7 Cara Menenangkan Bayi Menangis Tengah Malam Tiba Tiba

Bayi akan menjadikan rumah Anda tampak sangat ajaib. Betapa tidak, karena bayi bisa terlihat ceria, tenang, minum ASI dengan baik dan tidur lebih banyak. Tapi saat malam hari sifat bayi bisa berubah banyak. Bayi bisa menjadi sangat rewel tanpa pernah ada gejala dari penyebab bayi rewel sebelumnya. Tentu saja bagi orang tua baru ini akan membuat mereka tidak bisa tidur dengan tenang. Ibu akan menjadi stres dan kurang istirahat yang berdampak pada berkurangnya ASI. Nah bagaimana cara menenangkan bayi menangis tengah malam tiba tiba? Berikut ini penjelasannya.

  1. Kendalikan emosi Anda

Saat bayi menangis tengah malam tentu ibu akan kaget dan menjadi panik. Salah satunya cara untuk bisa menenangkan bayi adalah menenangkan bayi tanpa emosi. Hilangkan semua emosi Anda dan terima kondisi ini. Hal ini juga sangat wajar terutama untuk bayi yang masih berusia beberapa minggu. Jadi jangan panik dan emosi karena merawat bayi saat emosi efeknya sangat buruk, hampir sama dengan dampak membentak anak.

  1. Tidak menawarkan ASI

Banyak ibu yang keliru karena ketika bayi menangis maka mereka selalu menawarkan ASI. Hal ini akan membuat bayi lebih menangis karena merasa tidak nyaman. Memaksa menyusui bayi bisa membuat tersedak sampai adanya penyebab bayi muntah dari hidung. Jadi daripada memberi ASI maka gendong bayi ke pelukan Anda.

  1. Mengangkat bayi ke pelukan

Saat bayi tidur sendiri karena penggunaan box bayi maka terkadang bayi juga merasa takut dan cemas. Ini juga yang akan membuat bayi menangis secara tiba-tiba. Untuk mengatasi rasa takut pada bayi dan membuat bayi tidak cemas berlebihan maka segera angkat bayi. Anda bisa menggendong bayi sambil menggoyangkan tubuh atau duduk di kursi yang tenang.

  1. Pijat bayi

Pijat bayi menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi rasa lelah pada tubuh bayi. Hal ini bisa membuat bayi lebih tenang dan tidak terbangun saat malam hari.  Manfaat pijat bayi juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan sistem syaraf dan organ bayi. Bahkan pijat bayi akan merangsang sistem syaraf dan motorik halus sehingga bayi tumbuh sempurna.

  1. Berikan ASI saat bayi tenang

Memang mungkin sekali jika bayi terbangun tengah malam karena lapar. Untuk mengatasinya maka setelah menenangkan bayi, Anda bisa menawarkan ASI. Sebelumnya bayi harus tenang dan nafas bayi tidak tersengal. Setelah itu sentuh mulut bayi dan lihat apa ada tanda bayi lapar. Jika begitu maka berikan ASI secara langsung dari payudara.

  1. Buat bayi bersendawa

Bayi yang menerima banyak ASI sebelum tidur mungkin akan merasa perut yang tidak nyaman saat tidur. Ini juga yang akan membuat bayi terbangun karena perut kembung dan tidak nyaman. Anda bisa mencoba untuk mengangkat tubuh bayi kemudian sedikit tegakkan tubuh bayi. Dengan cara ini maka bisa membuat bayi bersendawa. Saat perut bayi sudah nyaman maka biasanya bayi akan tidur lagi.

  1. Periksa pakaian bayi

Kemudian bayi yang terbangun tengah malam mungkin juga karena pakaian yang basah atau popok basah karena mengompol. Untuk mengatasinya maka periksa pakaian dan selimut atau alas tidur bayi. Jika basah maka pindahkan dulu bayi ke tempat yang aman. Bersihkan tubuh bayi dan gantikan dengan pakaian yang bersih. Setelah itu ganti juga alas tidur bayi yang basah kemudian tidurkan bayi setelah diberi ASI.

Begitu sebenarnya cara menenangkan bayi menangis tengah malam tiba tiba. Jika ibu masih sering mengalami ini maka jangan panik dan lakukan tips tersebut. Waspadai juga jika ada tanda bayi sakit sehingga segera bawa ke dokter.