5 Cara Mengatasi Anak Takut Masuk Sekolah Pertama Kali

Sekolah menjadi sebuah kata yang membuat anak menjadi sangat penasaran. Biasanya anak menjadi takut atau gembira setelah akan masuk sekolah. Sekolah sebenarnya bukan istilah untuk anak yang masih sangat dini. Orang tua bisa mengenalkan sekolah sebagai kelompok bermain, taman belajar dan berbagai istilah lain yang lebih menyenangkan. Hal ini menjadi salah satu cara agar anak tidak takut untuk pergi ke sekolah. Lalu adalah cara lain? Anda bisa melihat informasi dibawah ini tentang cara mengatasi anak takut masuk sekolah pertama kali.

  1. Pilih sekolah yang tepat

Ketika anak tidak mau sekolah atau merasa takut dengan sekolah maka itu bisa jadi karena anak takut dengan sekolah itu sendiri. Untuk mengatasi ini maka orang tua harus memilih jenis sekolah yang tepat. Jika anak masih termasuk usia dini maka pilih konsep yang tidak menerapkan kurikulum sekolah tapi bermain sambil belajar. Cara ini akan sangat penting untuk mendukung mental anak sehingga anak menjadi lebih berani. Tentu saja memilih konsep sekolah yang tepat akan menjadi cara mendidik anak agar berani dengan lingkungan diluar keluarga.

  1. Tidak memaksa

Hari pertama sekolah anak menjadi hal yang sangat penting untuk anak. Setelah anak pulang di hari pertama sekolah maka lihat wajah anak. Apakah anak senang atau sedih? Tanyakan pada anak apa saja yang terjadi di sekolah, bagaimana teman-teman anak, bagaimana guru-guru di sekolah anak dan apa saja hal yang dipelajari. Jika anak tidak suka maka jangan memaksa anak untuk pergi ke sekolah. Saat anak tidak suka maka biarkan anak istirahat dulu. Jangan memaksa apalagi sambil membentak karena ada  dampak membentak anak.

  1. Ajarkan konsep sekolah informal di rumah

Jika anak tidak suka dengan sekolah resmi maka masih ada cara untuk mengenalkan sekolah pada anak. Salah satu caranya adalah bisa mencoba untuk menerapkan sekolah informal di rumah. Anda mungkin juga merasa takut anak tertinggal dengan kemampuan anak lain. Jadi Anda bisa memilih konsep homeschooling. Konsep ini lebih ramah dan bisa membuat anak menjadi lebih mandiri. Selain itu juga mengajari cara mendidik anak agar percaya diri.

  1. Mengenalkan konsep sosialisasi

Salah satu penyebab anak takut untuk pergi ke sekolah adalah karena anak takut dengan teman atau merasa tidak memiliki teman. Hal ini memang menjadi masalah umum dan sering menjadi penyebab anak cepat marah setelah pulang dari sekolah. Nah untuk mengatasinya maka ajari anak untuk bersosialisasi. Anda bisa mengajak anak untuk bergaul ke luar rumah, mengenalkan cara untuk bersapa dengan orang dewasa dan teman sebaya mereka. Dan akhirnya anak akan tahu cara untuk berbicara dengan orang lain.

  1. Kenalkan bahwa sekolah adalah tempat menyenangkan

Salah satu sikap yang buruk dari orang tua ketika anak sudah masuk sekolah adalah selalu bertanya bahwa sekolah tempat untuk mendapatkan hukuman dari guru. Ini hal yang sangat buruk untuk anak karena anak pasti berpikir bahwa sekolah menjadi tempat yang menyeramkan. Nah untuk itu orang tua harus mengenalkan bahwa sekolah adalah tempat yang sangat menyenangkan, tempat bermain dan tempat untuk belajar sambil bermain. Nah langkah ini juga menjadi salah satu  cara mendidik anak usia 5 tahun.

Jadi begitulah semua cara mengatasi anak takut masuk sekolah pertama kali. Jika orang tua mengalami beberapa masalah setelah anak masuk sekolah maka cobalah untuk melakukan beberapa tips tersebut.