Cara Cepat Kurus Saat Menyusui Yang Aman dan Tidak Berbahaya

Selama proses kehamilan, berbagai macam kondisi perubahan baik fisik maupun psikis ibu akan terjadi dan beberapa diantaranya dapat menyebabkan bentuk tubuh ibu hamil tidak seideal sebelum melahirkan. Salah satu kondisi yang tidak ideal tersebut adalah keadaan dimana tubuh ibu hamil akan terlihat membesar, melebar, dan memiliki berat badan berlebih. Keadaan tersebut merupakan kondisi yang normal selama kehamilan karena secara umum berat badan ibu hamil dapat bertambah cukup signifikan.

Pasca proses persalinan, setiap ibu tentu menginginkan untuk dapat mengembalikan kondisi berat badannya secara normal hingga seperti sebelum hamil dulunya untuk tetap memiliki kepercayaan diri yang lebih serta menjadikan tubuh sehat. Keinginan tersebut memang wajar adanya bagi seluruh wanita, namun dalam mewujudkan keinginan untuk menurunkan berat badan dan mengembalikan tubuh dalam kondisi yang normal maka perlu beberapa pertimbangan serta harus dilakukan dengan tepat.

Wanita pasca kehamilan masih memiliki bentuk tanggung jawab dalam hal memberikan berbagai macam manfaat asi untuk bayi sebagai makanan alami yang memang wajib hingga usia 6 bulan pertama dan dapat berlanjut sampai 2 tahun. Mengingat kondisi wanita yang menyusui tersebut maka proses pengembalian bentuk tubuh menjadi kurus tidak boleh menganggu aktivitas menyusui baik dalam hal jumlah asi maupu kualitasnya. Berikut ini beberapa cara cepat kurus saat menyusui yang dapat dilakukan oleh setiap wanita dengan tepat dan tidak menimbulkan kondisi buruk pada proses pemberian asi kepada bayi maupun perkembangan bayi secara langsung.

  1. Memberikan asi secara penuh

Cara pertama yang mudah dilakukan oleh ibu menyusui agar cepat kurus adalah dengan tetap memberikan asi secara penuh hingga batas maksimal usia bayi tanpa pemberian campuran dengan susu formula. Aktivitas pemberian asi yang sering kepada bayi tersebut dapat menyebabkan tubuh ibu menyusui memiliki berat badan yang terjaga yang merupakan salah satu manfaat memberikan asi bagi ibu.

  1. Menjaga pola makan

Selama proses pemberian asi, kebutuhan nutrisi harus selalu terpenuhi dengan baik melalui makanan sehat untuk ibu menysui yang dikonsumsi secara rutin agar jumlah dan kualitas asi terjaga. Kondisi tersebut seringkali menyebabkan ibu menyusui akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sehingga berat badannya tidak akan turun. Sebagai salah satu cara cepat kurus saat menyusui maka ibu harus menjaga pola makan yang benar dengan memperhatikan setiap kandungan kalori dalam makanannya dan lebih mengurangi karbohidrat.

  1. Hindari makanan tertentu

Selama menyusui, Ibu harus menghindari pantangan  ibu menyusui dalam hl makanan yang memiliiki dampak negatif bagi kondisi kesehatan ibu maupun kesehatan bayinya. Selain menghindari hal tersebut, agar ibu menyusui cepat kurus maka sebaiknya juga menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan tersebut  diantaranya seperti makanan cepat saji, makanan dengan kandungan lemak tinggi, dan makanan yang terlalu manis.

  1. Melakukan diet

Cara yang seringkali dilakukan oleh ibu menyusui untuk dapat menurunkan berat badannya dengan cepat kembali seperti sebelum hamil adalan dengan melakukan diet. Dalam proses diet tersebut, ibu menyusui harus memperhatikan berbagai macam pilihan diet yang sesuai dan tidak menganggu kondisi atau proses menyusui bahkan menyebabkan dampak negatif bagi perkembangan bayi dan kesehatannya. Ibu menyusui harus mampu memilah berbagai macam pilihan teknik diet atau cara diet ibu menyusui yang tidak berbahaya dan sebaiknya penurunan berat badan yang dianjurkan dan cukup aman bagi ibu menyusui adalah diantara 0,5 – 1 Kg per minggunya.

  1. Lakukan proses diet pada saat yang tepat

Jika ibu menyusui ingin melakukan proses diet, selain cara yang harus dipilih dan dipilah dengan baik maka ibu juga harus memperhatikan kapan waktu diet dapat dilakukan dengan tepat. Ibu menyusui sebaiknya melakukan proses diet setelah melewati masa 2 bulan usia bayinya. Hal ini dibutuhkan untuk mempersiapkan kondisi tubuh ibu dan agar proses penyembuhan setelah persalinan dapat berlangsung secara optimal terlebih dahulu.

  1. Hindari kondisi stres

Langkah atau cara menurunkan berat badan yang dapat dilakukan oleh ibu menyusui dengan aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya selanjutnya adalah dengan menghindari kondisi stres. Stres merupakan salah satu pemicu terjadinya peningkatan berat badan wanita dengan menjadikannya lebih banyak makan. Kondisi stres sangat mudah terjadi pada ibu menyusui akibat aktivitas mengurus bayinya.

  1. Istirahat yang cukup

Cara cepat kurus saat menyusui selanjutnya yang cukup sederhana dan sangat aman dilakukan tanpa adanya efek samping apapun pada ibu menyusui maupun bayinya adalah dengan mengatur istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup dalam waktu tidur ideal maka hormon kortisol dan hormon stres tidak akan aktif untuk meningkatkan berta badan.

  1. Olahraga ringan 

Selain mengatur pola makan, hal lain yang perlu diusahakan oleh ibu menyusui untuk cepat kurus adalah dengan melakukan olahraga ringan. Pilihan olahraga ringan dilakukan dan tidak olaharga yang berat dikarenakan kondisi fisik ibu menyusui yang masih belum kembali normal dan adanya aktivitas menyusui. Olahraga ringan dapat dilakukan dengan cara berlari kecil atau jalan cepat dipagi hari serta yang paling sederhana adalah melakukan aktivitas pembersihan rumah sendiri seperti menyapu, mengepel, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara cepat kurus saat menyusui yang mudah dan aman untuk dilakukan oleh ibu menyusui tanpa adanya dampak berbahaya dan efek samping baik terhadap kondisi kesehatan dan perkembangan bayi maupun kondisi kesehatan ibu sendiri.