseng

Ginseng adalah akar tumbuhan yang sangat terkenal sebagai obat berkhasiat di dataran Cina sana. Ginseng dipercaya bisa membantu melawan virus penyebab pilek, melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mengonsumsi ginseng, ibu bisa merebusnya dan meminum airnya saat hangat atau bisa juga mencampurkan ginseng ke dalam sup atau bubur untuk dimakan. (Baca juga: Ginseng Untuk Ibu Hamil)

  1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Telur ayam mengandung  protein yang tinggi dan asam amino yang sangat penting untuk tubuh bisa melawan infeksi yang disebabkan virus dan bakteri. Maka, ibu menyusui yang menderita pilek bisa memngkonsumsi telur untuk memperkuat perlawanan terhadap penyakit.

Tidak hanya itu, telur ayam juga bisa memberi energi yang cukup kepada ibu menyusui karena tinggi kalori. Sebaiknya ibu menyusui memilih telur ayam kampung atau telur ayam organik dan rendah kolesterol untuk memaksimalkan manfaat yang bisa didapat. (Baca juga: Manfaat Telur Bagi Ibu Hamil , Manfaat Telur Asin Bagi Ibu Hamil)

  1. Teh licorice

Licorice merupakan akar tumbuhan yang dipercaya bisa membantu mengencerkan lendir di hidung dan tenggorokan. Untuk mengkonsumsinya, ibu menyusui bisa membuatnya menjadi teh dengan caraa merebusnya dengan air. Tidak hanya meredakan pilek, licorice juga bisa menurunkan demam yang diderita ibu menyusui saat pilek. (Baca Juga: Pantangan Makanan Ibu Menyusui ASI eksklusif , Teh Bagi Ibu Hamil)

  1. Biji adas

Biji adas juga memiliki khasiat yang sama dengan licorice, yaitu bisa membantu mengencerkan lendir di hidung dan tenggorokan. Biji ada akan terasa sedikit pedas saat dikonsumsi. Maka, untuk menjadikan rasanya lebih enak, ibu menyusui bisa merebus adas bersama air dan menambahkan madu sebelum dikonsumsi untuk memberi sedikit rasa manis secara alami. (Baca Juga: Manfaat Air Tebu Bagi Ibu Hamil , Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui)

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang menggunakan bakteri untuk fermentasi susu tersebut. Yoghurt memiliki rasa asam yang khas dan seringkali dikonsumsi bersama buah untuk menjadikannya lebih lezat. Yoghurt bisa menjadi obat pilek untuk ibu hamil dengan bakteri aktif di dalam yoghurt yang akan melawan infeksi di tubuh dan menjaga imunitas tubuh. Yoghurt bahkan bagus untuk membantu mengobati pilek yang disertai gangguan pernapasan. Tapi Anda harus hati-hati, jika bayi memiliki alergi terhadap susu sapi dan produk olahannya, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi yoghurt.

Baca juga:

  1. Larutan garam

Larutan garam bisa membantu mengatasi hidung tersumbat yang dialami saat pilek. Tidak hanya itu, larutan garam juga bisa membunuh bakteri dan virus penyebab pilek yang ada di dalam hidung. Caranya, ibu bisa membuat larutan garam dan memasukkannya ke dalam hidung dengan menghirupnya. Rasanya mungkin tidak akan nyaman tapi hal ini bisa dicoba.

Jika ingin mencoba cara ini dengan lebih mudah, ibu bisa membuat larutan garam dan baking soda, lalu memasukkannya ke dalam botol spray. Setelah itu ibu bisa menyemprotkan larutan itu ke dalam hidung. (Baca juga: Bahaya Garam bagi Ibu Hamil)

  1. Berkonsultasi ke dokter

Cara terakhir yang bisa dilakukan jika pilek tidak kunjung sembuh aadalah pergi ke dokter. Ibu menyusui sebaiknya tidak sembarangan meminum obat yang dijual di toko atau apotek, karena kita tidak tahu apa kandungan di dalam obat tersebut dan efeek sampingnya. Agar lebih aman, ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendapat resep obat pilek yang tepat dan aman untuk ibu dan bayi yang sedang menyusu. (Baca Juga: Tanda Hamil Saat Menyusui)