9 Ciri Ciri Bayi Kena Radiasi HP Yang Mudah Diketahui

Kita harus mengakui bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin maju. Hal ini membuat siapapun dapat menggunakan HP dengan bebas baik itu orang dewasa hingga anak-anak. Bahkan para orang tua saat ini banyak yang mengizinkan bayi untukm menonton tayangan di dalam HP tersebut agar bayi dapat diam. Sayangnya banyak orang tua yang tidak menyadari bahaya HP dapat memberikan dampak buruk.

Salah satu bahaya yang ditimbulkan dari HP adalah adanya radiasi. Radiasi ini timbul karena HP merupakan sebuah alat komunikasi yang sejatinya akan selalu memncarkan sinyal selama HP tersebut dinyalakan. Beberapa ciri bayi yang terkena dampak radiasi adalah sebagai berikut.

1. Bayi jadi semakin sensitif terhadap cahaya

Hal pertama yang terjadi ketika bayi terkena radiasi adalah bayi sensitif terhadap cahaya. Kondisi tersebut dapat meningkat jika bayi terlalu banyak menangkap cahaya dari HP. Akibatnya, bayi akan meronta-ronta karena cahaya selain dari HP. Untuk jangka panjangnya, bayi bisa mengalami “buta” yang artinya saat dewasa nanti dia akan kesulitan melihat benda-benda sekitar meskipun ada cahaya.

2. Bayi akan kesulitan melihat

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya bahwa bayi yang sudah terkena radiasi HP akan kesulitan melihat benda-benda seperti penglhatan kabur, tidak jelas, atau merasa gelap saat melihat. Umumnya kondisi tersebut akan dirasakan ketika bayi sudah mulai besar.

Bayi yang sudah merasakan penglihatan kabur harus segera ditangani secepatnya. Sebab, jika terlambat dalam penanganannya, maka mata bayi bisa terjadi komplikasi yang lebih berbahaya seperti katarak, galukoma, dan juga mata minus. Jia sudha seperti itu, tindakan medis harus segera dilakukan.

3. Mata bayi terlihat mengering

Dampak buruk lainnya dari radiasi HP adalah mata bayi terlihat sering mengering. Hal itu bisa Anda lihat sendiri secara langsung. Mata kering sebenarnya tidak hanya trjadi pada bayi saja, orang dewasa pun bisa mengalaminya jika berlama-lama di depan layar komputer atau pun HP.

Hanya saja pada bayi tentunya lebih rawan karena kesehatan mata juga merupakan salah satu perkembangan bayi yang penting. Keadaan yang mudah terlihat saat mata kering adalah berwarna merah. Saat mata berwarna merah, maka mata akan terasa gatal dan ingin digaruk. Usahakan Anda tidak membiarkan bayi menggaruknya sendiri karena bisa jadi iritasi yang lebih parah.

4. Mata terlihat lelah

Keadaan selanjutnya  ketika bayi terkena radiasi HP adalah matanya akan cepat lelah. Mata yang lelah bisa terlihat dengan rautnya yang tidak terlihat segar. Selain itu, bayi akan sering terlihat mengantuk sehingga hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur bayi yang sebenarnya. Mata yang cepat lelah juga tidak baik untuk kesehatan bayi itu sendiri.

5. Bayi kelihatan mudah lelah

Dampak selanjutnya bagi bayi yang terkena radiasi adalah akan selalu terlihat lelah. Umumnya, bayi yang seha akan selalu aktif baik itu kaki maupun tangannya. Namun, jika bayi sudah terkena radiasi dari HP, maka tubuhnya akan lebih sering lesu, lemah, tidak bersemangat. Dan kondisi-kondisi sejenisnya. Hal tersebut bisa berpengaruh terhadap perkembangannya sampai dewasa.

6. Sering mual yang berujung muntah

Sama halnya dengan orang dewasa, ketika bayi terkena radiasi HP, reaksi tubuhnya akan bergejolak. Khususnya bisa kita lihat pada bagian otak. Radiasi yang kuat dari HP dapat merusak sistem syaraf otak bayi yang masih berkembang. Akibatnya, bayi akan sering mengalami mual dan bahkan muntah. Jika keadaan tersebut dibiarkan, maka bayi bisa mengalami dehidrasi.

7. Bayi sulit berkonsentrasi

Salah satu dampak buruk bayi adalah ketika kesulitan dalam mengembangkan konsentrasi. Contohnya seperti cara berjalan, berdiri ataupun berbicara. Kemampuan-kemapuan tersebut bisa lambat atau hilang jika bayi terkena dampak radiasi HP. Apalagi kemampuan seperti itu harus bisa diterapkan pada bayi yang akan terus tumbuh.

Apabila bayi mengalami kekurangan perkembangan motoriknya, bisa berdampak seperti anak lambat bicara. Ditambah lagi perkembangan otaknya pun akan sangat terganggu. Oleh sebab itu, Anda pun harus tetap mengawasi pertumbuhan anak.

8. Kerusakan otak

Radiasi yang diterima oleh bayi jika terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada sebagian otaknya. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya mengingat bayi masih memiliki waktu yang lama untuk berkembang. Selain dari sisi itu, kerusakan bisa menyebabkan sebagian fungsi tubuh tidak dapat digerakan. Contohnya saja tangan atau kaki. Akibatnya kelumpuhan pada bayi bisa terjadi.

9. Tumor otak

Tidak hanya kerusakan otak saja, tumbuhnya tumor otak pada bayi juga sangat berpotensi terjadi. Bahkan tumbuhnya tumor otak tidak hanya terjadi pada bayi saja, orang sudah dewasa pun bisa terkena dampaknya juga. Oleh sebab itu, sebaiknya jauhkan HP dari bayi meskipun Anda Cuma menaruhnya di kasur saja.

Itulah 9 ciri-ciri bayi kena radiasi HP yang sangat berbahaya. Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak hanya berbahaya bagi bayi, radiasi HP untuk ibu hamil pun mengalami demikian. Anda juga sebaiknya pelajari apa saja bahaya gadget bagi anak-anak sehingga Anda bisa lebih waspada.