Normalkah Hamil 4 Bulan Perut Terasa Kencang Dan Apa Penyebabnya ?

Setiap ibu hamil tentu akan merasakan adanya banyak perubahan dalam tubuhnya sebagai bagian dari upaya penyesuaian tubuh dengan proses kehamilan yang terjadi di dalam rahim. Perubahan psikis dan fisik pada ibu hamil akan banyak terjadi di awal awal kehamilan sebagai salah satu bagian dari tanda kehamilan yang dapat dijadikan bahan diagnosis seseorang dinyatakan hamil. Perubahan yang terjadi pada ibu hamil tersebut kebanyakan disebabkan oleh karena perubahan hormonal yang terjadi secara alami pada tubuh ibu hamil.

Pada awal kehamilan, beberapa bentuk perubahan tubuh yang dapat terjadi dan hampir seluruhnya merupakan keadaan yang tidak nyaman diantaranya seperti morning sickness atau kondisi mual dan muntah, nyeri pada bagian perut bawah dan rahim, pendarahan akibat proses implantasi atau penempelan sel telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim, sering buang air kecil, mudah marah atau berubah mood, payudara yang kurang nyaman, nafsu makan bertambah, dan beberapa keadaan lainnya.

Pada usia kehamilan 4 bulan atau memasuki trimester ke 2, kondisi perubahan yang disebutkan diatas secara umum akan berangsur angsur hilang sehingga tubuh ibu hamil lebih nyaman. Pada kehamilan 4 bulan, ada beberapa keadaan lain pada tubuh ibu hamil yang terkadang menjadi sebuah pertanyaan apakah kondisi tersebut normal atau tidak seperti ketika perut ibu hamil terasa kencang. Berikut penjelasan mengenai kondisi hamil 4 bulan perut terasa kencang sebagai kondisi yang normal atau tidak melalu ulasan dibawah ini.

Normalkah Hamil 4 Bulan Perut Terasa Kencang

Ibu hamil harus memiliki kepekaan terhadap kondisi tubuhnya mengingat adanya tanda gangguan kehamilan biasanya akan ditunjukan melalui perubahan fisik pada tubuh ibu hamil. Kondisi ibu hamil 4 bulan perut terasa kencang merupakan keadaan yang sebaiknya tidak disepelekan oleh semua ibu hamil. Meskipun perlu diperhatikan, ibu tidak perlu panik dengan kondisi perut yang kencang tersebut karena biasanya memang akan dialami oleh beberapa ibu hamil dengan penyebab yang berbeda.

Penyebab Hamil 4 Bulan Perut Terasa Kencang

Seperti dalam penjelasan diatas, ibu hamil 4 bulan yang merasakan perutnya kencang tidak perlu panik karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan keadaan yang normal pada beberapa kehamilan. Ibu perlu untuk mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan perut menjadi kenyang diantaranya seperti :

1. Perkembangan janin dan rahim

Penyebab pertama yang dapat menjadikan ibu hamil merasakan kondisi perutnya kencang adalah karena secara normal janin berkembang menjadi lebih besar setiap penambahan usia kehamilan, termasuk rahim ibu hamil yang menyesuaikannya. Perkembangan janin dan rahim tersebut dapat menyebabkan tekanan atau dorongan pada perut yang mengakibatkan munculnya kondisi perut kencang.

2. Pergerakan janin

Pada usia kehamilan 4 bulan, ibu sudah mulai dapat merasakan adanya pergerakan janin pada rahim dan terasa hingga perutnya. Janin yang aktif bergerak dapat menjadi salah satu penyebab kenapa perut ibu hamil mengalami kondisi kencang. Keadaan yang terjadi ini merupakan hal normal yang akan dialami oleh ibu hamil. 16 – 25 minggu merupakan usia kehamilan yang menunjukan Kapan janin mulai bergerak.

3. Akumulasi sel lemak di perut

Setiap wanita yang menjalani proses kehamilan pasti akan meningkat berat badannya akibat kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi dan naiknya nafsu makan. Peningkatan berat badan dapat menyebakan munculnya akumulasi sel lemak di perut yang menjadikan kondisi perut ibu hamil terasa kencang dan kurang nyaman.

4. Gangguan pencernaan pada ibu hamil

Gangguan pencernaan terutama lambung menjadi salah satu hal yang akan sering terjadi pada ibu hamil akibat kondisi perubahan hormonal. Gangguan pencernaan tersebut dapat menyebabkan perut ibu hamil terasa tidak nyaman dan seolah olah seperti kencang.

5. Abruptio plasenta

Plasenta merupakan organ tubuh yang muncul pada saat hamil dan berfungsi menyokong kehidupan dari janin selama proses kehamilan. Plasenta secara normal akan menempel pada dinding rahim. Dalam kasus tertentu, plasenta akan terlepas dari dinding rahim dan menyebabkannya mengeras yang ditandai dengan perut kencang secara konsisten dan dalam waktu yang lama. Jika keadaan gejala tersebut terjadi maka segera konsultasikan dengan dokter.

6. Kontraksi palsu

Perut yang kencang merupakan kondisi yang menandakan adanya kontraksi pada perut ibu hamil. Kontraksi yang terjadi pada usia kehamialn 4 bulan disebut dengan braxton hick atau kontraksi palsu yang tidak akan menyebabkan terjadinya persalinan.

7. Irritable uterus

Keadaan lain yang juga dapat menyebabkan perut ibu hamil di usia kehamilan 4 bulan terasa kencang adalah karena kondisi yang disebut irritable uterus. Irrtable uterus merupakan kontraksi otot rahim yang tidak menyebabkan perubahan pada servisk dan mengakibatkan persalinan atau yang hampir sama juga dengan kontraksi palsu atau braxton hicks. Perbedaan keduanya terlatak pada penyebab yang mendasasi munculnya kontraksi tersebut. Irritable uterus disebabkan oleh karena ibu hamil yang kurang istirahat atau kurang asupan cairan.

Itulah beberapa penjelasan mengenia kondisi hamil 4 bulan perut terasa kencang sebagai keadaan yang normal atau tidak dan apa saja yang menyebabkannya terjadi. Ibu tetap harus memberikan perhatian ketika kondisi perut yang kencang dirasakan terutama jika terjadi secara konsiten dan dalam waktu lama.