Gambaran Hasil Usg Kehamilan 6 Minggu Yang Normal

Hamil merupakan salah satu proses yang penting bagi seorang wanita dan sebaiknya dilalui dengan baik dan benar. Kehamilan yang berjalan dengan sehat dan lancar tentu menjadi salah satu faktor yang akan menentukan bagaimanan janin di dalam kandungan berkembang dengan baik dan selalu dalam kondisi yang sehat. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat tersebut, ibu hamil perlu memperhatikan beberapa hal seperti pemenuhan nutrisi ibu hamil, istriahat dengan cukup, menghindari aktivitas berbahaya, serta berkonsultasi dengan dokter secara rutin.

Terkait aktivitas yang termasuk dalam usaha ibu hamil untuk menjaga kondisi kehamilannya tersebut, konsultasi rutin ke dokter kandungan menjadi hal yang perlu dilakukan agar dapat mengetahui bagaimana kondisi janin di dalam kandungan apakah normal atau tidak. Dalam konsultasi tersebut, dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan menggunakan USG atau ultrasonografi yang dapat memperlihatkan bagaimanan kondisi janin. Berikut gambaran hasil usg kehamilan 6 minggu yang normal dan perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil dalam penjelasan di bawah ini.

Perubahan Tubuh Ibu Hamil 6 Minggu

Kehamilan 6 minggu merupakan kehamilan yang masih dalam kondisi awal awal. Pada kehamilan 6 minggu ibu hamil akan merasakan berbagai macam bentuk perubahan baik fisik maupun psikis. Pada usia kehamilan tersebut , tubuh ibu hamil akan mulai menyesuaikan diri dengan adanya proses kehamilan di dalam rahimnya.  Beberapa bentuk perubahan yang akan terjadi pada tubuh ibu hamil diusia kandungan yang baru memasuki 6 minggu tersebut banyak disebabkan oleh karena adanya peningkatan hormon kehamilan.

Beberapa bentuk perubahan pada tubuh ibu hamil di awal awal kehamilan diantaranya seperti munculnya rasa mual dan keinginan untuk muntah yang kurang atau biasa disebut dengan kondisi morning sickness, rasa nyeri yang muncul di daerah perut bagian bawah, pendarahan ringan atau flek darah yang disebabkan oleh karena proses implantasi, payudara yang terasa kurang nyaman, sering buang air kecil, hingga kondisi dimanan ibu hamil akan mudah memiliki mood yang sering berubah ubah.

Hasil USG Kehamilan 6 Minggu

Perubahan fisik yang ditunjukan oleh ibu hamil pada usia kandungan 6 minggu menjadi dasar dari adanya tanda kehamilan yang normal dan tidak bermasalah meskipun secara umum menjadikan kondisi tubuh ibu terasa tidak nyaman. Pada awal usia kehamilan, dokter kandungan juga akan melihat bagian dalam dari rahim ibu hamil melalui pemeriksaan dengan alat USG, Setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda dari hasil usg kehamilan 6 minggu yang ditunjukan. Beberapa keadaan umum yang dapat terjadi pada ibu hamil usia 6 minggu dari hasil USGnya diantaranya seperti :

  • Hanya ada kantong kehamilan, kantong kehamilan merupakan bagian dari janin yang akan terlihat pertama kali pada awal awal kehamilan. Adanya kantong kehamilan dalam pemeriksaan USG tersebut menjadi diagnosis akhir bagi dokter bahwa ibu memang benar sedang hamil. Pada usia kehamian 6 minggu, hasil USG biasanya hanya akan menunjukan adanya kantong kehamilan saja dan belum terlihat janin di dalamnya. Pemeriksaan kantong kehamilan ini sangat penting untuk memastikan apakah sel telur yang berhasil dibuahi oleh sel sperma benar melekat di rahim dan tidak melekat pada bagian lain sebagai kondisi kehamilan yang abnormal.
  • Kantong kehamilan belum terlihat, usia kehamilan 6 minggu atau 1 – 2 minggu setelah tidak merasakan haid, beberapa ibu hamil dalam pemeriksaan USGnya belum menunjukan apapun termasuk kantong kehamilan. Kondisi tersebut bisa jadi merupakan keadaan yang normal ketika terjadi penebalan dinding rahim dan biasanya dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan kondisi kantong kehamilan yang belum terlihat, dokter biasanya tidak akan langsung mendiagnosis bahwa ibu tidak hamil namun menunggu beberapa minggu lagi untuk pemeriksaan ulang.
  • Adanya titik janin di tengah kantong kehamilan, beberapa ibu hamil terkadang sudah ada yang terlihat adanya titik janin di dalam kantong kehamilan ketika memasuki usia kehamilan 6 minggu. Kondisi tersebut menjadi kabar bahagia yang akan diterima oleh seorang ibu hamil meskipun janin yang ada masih berupa titik mengingat ukurannya yang sangat kecil.
  • Pengukuran kantong janin,  selain melihat ada tidaknya kantong janin maupun janin dalam pemeriksaan USG di usia kehamilan 6 minggu juga akan diukur seberapa besar kantong janin yang di ada di dalam rahim ibu hamil. Penentuan ukuran kantong janin usia 6 minggu tersebut berkaitan dengan penetapan usia kehamilan dan kondisi normal tidaknya perkembangan janin dan kehamilan yang dilalui oleh seorang ibu hamil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai gambaran hasil USG kehamilan 6 minggu yang masih memasuki awal awal dari proses kehamilan. Setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda dalam pemeriksaan USG di usia kehamilan 6 minggu karena ada yang sudah ada kantong janinnya dan ada yang belum bahkan beberapa ibu hamil sudah dapat dilihat titik janin di tengan kantong kehamilan. Selagi dokter kandungan menyatakan ibu dalam kondisi yang sehat maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan dengan hasil pemeriksaan USG tersebut karena semuanya masih dapat dikatakan normal.