10 Ciri Ciri Bayi Tumbuh Gigi Yang Sering Muncul

Setelah menghadapi proses persalinan, tugas ibu hamil yang berat dalam menghadapi dan mempersiapkan jalannya kehamilan belum akan berkurang karena seorang ibu hamil akan mulai bertanggung jawab untuk memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan bayinya. Seorang ibu hamil akan tetap sibuk memenuhi nutrisi bagi bayinya melalui asi atau air susu ibu selain itu juga harus memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan dari bayinya apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Bayi akan terus mengalami pertumbuhan sejak petama terlahir untuk menyempurnakan bentuk organ organ tubuh baik dalam maupun luar yang masih belum berfungsi dengan baik serta optimal. Salah satu contoh organ tubuh yang akan terbentuk secara bertahap adalah gigi. Gigi merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai pengayak atau pengunyah dari makanan yang akan masuk kedalam tubuh. Mulai tumbuhnya gigi pada bayi ini juga menandakan bahwa akan dimulainya perubahan tekstur makanan pada bayi. Agar ibu lebih paham terkait dengan perkembangan bayi, beriktu beberapa ciri ciri bayi tumbuh gigi yang dapat terlihat pada bayi.

  1. Bayi yang tiba tiba menjadi rewel

Rewel atau bayi yang tidak nyaman dan sering menangis merupakan satu satunya sarana yang dapat dilakukan oleh bayi untuk berkomunikasi kepada orang tuannya. Kondisi bayi yang rewel selain sebagai tanda bayi lapar dan menginginkan sesuatu, juga  dapat menandakan adanya gangguan yang sedang terjadi pada tubuh bayi. Rewel pada bayi dapat bertindak sebagai ciri ciri bayi tumbuh gigi ketika kondisi tersebut terjadi tanpa sebab dan bukan karena bayi merasa lapar ataupun dalam kondisi sakit. Tumbuhnya gigi juga merupakan penyebab bayi menangis terus.

  1. Bayi yang mengeluarkan air liur secara berlebihan

Kondisi lainnya yang juga menjadi ciri ciri bayi mulai mengalami gigi tumbuh adalah bayi yang mengeluarkan air liur secara berlebihan dan terus menerus. Kondisi air liur yang keluar dari bayi ini dapat diduga disebabkan oleh terjadinya pertumbuhan gigi. Kondisi pertumbuhan gigi tersebut biasanya terjadi pada bayi yang sudah memiliki usia 10 minggu sampai dengan 3 atau 4 bulan. Waktu pertumbuhan gigi pada setiap bayi berbeda beda.

  1. Bayi yang mengalami ruam pada dagu maupun wajah

Tanda lainnya sebagai kondisi dimana seorang bayi mulai mengalami pertumbuhan gigi adalah keadaan dimana munculnya ruam pada dagu dan wajah bayi. Ruam yang terjadi ini disebabkan oleh kontak langsung antara kulit dan air liur yang terus menetes keluar secara terus menerus. Ruam tersebut dapat terjadi terutama pada mulut, dagu, dan leher yang merupakan daerah aliran liur pada bayi.

Untuk sedikit mencegah munculnya ruam kulit pada bayi, usahakan untuk selalu membersihkan liur dengan kain atau tisu lembut dengan perlahan. Menggunakan krim anti ruam juga dapat membantu mengatasi ruam pada kulit sekitar wajah bayi namun perhatikan agar tidak mengoleskan krim pada area sekitar mulut agar tidak dimakan oleh bayi.

  1. Bayi mengalami batuk dan terkadang tersedak

Kondisi lainnya yang juga sebagai pertanda dari keadaan dimana seorang bayi mulai mengalami pertumbuhan gigi adalah bayi yang mulai sering mengalami batuk dan terkadang juga tersedak. Kondisi bayi yang mengalami batu ini penyebabnya sama dengan ruam pada bayi yakni banyaknya liur yang ada didalam mulut bayi akibat dari proses pertumbuhan giginya.

  1. Bayi sering menggigit

Bayi yang sering menggigit juga dapat dimasukkan sebagai salah satu tanda munculnya gigi pada bayi tersebut. Tekanan yang diberikan gigi saat dia akan keluar melalui gusi dapat menimbulkan keadaan yang kurang  nyaman pada bayi terutama di sekitaran daerah akan tumbuh gigi tersebut. Untuk mengatasi ketidaknyamanannya, bayi akan mulai mengigit beberapa hal disekitarnya termasuk juga mengigit bagian putih dari payudara ibu hamil ketika proses pemberian asi dilakukan. Keadaan bayi yang sering menggigit ini akan hilang dengan sendirinya ketika gigi sudah dapat keluar dengan sempurna.

  1. Munculnya rasa sakit pada bayi

Pertumbuhan gigi pada bayi merupakan bagian dari perkembangan bayi 3 bulan sampai 4 bulan. Proses pertumbuhan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang timbul akibat adanya tekanan dari gigi pada gusi. Kondisi sakit tersebut dapat menjadikan bayi menangis dan rewel.

  1. Adanya tanda peradangan pada gusi bayi

Tanda selanjutnya yang juga masuk kedalam ciri bayi akan tumbuh gigi adalah adanya peradangan yang muncul pada daerah tertentu di gusi yang apabila disentuk akan menimbulkan rasa sakit pada bayi. Kondisi peradangan ini muncul dari adanya inflamasi yang muncul ketika gigi menekan keluar.

  1. Munculnya sedikti bagian gigi yang terasa pada gusi

Ciri selanjutnya adalah munculnya bagian gigi yang terasa di gusi pada bagian depan. Bagian gigi yang akan tumbuh tersebut terasa seperti guratan atau benjolan yang ada di gusi dan hanya akan bisa dirasakan bila langsung menggunakan jari namun berhati hatilah karena bisa jadi bayi akan menggigit jari anda tersebut.

  1. Sering bangun di malam hari

Kondisi lainnnya yang juga dapat menjadi tanda atau ciri mulai adanya pertumbuhan gigi pada bayi adalah keadaan dimana bayi sering bagun dari tidurnya terutama di malam hari. Meskipun kondisi bayi yang bagun saat malam hari dan bayi susah tidur bukan tanda utama proses pertumbuhan gigi namun tetap dapat menjadi salah satu bahan dugaan.

  1. Bayi jadi susah dan malas untuk makan

Keadaan lain yang juga termasuk kedalam ciri bayi mulai mengalami proses pertumbuhan gigi adalah bayi yang menjadi susah dan malas untuk makan. Kondisi susahnya bayi untuk makan tersebut disebabkan oleh rasa yang tidak nyaman dan sakit pada bagian gusi yang tumbuh gigi.

Itulah beberapa ciri ciri bayi tumbuh gigi yang dapat menjadi pertanda bahwa sedang ada proses pertumbuhan gigi di mulut bayi dan biasanya akan mulai pada usia 3 atau 4 bulan. Kondisi yang terjadi sebagai ciri pertumbuhan gigi pada bayi akan sembuh dengan sendirinya setelah gigi dapat keluar dengan sempurna. Selain ciri gigi tumbuh ibu juga dapat membaca artikel lain yang berjudul makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi apabila gigi bayi tidak kunjung tumbuh.