Cara Menghilangkan Benjol Di Kepala Bayi Sesuai Penyebabnya

Bayi merupakan fase hidup dimana sebagian besar kehidupannya sangat bergantung pada peran dan keluarga di sekitar bayi. Seorang bayi tentu akan lebih mudah mengalami permasalahan secara psikis maupun fisik karena kondisi tubuhnya yang belum terbentuk secara sempurna serta sistem imunitas tubuh yang belum memadai. Peran orang tua sangat penting dalam membantu mencegah terjadinya berbagai macam kondisi permasalahan yang dapat terjadi pada bayi yang akan memberikan pengaruh pada kondisi perkembangan bayi.

Kepala bayi menjadi salah satu bagian yang akan sangat rentan dan berbahaya ketika mengalami kondisi permasalahan. Salah satu bentuk masalah secara fisik pada kepala bayi adalah munculnya benjolan. Benjolan pada kepala bayi dapat terjadi karena berbagai macam hal mulai dari akibat respon terhadap proses yang terjadi di tubuh seperti respon dan ciri ciri bayi tumbuh gigi, alergi, demam, serta akibat trauma fisik atau bahkan karena adanya permasalahan kesehatan serta penyakit yang cukup serius pada tubuh bayi.

Benjol di kepala bayi menjadi keadaan yang sebaiknya tidak disepelekan mengingat kepala merupakan salah satu bagian penting yang perlu untuk dijaga proses pertumbuhan dan perkembangannya sehingga tidak terjadi kondisi yang dapat berpengaruh pada kemampuan otak bayi. Dalam mengatasi munculnya benjolan tersebut, berikut beberapa cara menghilangkan benjol di kepala bayi sesuai dengan penyebabnya yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang tua dalam penjelasan di bawah ini.

1. Benjolan akibat terbentur

Penyebab pertama yang dapat menjadikan bayi memiliki benjol di kepalanya adalah karena adanya benturan secara langsung pada kepala bayi. Benjol yang muncul akibat kepala bayi terbentur secara langsung merupakan salah satu bentuk reaksi normal dari tubuh bayi untuk menghindari bahaya bayi jatuh terlentang maupun tengkurap sebagai salah satu bentuk benturan kepala . Selain benjol, bayi juga akan mengalami kondisi memar maupun luka lecet. Benjolan akibat kepala bayi yang terbentur tersebut sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya namun untuk membantu memberikan rasa nyaman pada bayi maka dapat dilakukan beberapa cara menghilangkannya seperti :

  • Mengkompres air hangat pada bagian kepala yang benjol
  • Menggunakan obat luar yang dapat membantu mengatasi memar dan peradangan seperti contohnya thrombophop.
  • Jika bonjol disertai dengan luka, gunakan cairan antiseptik untuk mencegah infeksi seperti menggunakan obat merah.
  • Berikan waktu istirahat yang lebih pada bayi agar tidak merasakan kondisi sakit.

2. Aktifnya kelenjar getah bening

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan benjol muncul pada kepala bayi adalah karena aktifnya kelenjar getah bening akibat proses yang terjadi pada tubuh bayi. Benjol yang disebabkan oleh karena aktifnya kelenjar getah bening tersebut dapat diketahui ketika benjol muncul pada bagian belakang telinga. Benjol tersebut dapat terjadi akibat beberapa kondisi proses di dalam tubuh seperti bayi sedang tumbuh gigi, demam, ataupun reaksi alergi. Selain itu, aktifnya kelenjar getah bening meskipun jarang juga menjadi salah satu ciri cici bayi terkena hiv.

Cara menghiilangkan benjol di kepala akibat aktifnya kelenjar getah bening tersebut adalah dengan mengatasi penyebab alergi maupun demam, serta membiarkannya hingga pertumbuhan bayi selesai. Kelenjar getah bening terdiri dari sel sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap kondisi tidak normal pada tubuh bayi. Selain mengatasi penyebabnya, ibu juga dapat melakukan beberapa cara yang mendukung proses pengatasannya diantaranya seperti :

  • Menjaga kebersihan diri bayi dengan memandikannya secara teratur menggunakan produk perawatan bayi.
  • Tidak memegang terlalu sering bagian kepala yang mengalami kondisi benjol.
  • Menjaga agar posisi tidur bayi tidak menjadikan tubuhnya menindih bagian kepala yang benjol.
  • Menghindari penggunaan penutup kepala yang menekan bagian benjolan atau penutup kepala yang kotor.

3. Penyebab lainnya

Selain karena dua kondisi yang disebutkan tersebut, ada keadaan lain yang dapat menyebabkan munculnya benjol dan tentu menjadi kondisi yang lebih berbahaya dari dua penyebab sebelumnya. Beberapa keadaan lain yang dapat menjadi pemicu munculnya benjolan pada bagian kepala bayi diantaranya seperti infeksi akar rambut, kutil, daging tumbuh, infeksi virus HPV, kondisi tumor jinak hemangioma yang terjadi pada pembuluh darah, penyakit teratoma, tumor lipoma atau tumor jinak pada lemak, serta tumor jinak pembuluh limfatik.

Keadaan diatas tersebut tentu merupakan kondisi permasalahan kesehatan yang dapat dikatakan serius bagi kondisi kesehatan bayi. Cara menghilangkan benjol di kepala bayi akibat kondisi yang disebutkan diatas tersebut tentu harus membutuhkan bantuan tenaga medis. Melalui pemeriksaan atau diagnosis medis maka  penyebab berbahaya dari munculnya benjol pada kepala bayi dapat diketahui. Setelah penyebab diketahui maka akan ada tindakan medis yang tepat untuk membantu mengatasi kondisi benjol di kepala hingga benar benar sembuh.

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan benjol di kepala bayi yang perlu diperhatikan dengan baik. Dalam penjelasan yang diberikan diatas dapat diketahui bahwa ada beberapa penyebab munculnya benjol di kepala bayi yang perlu diperhatikan dengan baik. Untuk menghindari terjadinya dampak yang lebih besar maka ketika ibu menemukan adanya benjol pada kepala bayi sebaiknya segera menindaklanjutinya dengan berkonsultasi bersama dokter anak untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.