6 Akibat Anak Tidak Tidur Siang Paling Berbahaya

Anak-anak memang mengalami masa pertumbuhan yang seharusnya berjalan dengan baik. Makan dan istirahat adalah dua hal penting yang dibutuhkan untuk mendukung masa pertumbuhan. Anak yang mendapatkan makanan sehat dan bisa tidur dengan cukup biasanya tumbuh lebih baik. Bahkan makan dan tidur menjadi tips agar anak tidak mudah sakit. Sayangnya ketika anak bisa mendapatkan makanan yang cukup dan bergizi, tapi tidak bisa tidur siang dengan baik. Ya, tidur siang juga menjadi kunci pertumbuhan anak. Jika anak tidak terbiasa tidur siang maka ada beberapa efek yang terjadi pada tubuhnya nanti. Berikut ini adalah akibat anak tidak tidur siang paling berbahaya.

  1. Tubuh anak menjadi sangat lelah

Anak-anak yang sudah mulai masuk usia sekolah dini sangat penting untuk bisa tidur siang. Kurang tidur siang atau bahkan tidak tidur siang bisa menyebabkan anak menjadi sangat lelah. Hal ini karena tubuh anak beraktifitas terus menerus sejak pagi. Karena itu anak yang tidur siang dengan cukup menjadi tidak mudah sakit. Dan ini tentu menjadi cara agar balita tidak mudah sakit.

  1. Anak cenderung rewel

Anak yang mudah menangis dan sangat rewel biasanya karena anak tidak tidur siang. Ini bisa terjadi pada anak yang sudah menolak tidur siang beberapa kali. Saat sudah mulai sore hari maka wajah anak terlihat layu, tidak ceria dan sangat mudah marah. Bahkan karena tidak tidur siang maka siklus kebutuhan tidur anak berubah. Dan ini juga yang menjadi penyebab anak susah tidur malam.

  1. Otak anak sangat lelah

Pengaruh tidur siang ternyata sangat penting untuk sistem perkembangan otak. Anak yang tidak terbiasa tidur siang biasanya menjadi sangat lelah. Tidak hanya tubuh anak tapi juga otak anak. Hal inilah yang membuat anak menjadi tidak sabar dan memicu penyebab anak cepat marah. Anak menjadi sulit diajak berkomunikasi dan selalu marah atau menangis. Jika sudah seperti ini maka ajak anak untuk tidur saja.

  1. Lesu saat tidur malam

Anak yang tidak tidur siang biasanya juga memiliki kualitas tidur malam yang cukup buruk. Pertama anak sudah sulit untuk diajak tidur malam. Kedua karena tubuh anak menjadi sangat lelah dan waktu tidur anak terasa tidak nyaman. Anak yang kelelahan biasanya akan sangat rewel saat tidur malam. Hal ini sering ditandai dengan terus bergerak saat tidur, mengigau, menggerakkan kaki tanpa sadar dan menangis. Jadi ajari anak tidur siang juga bagian dari  cara mendidik anak usia 3 tahun.

  1. Gangguan memori

Anak yang tidur siang sebenarnya saat itu otak anak bekerja untuk sistem memori. Ketika anak tidak tidur siang maka otak akan mengalami perubahan siklus dan adanya perkembangan yang lebih lambat. Jika ini terjadi terus menerus maka bisa menyebabkan gangguan memori yang cukup buruk. Anak menjadi mudah lupa, tidak memiliki respon yang baik saat berkomunikasi dan biasanya cara berpikir anak menjadi lebih lambat.

  1. Mudah depresi

Anak yang tidak tidur siang ternyata juga cenderung mudah depresi. Depresi bisa terjadi karena menjadi sangat rewel, mudah menangis dan cenderung tidak mau mendengarkan nasehat orang tua. Biasanya anak akan bermain sendiri saat tidak tidur siang dan tubuh mereka menjadi sangat lelah. Ini akan mengembangkan depresi pada anak yang dipicu dengan kondisi anak muram, cemberut, meminta hal yang aneh-aneh dan sangat mudah menangis.

Itulah beberapa akibat anak tidak tidur siang paling berbahaya. Meskipun tidur siang dianggap hal yang biasa ternyata ada banyak manfaatnya. Sehingga jika anak saat masuk masa pertumbuhan dan tidak terbiasa tidur siang maka bisa memicu efek buruk tersebut.