Penyebab Dan Faktor Yang Mempengaruhi Anak Kecanduan Gadget

Kecanduan menurut wikipedia merupakan kondisi saat tubuh atau pikiran kita dengan buruknya menginginkan atau memerlukan sesuatu agar bekerja dengan baik. Salah satu bentuk kecanduan yang saat ini melanda anak anak usia dini adalah kecanduan gadget. Kecanduan gadget tersebut dapat terjadi ketiaka seorang anak memiliki ketergantungan fisik dan ketergantungan secara psikologis untuk selalu memainkan gadget hingga tidak menghiraukan lingkungan di sekitarnya. Ketergantungan tersebut dalam menjadi salah satu gangguan tumbuh kembang anak.

Kondisi kecanduan gadget yang terjadi pada anak anak merupakan suatu hal yang dapat menimbulkan dampak berbahaya sehingga harus dapat dihindari. Menggunakan gadget bagi anak anak memang diera milenial sekarang ini sangat sulit untuk dihindari mengingat orang tua sendiri juga memiliki ketergantungan yang besar terhadap gadget tersebut dan sampai sampai kebutuhan akan penggunaan gadget di era teknologi sekarang sudah bukan lagi kebutuhan sekunder melainkan sebuah kebutuhan primer.

Ada banyak bahaya gadget bagi anak anak yang dapat timbul, salah satunya akan mengalami kecanduan gadget sehingga kondisi tersebut harus benar benar dicegah untuk tidak terjadi. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam mencegah anak mengalami kecanduan gadget adalah dengan memahami dan menghindarkannya dari setiap faktor penyebab anak kecanduan gadget. Berikut beberapa penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi anak kecanduan gadget dalam penjelasan dan ulasan di bawah ini.

  1. Pengasuhan yang kurang tepat

Faktor yang mempengaruhi anak kecanduan gadget yang pertama adalah kondisi pengaruhan orang tua yang kurang tepat pada anaknya. Tanpa disadara, orang tua lah yang mengenalkan pertama kali anak terhadap gadget secara tidak langsung. Banyak orang tua karena problem yang dimilikinya terlalu dini mengenalkan anak pada gadget tanpa memberinya batasan pemakaian yang aman. Beberapa problem orang tua yang menyebabkan anak kecanduan gadget tersebut diantaranya seperti :

  • Kesibukan, kesibukan menjadi alasan utama kenapa pengenal gadget pada anak dilakukan terlalu dini. Alasan kesibukan tersebutlah yang menjadikan orang tua memilih jalan pintas untuk menenangkan anaknya dan tetap dapat mengurus kegiatan yang sedang menjadi kesibukannya tersebut. Orang tua yang terlalu sering memberikan gadget kepada anaknya tersebut tanpa pengawasan yang cukup menjadikan salah satu faktor utama anak mengalami kecanduan gadget.
  • Kurangnya ilmu, banyak orang tua terutama pasangan yang menikah mudah memiliki keinginan besar untuk mendapatkan keturunan namun tanpa persiapan ilmu pengasuhan anak yang cukup. Tidak adanya ilmu pengasuhan anak yang cukup tersebut menjadi problem besar anak mengalami kondisi kecanduan akan gadget.
  • Teladan yang salah, banyak orang tua yang menyadari bahwa anak banyak belajar dengan cara menjadikan orang tuanya teladan dalam berbagai aktivitas. Orang tua yang sering dan bahkan juga kecanduan memaikan gadget di depan anak dapat menyebabkan anak juga akan ikut kecanduan gadget.
  1. Faktor neurosains

Faktor neurosains merupakan hal yang dapat menyebabkan anak mengalami kondisi kecanduan gadget. Penggunaan gadget yang terlalu sering dapat mempengaruhi dopamin dalam otak sehingga menimbulkan kecanduan untus terus menggunakan gadget karena adanya keinginan anak untuk memaikan games baru atau menonton video baru yang belum di tonton maupun mengulang video lama yang sudah pernah di tonton. Selain efek dopamin, kendali diri yang masih sangat lemah dimiliki oleh anak menjadikannya dapat dengan mudah mengalami kecanduan gadget.

  1. Faktor teknologi

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa design dan pengembangan teknologi gadget sekarang ini memang diciptakan untuk membuat orang merasa kecanduan terhadap penggunaan gadget tersebut. Beberapa bentuk design teknologi yang dapat menjadi faktor yang mempengaruhi anak kecanduan gadget tersebut seperti pilihan warna pada setiap aplikasi dan video pada gadget yang sangat cerah karena memang warna yang cerah tersebut lebih menarik bagi anak untuk dieksplorasi. Selain warna, teknologi autoplay yang memudahkan pengunaan, faktor kejut dan pembaruan, serta adanya notifikasi menjadikan anak juga akan mudah mengalami kecanduan gadget tersebut dan menjadi penyebab anak cengeng .

  1. Faktor lingkungan

Faktor terakhir yang juga perlu diperhatikan oleh setiap orang tua karena dapat menyebabkan anak kecanduan gadget adalah faktor lingkung. Lingkungan disekitar tempat tinggal anak sejauh ini memang selalu diselimuti oleh penggunaan gadget dimana mana yang akan menstimulus anak untuk penasaran dengan kondisi tersebut. Orang tua yang sudah menjaga anak dari ketergantungan gadget akan sia sia jika tidak mampu menghindari pengaruh lingkungan yang kuat pada anak tersebut dari keadaan untuk tidak menggunakan gadget.

Itulah beberapa penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi anak kecandungan gadget. Kecandungan gadget menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan bayi atau anak terhambat. Gadget sebenarnya merupkan teknologi yang banyak memabantu manusia dalam berbagai hal ketika dapat digunakan dengan baik. Hal tersebut juga berlaku bagi anak yang sebenarnya ada manfaat dari penggunaan gadget pada anak namun tetap harus diamati dengan baik setiap saat dan dibatasi waktu penggunaanya.