5 Manfaat Pil Kb Bagi Wanita Yang Belum Menikah Untuk Dipahami Dengan Baik

Pil KB merupakan alat kontrasepsi yang paling dikenal oleh masyarakat untuk membantu menunda kehamilan. Penggunaan pil KB memang identik dengan penundaan kehamilan yang dilakukan oleh wanita setelah menikah. Pil KB dapat membantu mengatur jumlah anak dan jarak kehamilan. Pengaturan tersebut diperlukan atas dasar banyak pertimbangan seperti masalah yang berkaitan dengan ekonomi keluarga, kesiapan mendapatkan anak, serta ketakutan akan perhatian yang tidak adil dengan adanya banyak anak.

Sebenarnya bukan hanya pil KB saja yang dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi. Namun dari pilihan alat kontrasepsi yang ada, pil KB menjadi yang paling mudah digunakan secara konsisten dan beberapa harganya cukup murah dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya. Penggunaan pil KB memang sangat identik dengan mereka yang sudah menikah dan digunakan untuk mengatur proses kehamilan. Ternyata, bukan hanya untuk mengatur kehamilan, pil KB juga memiliki beberapa manfaat tertentu.

Penggunaan pil KB oleh wanita yang belum menikah kerap dijadikan sebagai suatu aktivitas yang memiliki konotasi negatif. Penggunaan pil KB yang memang banyak dimanfaatkan untuk menunda kehamilan tersebutlah yang memicu munculnya anggapan buruk bagi wanita belum menikah. Bukan hanya menunda kehamilan, ternyata ada beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh wanita belum menikah saat menggunakan pil KB. Berikut manfaat pil KB bagi wanita yang belum menikah dalam ulasan di bawah ini.

1. Membantu mengurangi nyeri menstruasi

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari wanita yang menggunakan pil KB adalah untuk membantu dalam mengurangi nyeri menstruasi. Selama menstruasi memang wanita akan kerap merasakan kondisi sakit dan nyeri sebagai bagian dari PMS atau sindrom sebelum menstruasi. Pil KB tersebut utamanya diresepkan untuk wanita yang mengalami nyeri menstruasi akibat gejala endometriosis. Penggunaan pil KB untuk membantu mengurangi nyeri harus digunakan atas rekomendasi dokter.

2. Mengurangi resiko kanker ovarium

Manfaat pil KB bagi wanita yang belum menikah lainnya adalah untuk membantu mencegah dan mengurangi resiko terjadinya kanker ovarium. Kanker ovarium merupakan kondisi tumbuhnya sel abnormal di dalam bagian ovarium wanita. Pil KB yang dapat membantu mengurangi resiko kanker ovarium adalah jenis pil KB kombinasi. Pil KB kombinasi memiliki kandungan estrogen dan progesteron.

3. Mengurangi anemia

Bentuk manfaat lain yang dapat didapat dari penggunaan pil KB pada wanita yang belum menikah adalah untuk mengurangi anemia. Beberapa orang memang dapat mengalami anemia secara kronis yang sangat menganggu. Jenis pil KB yang dapat digunakan untuk mengurangi anemia adalah pil KB yang memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Salah satu pil KB tersebut adalah andalan FE. Resiko anemia kerap terjadi pada wanita saat memasuki proses menstruasi. Zat besi dalam pil KB dapat membantu menggantikan darah yang hilang saat proses menstruasi.

4. Menyeimbangkan hormon

Keseimbangan hormon di dalam tubuh manusia sangatlah penting untuk diperhatikan dengan baik. Dengan adanya keseimbangan hormon tersebut, setiap proses di dalam tubuh dapat berjalan dengan normal dan baik. Keseimbangan hormon tersebut di dapatkan karena kandungan pil KB yang juga merupakan hormon. Dengan adanya keseimbangan hormon kondisi kesehatan tubuh dapat selalu terjaga.

5. Mengatur menstruasi

Selain manfaat yang disebutkan diatas, dampak positif lain dari penggunaan pil KB yang perlu diperhatikan dengan baik adalah untuk mengatur menstruasi. Kondisi pengaturan menstruasi tersebut diperlukan utamanya untuk wanita yang memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur. Dengan konsumsi pil KB, harapannya ada manfaat mengembalikan menstruasi menjadi teratur kembali.

Dengan adanya beberapa manfaat positif yang diberikan pil KB bagi wanita belum menikah tersebut, membantu dalam kondisi medis tertentu. Meskipun ada manfaat pil KB bagi wanita yang belum menikah dalam penjelasan diatas, penggunaan pil KB perlu diperhatikan dengan baik dan sebaiknya harus atas dasar rekomendasi dokter yang memang memahami kebutuhan obat untuk pasien. Meskipun ada manfaat bagi wanita belum menikah, pil KB juga dapat memberikan dampak negatif atau efek samping pil kb ketika digunakan secara sembarangan.

Salah satu dampak negatif yang tentunya tidak diharapkan terjadi pada wanita adalah masalah pada sel telur dan fungsi reproduksi. Konsumsi pil KB secara sembarangan pada wanita sebelum hamil dapat menyebabkannya mengalami kesulitan untuk hamil saat setelah menikah. Dengan kondisi tersebut, maka ada kerugian yang akan di dapatkan dari konsumsi pil KB secara sembarangan pada wanita sebelum hamil. Jika tidak dibutuhkan, konsumsi pil KB sebelum hamil memang sebaiknya tidak dilakukan kecuali atas dasar rekomendasi dokter.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan terkait dengan manfaat pil KB bagi wanita yang belum menikah. Ada beberapa manfaat yang memang dapat diperoleh dari penggunaan pil KB pada wanita yang belum menikah. Manfaat yang disebutkan diatas harus diperhatikan dengan baik dan sebaiknya digunakan atas dasar rekomendasi dokter dan tidak digunakan secara sembarangan.