6 Gerakan Senam Ibu Hamil Muda untuk Mencegah Keguguran

Kehamilan muda pasti menjadi salah satu kabar gembira. Namun dibalik itu, ibu hamil muda fisiknya akan mulai berubah karena perubahan hormon yang terjadi. Selain itu, kehamilan muda juga merupakan satu masa kehamilan yang rentan mengalami keguguran karena memang perkembangan janin masih sangat dini, dan juga fisik ibu mungkin belum cukup siap untuk beradaptasi dengan kondisi barunya. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan kesehatan bagi ibu hamil muda agar risiko buruk bisa dicegah. Apalagi morning sickness juga sering terjadi saat masa kehamilan muda ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan saat hamil muda adalah melakukan senam hamil muda. Walau banyak dokter yang merekomendasikan senam hamil dilakukan saat usia kehamilan sudah cukup tua, namun ada juga beberapa ahli kesehatan yang menganjurkan ibu hamil muda melakukan senam hamil ringan di waktu luangnya. Tujuannya adalah untuk menjaga kebugaran dan mencegah keguguran.

Senam ibu hamil muda lebih dititikberatkan pada latihan sistem pernafasan dan juga memperkuat bagian otot punggung (termasuk otot vagina). Hal ini dilakukan agar ibu hamil bisa beradaptasi dengan pernafasan saat masa kehamilan, karena saat hamil tentunya pasokan oksigen harus cukup untuk ibu dan juga janin. Selain itu, latihan pernafasan ini memang penting untuk mempersiapkan masa persalinan beberapa bulan mendatang. Sedangkan latihan otot punggung ditujukan untuk persiapan bagi tubuh ibu agar bisa menopang beban di kemudian hari selama masa kehamilan terus berkembang. Senam hamil muda juga bisa menjadi salah satu Cara Menjaga Kehamilan Muda.

Berikut ini beberapa gerakan senam ibu hamil muda yang bisa dilakukan untuk melatih pernafasan, otot punggung, dan juga otot vagina.

  1. Push up dengan media dinding

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bagaimana teknik gerakan push up, yaitu dengan mengangkat badan dengan tumpuan tangan. Gerakan push up ini bisa juga dilakukan oleh ibu hamil muda sebagai salah satu gerakan senam yang dianjurkan karena push up bisa membantu melatih pernafasan dan memperkuat otot dada. Namun, gerakan push up yang dilakukan bukan dilakukan pada lantai seperti biasanya, melainkan pada dinding yang tegak.

Caranya adalah berdirilah pada sebuah bidang dinding. Kemudian bukalah kaki sekadarnya hingga kedua lutut tidak menempel. Lalu lebarkan posisi tangan agar lebih lebar daripada bagu. Tekuk siku dan turunkan dada hingga dada hingga menyentuh dinding. Namun yang perlu diingat adalah posisi punggung harus tetap tegak lurus dan tidak boleh membengkok. Kemudian lakukan gerakan push up secara berurutan sebanyak 15 kali dalam 1 hari.

  1. Gerakan squat dengan bola fitnes

Jika seorang wanita sudah menunjukkan Ciri Ciri Orang Hamil 1 Bulan, maka segera pastikan apakah memang benar bahwa kehamilan sedang terjadi. Setelah itu, konsultasikan pada dokter apakah gerakan squat ini bisa dilakukan. Biasanya gerakan squat yang dilakukan dengan bantuan bola fitness ini bisa dilakukan oleh ibu hamil muda. Gerakan squat itu sendiri bertujuan untuk melatih pernafasan pada ibu hamil dan juga melatih otot panggul untuk lebih kuat sehingga ibu hamil bisa lebih siap dalam menyongsong perkembangan janin di kemudian hari.


Ibu hamil disarankan untuk melakukan gerakan squat ini dengan bola fitnes untuk mempermudah dan agar lebih aman. Caranya adalah siapkan 1 buah bola fitnes. Lalu beririlah tegak dengan bola fitnes yang diletakkan di punggung belakang. Tempelkan bagian belakang tubuh pada bola yang sudah disandarkan juga pada dinding. Buka kaki selebar bagu lalu perlahan-lahan turunkan posisi tubuh hingga lutut membentuk sudut 90 derajad dengan kaki. Lalu kembalilah ke posisi semula. Lakukan gerakan ini 10 kali dalam sehari.

  1. Gerakan mengangkat kaki

Gerakan senam selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengangkat kaki. Tujuannya adalah untuk memperkuat bagian punggung dan perut sehingga tubuh ibu akan menjadi lebih siap untuk menopang berat badan janin di kemudian hari.

Caranya adalah dengan posisikan tubuh seperti bayi yang sedang merangkak. Kemudian angkat salah satu kaki dan luruskan ke belakang. Posisikan kaki sejajar dengan punggung. Tahan beberapa detik. Lalu ulangi cara yang sama dengan kaki lainnya. Lakukan bergantian hingga 10 kali dalam sehari.

  1. Step up

Senam Hamil muda berikutnya bisa dilakukan dengan melakukan gerakan step up. gerakan ini dilakukan dengan bantuan anak tangga. Yaitu dengan cara berdiri regak di depan tangga. Kemudian ibu hamil bisa melangkahkan kaki kanan ke anak tangga depan. Setelah itu angkat badan dengan mengikuti gerakan kaki. Lakukan cara yang sama dengan kaki kiri. Lakukan terus menerus secara rutin setiap hari dengan jumlah yang dikehendaki sendiri. Step up ini bisa bermanfaat untuk memperkuat otot bagian kaki, terutama pangkal paha yang dekat dengan organ kewanitaan, agar lebih kuat dalam menopang janin yang akan terus berkembang nantinya.

  1. Senam kegel

Senam kegel ternyata juga memiliki manfaat bagi ibu hamil muda. Salah satunya adalah untuk memperkuat otot-otot vagina agar bisa lebih kuat dan siap dalam menjalani dan menyongsong pekembangan janin beberapa bulan ke depan. Senam ini juga bisa membantu mencegah keguguran yang dikarenakan otot vagina yang lemah. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan melakukan gerakan seperti sedang menahan air kencing di area kewanitaan. Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari.

  1. Yoga

Yoga merupakan sebuah rangkaian senam yang bertujuan untuk meredakan stress dan memberikan kesan relaksasi bagi pelakunya. Ternyata ibu hamil muda juga bisa melakukan senam yoga dalam beberapa gerakan yang santai untuk mendapatkan manfaat tersebut. Yoga ini akan membantu mencegah stress bagi ibu hamil muda, khususnya untuk ibu yang baru pertama kali hamil.


Karena biasanya ibu hamil yang belum memiliki pengalaman akan lebih mudah stress daripada ibu hamil yang sudah pernah hamil. Yoga juga bisa menjadi salah satu Cara Mengatasi Mual Berlebihan Saat Hamil Muda. Namun gerakan yoga ini perlu ditanyakan atau dikonsultasikan dulu kepada dokter untuk mengantisipasi gerakan yoga yang justru perlu dihindari bagi ibu hamil.

Demikianlah beberapa jenis gerakan senam ibu hamil muda yang bisa dilakukan sendiri di rumah maupun dengan instruktur senam hamil. Lakukan senam hamil ini dengan aman agar masa kehamilan tetap terjaga. Selain itu hindari jenis Olahraga yang Dilarang Untuk Ibu Hamil seperti olahraga berat yang membahayakan. Penuhi jug asupan nutrisi selama masa kehamilan agar janin bisa berkembang dengan normal. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 05th, October 2017 / 05:27 Oleh :
Kategori : Tips Olahraga
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular