Kegiatan Sehari Hari Yang Menyebabkan Keguguran Dan Perlu Dihindari

Setiap ibu hamil tentu menginginkan kondisi kehamilan yang akan dijalani selama kurang lebih 40 minggu tersebut berjalan dengan baik tanpa adanya hal yang mengarah pada keadaan gangguan kehamilan. Untuk dapat menjalani masa kehamilan dengan normal dan dapat menjaga agar kondisi perkembangan janin berlangsung secara baik sesuai usia kehamilannya maka ada beberapa usaha yang perlu dilakukan oleh ibu hamil terutama pada awal awal kehamilan atau trimester awal.

Demi mendapatkan kondisi kesehatan yang baik dan proses kehamilan yang berjalan dengan normal, ada beberapa usaha yang perlu dilakukan oleh ibu hamil diantaranya seperti secara rutin mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil demi terpenuhinya nutrisi kehamilan, menghindari pantangan, menjaga waktu istirahat, dan berkonsultasi secara rutin dengan dokter kandungan. Usaha usaha tersebut dapat membantu menghindari permasalahan dan resiko kehamilan.

Salah satu resiko kehamilan yang paling dihindari terjadi adalah keguguran. Keguguran dapat didefinisikan sebagai kondisi kematian janin yang terjadi sebelum usia kehamialan berumur 20 minggu. Keguguran dapat terjadi akibat berbagai hal termasuk aktivitas yang dijalani sehari hari oleh ibu hamil sehingga perlu untuk dihindari dan dapat dikenali melalui beberapa tanda tanda keguguran. Berikut beberapa kegiatan sehari hari yang menyebabkan keguguran yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap ibu hamil dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Konsumsi makanan tertentu

Makan merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan setiap hari dan menjadi sebuah kebutuhan utama manusia. Aktivitas makan yang sebenarnya rutin dan wajar dilakukan ternyata dapat menjadi salah satu penyebab keguguran ketika memang makanan yang dikonsumsinya merupakan pantangan ibu hamil. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan keguguran tersebut diantaranya seperti :

  • Pare, sayuran dengan rasa pahit khasnya ini ternyata dapat menjadi salah satu penyebab keguguran karena dapat menyebabkan munculnya kontraksi uterus dan iritasi pada uterus tersebut.
  • Nanas, jenis buah yang memang sudah cukup dikenal sebagai salah satu makanan penyebab keguguran meskipun belum terbukti secara medis patut untuk dihindari pada awal kehamilan. Selain keguguran, ada beberapa kondisi bahaya buah nanas bagi ibu hamil dan janin kandungannya yang lain.
  • Kepiting, jenis makanan lain yang juga perlu dihindari terlebih dahulu selama masa kehamilan adalah seafood seperti kepiting dan kerang.
  • Hati, salah satu jerohan hewan konsumsi ini memiliki kandungan retinol yang tinggi dan penumpukannya dapat menyebabkan keguguran.
  • Makanan lainnya, seperti pepaya muda, buah peach, olahan susu mentah, daging olahan, makanan junkfood, makanan yang mengandung pengawet tinggi.
  1. Mandi dengan air hangat yang sering

Sering mandi dengan air hangat ternyata menjadi salah satu kegiatan sehari hari yang menyebabkan keguguran. Mandi dengan air hangat merupakan aktivitas yang wajar dilakukan dan memang sering dipilih untuk menjadi salah satu sarana relaksasi ibu hamil setelah aktivitas seharian. Suhu air yang terlalu tinggi dapat membahayakan kondisi janin dan perlu untuk dihindari agar tidak terlalu sering dilakukan. Bukan hanya keguguran, mandi air hangat juga dapat menyebabkan janin menjadi cacat atau perkembangannya terganggu.

  1. Mengangkat beban berat

Mengangkat beban baik berat maupun ringan tentu juga menjadi salah satu aktivitas yang wajar dilakukan, Meskipun wajar tetap perlu diperhatikan oleh ibu hamil terutama ketika kegiatan atau aktivitas yang dilakukan menitik beratkan untuk mengangkat beban yang berat. Meskipun dapat dilakukan namun angkatan berat dapat memberikan beban bagi tubuh ibu hamil dan membahayakan janin terutama ketika ibu hamil tersebut memiliki riwayat kondisi plasenta previa yakni kondisi pelekatan janin yang terjadi di bawah rahim. Mengangkat beban berat tersebut terkadang tidak disadari oleh banyak ibu hamil terutama jika aktivitas tersebut merupakan hal yang sudah biasa dilakukan sebelum hamil.

  1. Memakai sepatu hak tinggi 

Memakai sepatu hak tinggi oleh wanita menjadi salah satu hal yang akan dilakukan dalam kondisi tertentu atau bisa jadi merupakan kegiatan yang rutin dilakukan seperti karena kebutuhan pekerjaan sehari hari. Memakai sepatu hak tinggi ternyata merupakan salah satu kegiatan sehari hari yang menyebabkan keguguran. Memakai sepatu hak tinggi dapat menyebabkan bahaya pada ibu hamil dan memberikan resiko jatuh yang lebih tinggi sehingga kondisi keguguran memiliki resiko lebih tinggi juga. Memakai sepatu hak tinggi merupakan salah satu aktivitas berbahaya untuk ibu hamil.

  1. Olahraga terlalu berat dan beresiko tinggi

Kegiatan lain yang sebaiknya dihindari agar tidak menyebbakan keguguran adalah olahraga yang terlalu berat dan beresiko tinggi. Olahraga yang memberikan peluang berbenturan tinggi sebaiknya dihindari ibu hamil seperti basket, voli, dan olahraga permainan lain. Selain itu, olahraga sederhana yang dilakukan terlalu berlebihan juga sebaiknya dihindari dan menjadi salah satu penyebab keguguran yang tidak disadari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kegiatan sehari hari yang menyebabkan keguguran dan menjadi aktivitas yang perlu dihindari selama masa kehamilan. Ibu hamil sebaiknya tidak meremehkan setiap aktivitas yang dapat menyebabkan bahaya pada kondisi kehamilan dan lebih memperhatikan setiap hal yang dapat mendukung kesehatan ibu hamil sehingga perkembangan janin tetap terjaga.