6 Vitamin Buat Otak Anak Pintar Dan Sumber Makanannya

Semua orang tua pasti ingin memiliki anak cerdas. Anak yang cerdas dipercaya bisa memiliki masa depan yang baik dan tentunya bisa menempuh pendidikan dengan baik. Karena itu sejak hamil ibu sudah mengonsumsi makanan sehat yang menjadi cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan. Kemudian saat bayi sudah lahir maka ibu mendidik dengan baik untuk merangsang perkembangan otak anak. Jadi sebenarnya mengembangkan kecerdasan bisa dilakukan, seperti dengan memberi nutrisi yang penting untuk pertumbuhan otak anak. Salah satunya adalah dengan vitamin buat otak anak pintar dan sumber makanannya. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

  1. Sumber vitamin B1

Vitamin B1 atau juga disebut dengan istilah thiamine menjadi nutrisi pertama yang harus diberikan kepada anak sejak masih usia dini. Vitamin ini bisa membuat kecerdasan anak terbangun sejak awal sehingga anak menjadi lebih cerdas dari anak seusianya. Fungsi utama vitamin ini bisa membuat sel-sel dalam otak bekerja secara maksimal. Kemudian tidak hanya membangun sistem kecerdasan tapi juga bisa mempengaruhi mental, cara belajar anak, penyerapan sistem komunikasi anak dan tubuh anak lebih sehat. Vitamin ini juga menjadi cara agar balita tidak mudah sakit. Untuk memberikan vitamin ini maka ibu bisa memberikan makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sereal dan daging.

  1. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Jenis vitamin B6 atau juga disebut dengan nama pyridoxine sangat baik untuk mengembangkan kecerdasan otak anak. Vitamin ini akan bekerja dengan cara membuat produksi dopamine dan setonine anak menjadi lebih baik. Dua jenis hormon ini bekerja untuk mempengaruhi emosi anak. Anak yang mendapatkan vitamin ini dengan cukup biasanya juga memiliki respon sosial yang baik sehingga tidak mengalami masalah anak lambat bicara. Ibu bisa memberikan vitamin ini dari makanan alami seperti brokoli, kembang kol, tuna, sawi, bayam, kangkung, dan bawang-bawangan.

  1. Vitamin B9 (asam folat)

Ternyata dampak akibat kekurangan asam folat pada ibu hamil tidak hanya terjadi pada saat hamil saja. Anak-anak yang sudah lahir tapi tidak menerima asam folat yang cukup juga bisa menjadi kurang cerdas. Hal ini karena asam folat sangat penting untuk menambah kemampuan daya ingat anak sehingga anak menjadi lebih cerdas. Bahkan asam folat bisa bekerja untuk mengendalikan produksi asam amino homosistein yang bisa mengurangi fungsi otak. Tidak perlu khawatir karena banyak sumber asam folat alami seperti bayam, brokoli, kangkung, kale, biji-bijian, roti gandum utuh, apel, pir, anggur dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin B12 (Cyanocobalamin)

Kemudian jenis vitamin B lain yang bisa membuat otak anak semakin cerdas adalah vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk mengembangkan sistem impuls otak anak karena bisa mendorong proses pembuatan myelin. Myelin adalah bagian yang bisa melindungi sistem syaraf otak anak sehingga bisa mencegah masalah penyakit otak, meningkatkan kemampuan memori anak dan bisa mencegah gangguan emosi yang menjadi penyebab anak cepat marah. Untuk bisa memberikan vitamin ini maka ibu bisa memberikan dari makanan daging sapi, daging ayam, daging bebek, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden dan ikan air tawar.

  1. Vitamin C

Selama ini vitamin C memang dikenal sebagai vitamin yang  bisa menjaga kesehatan tubuh. Tapi ternyata vitamin C tidak hanya penting untuk tubuh melainkan juga untuk otak. Otak membutuhkan vitamin C untuk membantu daya ingat tetap terjaga. Kerusakan sel dalam otak akibat radikal bebas bisa menyebabkan otak anak kurang cerdas. Jadi mulai sekarang ibu bisa memberi asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, anggur, kiwi, mangga, stroberi, brokoli, kembang kol, bayam dan jenis sayuran hijau lain.

  1. Vitamin E

Vitamin E sangat penting untuk kecerdasan otak anak karena bisa bekerja untuk membantu sel-sel otak tetap sehat dan tidak terkena serangan radikal bebas. Vitamin E juga menjadi sumber antioksidan yang bisa melindungi tubuh anak dari berbagai jenis penyakit. Ibu bisa memberikan sumber alami vitamin E pada anak seperti dari kacang –kacangan, roti gandum, sayuran hijau dan semua makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

Nah itu semua daftar vitamin buat otak anak pintar dan sumber makanannya. Jadi karena ini sumber yang sangat alami sehingga sangat baik untuk anak dan tidak menyebabkan efek samping untuk tubuh anak.