Radiasi HP Untuk Ibu Hamil : Bahaya dan Cara Mencegah

Jaman sudah semakin maju saja, sekarang teknologi bisa kita dapatkan dengan sangat mudah. Kita bisa mengakses segalanya hanya lewat internet saja, apapun bisa kita dapat dengan mudah bukan? Salah satu hasil dari perkembangan teknologi itu adalah handphone. Siapa yang tidak kenal dengan alat yang satu ini di jaman yang sudah serba canggih ini? Ponsel bermanfaat untuk kehidupan kita dan menjadi pegangan kita sehari-harinya. Siapa yang tidak memegang ponsel seharian? Tidak ada! Walaupun bermanfaat, namun ternyata ponsel juga berbahaya bagi kesehatan kita jika kita terlalu menggunakannnya secara sering. Radiasi dari ponsel bisa berakibat fatal bagi pengelihatan bahkan saraf kita jika digunakan secara berlebihan. Sebagai ibu hamil tentunya juga ponsel memiliki dampak untuk kandungan Anda, untuk itu kami punya informasi untuk ibu. Berikut adalah radiasi hp untuk ibu hamil yang sudah kami siapkan. (baca: Bahaya gadget bagi anak kecil )

Bahaya Radiasi HP untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah kami singgung diatas, radiasi dari hp ternyata tidak baik untuk kesehatan kita. Untuk itu kami telah mengumpulkan informasi mengenai radiasi hp untuk ibu hamil. Berikut ini adalah resiko dari radiasi hp untuk ibu hamil. Simak baik-baik ya bunda!

  1. Bisa memicu terjadinya kanker

Resiko yang pertama dari radiasi hp untuk ibu hamil adalah bisa memicu terjadinya kanker. Tentu ibu tidak ingin bukan membahayakan kesehatan ibu dan kesehatan janin yang ada di dalam perut? Meletakkan hp di dalam saku bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Itu karena radiasi microwave yang bisa menembus dan masuk ke dalam lemak sehingga memicu hidupnya sel kanker. Oleh karena itu jangan letakkan ponsel terlalu lama di saku celana atau baju. (baca: tips memilih baju hamil untuk kerjaOlahraga untuk Ibu Hamil )

  1. Bayi menjadi hiperaktif

Radiasi dari ponsel ternyata sangat berbahaya bagi ibu dan janin. Janin yang terkena paparan radiasi dari ponsel ternyata bisa terganggu lho bunda. Menurut penelitian dari Yale School of Medicine, paparan radiasi dari ponsel bisa membuat bayi ketika dewasa menjadi hiperaktif. Ini tidak hanya sekedar ucapan saja, melainkan disertai dengan bukti. Beberapa peneliti meneliti beberapa tikus yang sedang mengandung dengan paparan radiasi ponsel, dan bayi mereka menjadi lebih aktif setelah lahir.

Informasi anak hiperaktif:

  1. Bisa menyebabkan keguguran

Jika Anda masih mengabaikan radiasi dari ponsel, maka efek dari radiasi itu bisa menyebabkan hal yang lebih fatal lagi. Paparan radiasi dari ponsel bisa membuat ibu yang sedang mengandung mengalami keguguran, terutama di usia kandungan yang sudah menginjak 2-3 bulan. Tentu saja bunda tidak ingin mengalami keguguran, oleh karena itu sebaiknya kurangi penggunaan ponsel karena radiasinya sangatlah berbahaya bagi bunda.

Informasi penyebab keguguran:

  1. Menganggu tumbuh kembang janin

Resiko yang selanjutnya ditimbulkan oleh radiasi ponsel adalah menganggu tumbuh kembang janin. Seperti yang kita ketahui, janin yang ada di dalam kandungan kita masih sangat lemah dan rentan. Tentu kita harus berhati-hati dalam menjaga calon buah hati kita, terutama otaknya. Otak bayi di dalam kandungan kita masih sangat sensitif, berbeda dengan otak kita. Jika kita selalu menggunakan ponsel maka sinar radiasinya bisa menganggu tumbuh kembang janin di dalam perut kita.


Informasi perkembangan janin

  1. Bayi akan memiliki memori ingat yang rendah

Selain membuat anak kita menjadi hiperaktif, ternyata paparan radiasi dari ponsel bisa membuat bayi akan memiliki memori ingat yang rendah. Ini juga dilakukan percobaan pada tikus dan terbukti daya ingat mereka menjadi rendah setelah terkena paparan sinar radiasi hp. Oleh karena itu jika bunda tidak ingin anaknya memiliki daya ingat rendah jangan dekatkan hp ke perut ketika sedang hamil ya. (baca: tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas – makanan yang baik untuk otak janin dalam kandungan)

Cara Mencegah Radiasi untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui beberapa resiko radiasi hp untuk ibu hamil kini saatnya kita untuk tahu bagaimana sih cara mencegah radiasi untuk ibu hamil? Bukankah lebih baik mencegah ya bunda daripada mengobati? Berikut adalah cara mencegah radiasi untuk ibu hamil khusus untuk Anda!

  1. Jangan letakkan hp di dalam saku baju/celana

Seperti yang sudah kita bahas di atas ya bunda, radiasi hp ternyata bisa menyebabkan kanker jika kita memegang ponsel atau membawanya terlalu dekat dengan kita. Oleh karena itu ketika Anda sedang hamil, jangan letakkan ponsel di saku baju atau celana. Supaya aman, masukkan saja ponsel ke dalam tas supaya radiasinya tidak sampai ke tubuh. ( baca: IUGR –  janin yang meninggal dalam kandungan – tanda janin tidak berkembang )

Informasi kelainan pada bayi:

  1. Jangan letakkan hp diatas perut

Mungkin bunda ingin membuat janin di dalam kandungan untuk mendengar musik lembut dari hp Anda. Namun sebaiknya jangan lakukan ini bunda, jangan meletakkan langsung hp diatas perut bunda karena bisa berbahaya bagi janin bunda. Jika ingin janin supaya bisa mendengar suara musik gunakan saja earphone atau speaker suara karena itu lebih aman bunda.

Baca juga:

  1. Ketika telepon gunakan earphone atau handsfree

Bunda yang sedang mengandung juga harus menjauhkan ponsel dari kepala bunda. Ketika menggunakan telepon sebaiknya bunda menggunakan handsfree atau earphone saja supaya kepala bunda tidak bersentuhan langsung dengan ponsel dan itu cukup aman.(Baca: cara menjaga kehamilan trimester pertama – cara menjaga kehamilan muda – cara menjaga kehamilan kembar)

  1. Kurangi kecerahan layar ponsel

Ketika ibu bermain ponsel, sebaiknya kurangi kecerahan layarnya karena itu bisa merusak pengelihatan bunda. Gunakan di batas wajar saja, dan ketika lampu padam jangan gunakan terlalu terang karena bisa merusak mata.

Informasi penyakit mata pada bayi:

Penanganan Radiasi HP untuk Ibu Hamil

Berikutnya adalah informasi mengenai penanganan radiasi hp untuk ibu hamil, sebagai berikut :


  1. Sebisa mungkin jangan gunakan ponsel

Untuk ibu yang sedang mengandung, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan ponsel atau mengurangi skala penggunaan ponsel. Seperti yang kita ketahui ternyata radiasi itu bisa membawa berbagai resiko dan supaya aman saja sebaiknya kurangi bermain ponsel ketika sedang hamil. (baca: penyebab keguguran berulang – kelainan jantung pada bayi baru lahir – penyakit jantung bawaan )

  1. Jauhkan ponsel dari kepala

Terlalu sering mendekatkan ponsel di kepala ternyata bisa menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Oleh karena itu ketika tidur sebaiknya matikan ponsel dan letakkan ponsel jauh dari kepala bunda minimal 1 meter untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. (baca: Hidrosefalus pada bayi – Operasi hidrosefalus pada bayi)

  1. Konsultasi kepada dokter jika ada gejala

Jika mungkin ibu sering menggunakan ponsel di karenakan pekerjaan ketika mengandung, dan setelahnya ibu merasakan gejala-gejala seperti pusing, mata berkunang-kunang, dan gejala lainnya. Sebaiknya segeralah menghubungi dokter ya bunda, supaya Anda dan pasangan segera tahu dan bisa segera mengatasinya. (baca: antenatal care – palpasi abdomen pada kehamilan)

Itu dia bunda, informasi mengenai radiasi hp untuk ibu hamil. Sebaiknya ketika hamil jangan terlalu sering gunakan hp karena radiasinya yang berbahaya. Semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Thursday 14th, September 2017 / 06:53 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil